Minggu, 4 Desember 2022

Genmuda – Di dunia emang banyak kampus yang melahirkan orang-orang hebat, hal itu engga lepas dari mana mereka menuntut ilmu. Termasuk di Indonesia sendiri, banyak yang bilang lulus dari kampus ternama yang ada di Indonesia memudahkan kamu buat melanjutkan ke jenjang karier selanjutnya.

Oleh karena itu, banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk masuk perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di Indonesia. Walau terbilang engga gampang, ada baiknya Kawan Muda berusaha sebaik mungkin. Selain memantapkan hati supaya engga salah jurusan, mencari tau jalur masuk serta bangku yang tersedia juga penting loh gaes!

Makanya Genmuda.com mau ngasih tau nih jurusan favorit, daya tampung, serta peminat alias saingan kamu siapa aja di kampus-kampus terbaik di Indonesia yang diambil dari situs webometrics. Engga pake lama, langsung aja simak urutan 10 sampai 1 di bawah ini:

10. Universitas Airlangga

Via Google
(Sumber: Blogspot)

Nomer 10 ditempatin sama Universitas Airlangga,  Surabaya. Didirikan pada 10 November 1954. Jurusan favoritnya adalah Fakultas Kedokteran dengan daya tampung 75 orang. Sebanyak 2.608 peserta berlomba-lomba jadi yang terbaik pada ujian tulis di bidang ilmu eksakta.

Sedangkan di prodi Soshum dipegang sama Fakultas Manajemen dengan peminat 2.295 dengan daya tampung sebanyal 96 orang. Disusul sama Fakultas Akutansi dan Psikologi sebanyak 1.961 orang dan 1948 peminat di tahun 2016.

9. Universitas Udayana

Via google
Gedung fakultas kedokteran Universitas Udayana (Sumber: Istimewa)

Kampus yang terletak di pulau Dewata ini lumayan banyak diminati sama Kawan Muda di Indonesia. Selain jadi urutan ke-9 PTN terbaik di Indonesia. Kamu yang kuliah ngerantau di Bali juga berasa holiday setiap hari (He-he). Fakultas Ilmu Kedokteran menempati peminat terbanyak di Udhayana dengan penerimaan sebanyak 60 kursi doang.

Selanjutnya Fakultas Manajemen dan Fakultas Akuntansi jadi jurusan yang diminati untuk prodi Soshum dengan jumlah daya tampung sama, 45 kursi. Peminatnya sendiri engga kalah banyak, yakni 1.999 orang untuk Manajemen dan 1804 untuk Akuntansi.

8. Universitas Riau

Via Google
Biru muda jadi almamater khas Universitas Riau (Sumber: blogspot)

Geser sedikit ke Indonesia Timur ada Universitas Riau menempati urutan ke-8 sebagai PTN terbaik di Indonesia. Fakultas Agroteknologi jadi jurusan favorit dengan peminat 1.611 orang dengan daya tampung sebanya 66 orang aja. Disusul sama Fakultas Teknik Informatika dengan peminat mencapai 1.516 dengan daya tampung 24 orang.

Sedangkan kamu yang mau prodi Soshum dipegang sama Fakultas Manajemen dengan peminat sebanyak 3.150 dan menerima 90 orang aja. Di posisi kedua ada Fakultas Ilmu Komunikasi dengan 1.701 peminat dengan daya tampung lebih kecil sekitar 60 kursi.

7. Universitas Diponogoro

Via anakundip
(Sumber: anakundip.com)

Masih relatif sama kayak PTN sebelumnya, Fakultas Ilmu Kedokteran menjadi jurusan favorit dengan peminat 3.346 orang untuk memperebutkan 120 kursi yang tersedia. Sedangkan untuk anak-anak IPS, Fakultas Manajemen dan Fakultas Hukum jadi jurusan yang paling rame peminatnya.

Dari 3.521 peminat di SBMPTN 2016 cuma 150 orang yang diterima di Fakultas Hukum. Sedangkan Fakultas Manajemen cuma menerima 60 orang calong mahasiswa baru dengan total peminat sebanyak 3.294 orang. *Persaingan keras tcoy!

6. Universitas Padjadjaran

Via Google
Toga UNPAD yang beda dari kampus lainnya, Mau? (Sumber: Istimewa)

Meski terletak di nomer 6, jumlah pendaftar terbanyak pada tahun 2016 dipegang sama Unpad dengan 93.046 peserta padahal daya tampung Unpad cuma 3.552 orang. Sebanyak 47.119 mendaftar di jurasn IPA dan 45.927 di jurusan IPS. Kalo dari angka tersebut, cuma 1.847 orang (3,92%) yang diterima di kelompok saintek dan 1.709 orang (3,72%) untuk kelompok Soshum.

FYI, ngomongin jurusan favoritnya ditempati oleh Fakultas Hukum dengan peminat 4.853 orang dan yang diterima cuma 270 orang. Sedangkan di kelompok saintek dipegang Fakutas Ilmu Kedokteran dengan peminat 8.625 orang dan daya tampungnya sebanyak 140 orang. Saingannya banyak banget deh gaes.

5. Universitas Brawijaya

Via ub.ac.id
(Sumber: ub.ac.id)

Fakultas Ilmu Kedokteran masih jadi jurusan yang paling diminati dengan 3.257 pendaftar. Disusul sama Fakultas Farmasi dengan 2.393 peminat. Padahal kuota yang tersedia untuk jalur SBMPTN engga sampe 60 kursi untuk masing-masing jurusan tersebut.

Nah, kalo Kawan Muda yang minat di Soshum di UB peminat paling banyak ada di Fakultas Hukum dengan 3.128 peserta dan daya tampungnya sebanyak 189 orang. Di posisi kedua ditempatin sama Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dengan 2.853 orang dan daya tampung 135 orang. Peluangnya relatif lebih besar loh.

 4. Institut Pertanian Bogor

Via Google
MPKMB/ospek 53 pecahkan rekor dunia (Sumber: Istimewa)

Beda dari PTN yang lain, di IPB jurusan yang paling diminati adalah Fakultas Ilmu Gizi dengan penerimaan cuma 26 orang dari jalur SBMPTN. Selain itu jurusan yang baru yaitu Sekolah Bisnis juga banyak diminati sekitar 1.535 orang dengan daya tampung 33 orang.

Sayangnya IPB engga banyak menyediakan buat jurusan buat Kawan Muda yang Soshum. Kalo kamu berhasil masuk siapa tau kamu adalah orang yang tepat sesuai motonya “Mencari dan memberi yang terbaik”.

3. Institut Teknologi Bandung

Via Google
Anak ITB adalah menantu idaman (Sumber: blogspot)

Fakultas Teknik Informatika ITB masih jadi favorit dengan peminat 3.163 pada tahun 2016. Padahal yang diterima hanya sebanyak 164 orang.

Karena di ITB cuma ada dua jurusan untuk kamu yang soshum peminatnya juga cukup besar yaitu sekitar 3.429 untuk jurusan Sekolah Bisnis dan Manajemen, yang diterima cuma 128 orang. Sedangkan Fakultas Seni Rupa dan Desain hanya menerima 91 calon mahasiswa dengan peminat 2.199. Wajar kan kalo ITB ada di nomer tiga besar PTN terbaik di Indonesia.

2. Universitas Indonesia

Via Blogspot
(Sumber: blogspot)

Banyak anak SMA yang pastinya bangga kalo bisa jadi salah satu “Yellow Jacket.” Yap, kampus yang punya almamater kuning ini selalu jadi PTN favorit. Selain letaknya yang engga jauh dari ibu kota, banyak Fakultas di UI punya aktreditasi baik dan hampir merata di tiap konsentrasi ilmu.

Buat kamu yang mau masuk di jurusan sains, Fakultas Ilmu Kedokteran masih punya minat yang tinggi setiap tahunnya. Tahun 2016 peminatnya aja mencapai 2.829 orang. Sedangkan jurusan Soshum dipegang sama Jurusan Ilmu Komunikasi dengan jumlah pendaftar 2.964. Padahal presentasi untuk masuk di kedua jurusan itu sangat kecil yaitu di bawah 10%, dengan daya tampung 32 orang untuk Fikom dan 72 orang untuk FK.

1. Universitas Gadjah Mada

Via Google
(Sumber: blogspot)

Yeay, UGM ada di peringkat pertama kampus terbaik di Indonesia loh. Biar masuk UGM emang susah namun, bukan berarti kamu engga bisa loh. Pada SBMPTN tahun lalu prodi Saintek yaitu Fakultas Gizi Kesehatan, Arsitektur, Teknologi Informasi, Perencanaan Wilayah dan Kota, serta Ilmu Komputer. Jadi jurusan paling favorit. Sedangkan prodi soshum yang paling banyak diminati Fakutas Pariwisata, Sastra Inggris, Ilmu Politik dan Pemerintahan, Sastra Jepang, dan Bahasa Korea.

Kamu juga harus tau kalo saingan yang masuk UGM itu sebesar 70.707 orang, yang terdiri dari 43.484 pendaftar Saintek dan 27.223 Soshum. Padahal di atas kertas UGM cuma menerima 1.457 orang di prodi Saintek dan 630 orang di Soshum untuk jalur SBMPTN

Well, walaupun serem liat angka kursi yang jadi daya tampung, engga ada hasil yang membohongi proses kok. Jadi Kawan Muda juga jangan sekut duluan, banyak belajar, usaha, dan jangan lupa berdoa gengs. Semangat ya! (sds)

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela

Leave a Response