Selasa, 23 Oktober 2018

Genmuda – Akhirnya, desas-desus kebenaran laptop Xiaomi terkonfirmasi juga Kawan Muda. Laptop terbaru yang jadi andalan pabrikan Tiongkok itu dibuat setara dengan latop ‘ambisius’ macam MacBook Air, Lenovo Y, dan ASUS ROG. Harganya akan dibanderol sekitar 700 – 1.000 dolar AS atau sekitar 13 juta rupiah.

Laptop flagship itu bakal dipasangi prosesor Intel Core i7-6700HQ, VGA Card GTX 970M, RAM 16 GB DDR4, dan storage 512 Gb SSD. Dari spesifikasinya sih, laptop ini kuat memainkan game-game terbaru dengan settingan middle-ultra.

Laptop dengan codename Xiaomi ‘Pro’ itu juga dilengkapi layar selebar 15,6 inchi. Gambarnya bakal berkualitas 1080 pixel. Dilansir dari GSM Arena, Selasa (26/7), kabarnya ada tipe laptop lain yang akan dirilis Xiaomi. Tipe keduanya punya spesifikasi menengah, namun tetep bisa mainin game-game keluaran 2015.

Benchmark laptop Xiaomi dengan pesaingnya. Yang paling bawah adalah Xiaomi Notebook ‘Pro.’ (Sumber: GSM Arena)

Dengan codename ‘Xiaomi Notebook,’ jenis keduanya dilengkapi prosesore Intel Core i5, 8GB RAM, dan 256 GB storage. Harganya dibanderol sekitar 600 dolar AS atau sekitar 8 juta rupiah. Kata GSM Arena, kedua laptop ini bakal diluncurin hari Rabu, 27 Juli 2016.

Sebelumnya situs resmi Xiaomi sempat mengonfirmasi peluncurannya laptopnya di tahun 2016, namun belum mejabarkan detilnya. “Negosiasi dengan Samsung sudah terjalin. Mereka kami pilih sebagai supplier memory berkecepatan tinggi yang sesuai dengan target laptop Xiaomi,” kata Xiaomi di situsnya.

Kofirmasi kehadiran laptop itu pun bisa dilihat dari sejumlah situs jualan online. Situs BangGood.com misalnya, udah masukin laptop flagship pabrikan ini ke dalam daftar produknya. Di situs itu, seri ‘Pro’-nya dibanderol dengan harga 700 dolar AS.

Rumor

Laptop Xiaomi lagi dijajal. (Sumber: GSM Arena)

Meski begitu, Xiaomi belum menjabarkan OS yang bakal dipasang di laptop itu. Situs resminya mengindikasikan kalo OS Linux yang bakal dipakai. “Kemungkinan Linux yang ditambahkan beberapa elemen dari OS Xiaomi Mi7 terbaru,” tulis rilis di situs resminya.

Sejumlah media memprediksi OS tersebut emang yang bakal dipakai oleh pabrikan asal Tiongkok tersebut, mengingat pada 27 Juli Xiaomi juga akan merilis OS Mi727. Sementara itu, GizmoChina bilang kalo Xiaomi Notebook bakal dipasangi OS Windows 10. Mana yang benar nih?

Namun dalam rilis lainnya, Xiaomi juga mengindikasikan bakal merilis jenis laptop kelas menengah ke bawah. Laptop itu bakal dilengkapi prosesor Intel Atom dengan pilihan layar 12,5 inchi atau 13,3 inchi. Well, satu-satunya kepastian yang bisa didapat dari rumor itu adalah Xiaomi resmi (banget) memperluas jangkauannya dengan memproduksi laptop. So, kita tungguin aja tanggal mainnya ya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.