Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – It’s weekend, and it’s time to have some workout! Iya setelah kita sibuk kerja dari Senin sampe Jumat, coba pergunakan waktu akhir pekan kamu ini buat olahraga. Engga mesti pergi ke Gym atau tempat fitness gengs, kamu bisa juga loh olahraga ala-ala gym gitu di rumah.

Engga cuma sehat dan lebih bugar, kamu juga bisa irit ongkos mengurangi pengeluaran dan juga bisa lebih banyak punya waktu di rumah. Terus apa aja sih olahraga ringan yang bisa kita lakuin di rumah? Salah satu yang bisa kita coba adalah plank. Plank ini berfungsi untuk mengencangkan bagian tengah tubuh kita, yaitu perut, dada, bokong dan perut.

Terus gimana sih caranya plank yang bener? Nah ini dia 5-minute plank workout yang bisa kita coba di rumah gengs. Kuy lah!

 1. Full plank

via: Google
(Sumber: WikiHow)

Cara melakukan plank ini gampang banget guys. Kamu tinggal posisikan tubuh kayak mau push-up. Terus tekuk siku kalian dan pastiin posisinya berada sejajar sama bahu. Untuk posisi kaki, dua-duanya harus sejajar sama pinggul dan siku kalian harus sejajar sama bahu.

Katupkan kedua tangan ke lantai dan kontraksikan otot-otot perut kalian. Jangan lupa, badannya harus sejajar dari ujung kepala hingga kaki. Tahan selama 60 detik atau selama kalian kuat ya. Kalo engga kuat jangan dipaksain ya.

2. Elbow plank

via: WikiHow
Bisa lah ya kalian latihan elbow plank ini (Sumber: WikiHow)

Pada dasarnya, elbow plank hampir sama full plank. Bedanya, kalo elbow plank punya tumpuan di bagian siku dan bagian depan tangan kita, bukan telapak tangan. Cara melakukannya yaitu mulai dari posisi full plank terus turunin badan kalian, terus jadikan elbow atau bagian dari siku sampe ke pergelangan tangan sebagai tumpuannya.

Tahan posisi ini minimal 60 detik. Posisi itu nyatanya lebih susah dilakukan dibanding full plank, karena kamu harus menahan tubuh dengan tangan bagian depan tadi. Jangan lupa, pastikan posisi tubuh tetap lurus ya, supaya hasilnya maksimal!

3. Raiseg-leg plank

via: WikiHow
Lebih capke dari yang sebelumnya loh. (Sumber: Istimewa)

Plank ini lebih sulit lagi buat dilakukan. Kenapa? Karena saat plank, kamu engga cuma harus nahan bobot badan kalian aja, tapi juga harus bisa menggerakan kaki. Gerakan dasarnya masih sama kaya full plank dan elbow plank, tapi Kawan Muda harus mengkombinasikan gerakan ini dengan mengangkat kaki secara lurus dan bergantian.

Tahan setiap pergantian kaki ini beberapa detik, kalo kaki kanan udah diangkat dan turun, tunggu beberapa detik kemudian baru angkat kaki yang satunya lagi. Lakukan cara itu berulang kali minimal 30 detik per gerakan.

 4. Side plank

via: Pinterest
Paling bikin engap dari semua plank, tapi paling cepat juga bentuk perut kecil (Sumber: Istimewa)

Nah, side plank ini yang paling beda sama posisi plank lainya. Latihan plank ini tujuannya buat ngebentuk perut bagian samping. Caranya dengan menggunakan samping telapak kaki dan elbow sebagai tumpuannya.

Kamu cukup berbaring menghadap ke samping kemudian angkat badan kamu pelan-pelan dengan menaikan tangan. Pake elbow sebagai tumpuannya. FYI, kamu bisa loh meningkatkan kesulitan latihan ini dengan mengangkat kaki dan tangan satunya lagi waktu lagi side plank.

Nah kalo udah baca artikel ini langsung aja coba sendiri di rumah. Engga mesti ke gym atau tempat fitness kok. Cuma perlu modal badan dan semangat! Selamat mencoba.

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.