Senin, 16 Mei 2022

Genmuda – Kerennya tampilan iPhone emang bikin netizen ngiler di manapun mereka berada. Sayang, harganya yang selangit selalu jadi hambatan, terutama bagi yang punya budget pas-pasan.

Ngerasa terhambat, netizen yang paham soal android mutusin ngoprekin Android mereka hingga tampilannya jadi mirip iOS. Ada juga yang rela ngerusak garansi ponselnya dengan ganti ROM atau rela bayar supaya Androidnya dimodif sampai mirip iPhone.

Untung ada banyak developer baik yang rela mengupload hasil modifikasinya ke Google Play. Berikut ini adalah yang bisa kamu lakukan supaya Android kamu jadi seperti iPhone hanya dengan bermodal Google Play.

1. Download OS9 Lock Screen

via Google PlayStore
(Sumber: Google PlayStore)

Developer Smart Lock Screen tuh beberapa kali buat lock screen ala iPhone buat Android. Sekarang tersedianya versi OS 9 Lock Screen. Kalo udah di-download, jangan lupa disable dulu lock screen ponsel kamu. Selain dua itu, tersedia template laingaes misalnya aja seperti buatan developer HenryOSTeam.

2. iLauncher

via google playstore
(Sumber: Google PlayStore)

Ada banyak iLauncher beredar di PlayStore, misalnya aja yang dibuat GmaoStudio, Mate Software, QA app, atau Nandsket. Launcher buatan keduanya oke-oke sih, tinggal pilih aja mana yang sesuai sama spesifikasi ponsel kamu.

3. iNoty

via google playstore
(Sumber: Google PlayStore)

Baris notifikasi iPhone yang unik itu juga bisa diduplikasi ke Android. Pakai apps yang namanya iNoty. Tinggal download aja selanjutnya setingan appsnya bakalan nyetel sama Android kamu.

4. Control Center

via google playstore
(Sumber: google playstore)

Control center buat ngatur volume, kecerahan layar, dan ngatur WiFi, –biasanya ada di atas layar Android. Di iPhone posisi control centernya justru ke balik dari bawah ke atas. Nah, apps ‘Control Panel’ dari developer Very Cool Apps bisa bikin ponsel kamu berubah kayak gitu.

5. Jangan lupa keyboardnya diubah juga

via google playstore
(Sumber: google playstore)

Pasti udah pada kan seberapa enaknya keyboard ala iPhone. Meski sistemnya keyboardnya beda, paling engga tampilannya sama lah. Itu aja udah cukup kok supaya paham sensasi ngetik di iPhone. (Maksa!)

6. Kameranya juga perlu diganti

via google playstore
(Sumber: Google PlayStore)

Apps GEAK Camera di PlayStore bener-bener bikin kamera ponsel kamu mirip kamera iPhone. Meski tampilannya mirip, jangan harap hasil kameranya bisa sebagus fotografi iPhone ya. *puk-puk.

Sayangnya, engga semua aplikasi yang ada di atas bisa berjalan pada semua smartphone Android, terutama Xiaomi. Wajar sih soalnya ponsel Tionkok itu udah dipasangi launcher sendiri. Kalo kamu masih penasaran langsung aja jajal satu-satu. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.