Rabu, 3 Maret 2021

Genmuda – Setelah lama hiatus dari dunia musik, Justin Bieber bener-bener sukses bikin gebrakan lewat album barunya, Purpose’. Bukan cuma berhasil ngalahin pesaing terberatnya (yang sama-sama ngeluarin album di tanggal yang sama), One Direction, Bieber juga berhasil bikin rekor dunia!

Album keempat Justin Bieber, ‘Purpose’ ini ternyata tokcer abis, Kawan Muda. Awalnya mungkin JB bertujuan ngeluarin albumnya itu buat mengobati rasa kangen para fansnya, sekaligus “curhat” ke seluruh dunia tentang apa aja yang udah dia lewatin selama masa karirnya ini. Ternyata, sambutan dunia buat Bieber masih hype banget.

Bukan cuma berhasil nongkrong di posisi paling atas chart-chart musik dan ngalahin One Direction, JB juga berhasil ngalahin grup band legendaris The Beatles! Rekor yang udah dipegang The Beatles selama 51 tahun lamanya akhirnya tumbang gara-gara penyanyi berusia 23 tahun ini. Rekor apa ya gaes?

Ternyata, Justin Bieber berhasil memasukkan 17 lagu barunya ke dalam Billboard’s Hot 100. Dengan 17 lagu yang ada di chart tersebut, berarti cuma tiga lagu lainnya aja yang ketinggalan dari album ‘Purpose’. Pencapaian Bieber ini berhasil ngalahin rekor The Beatles yang dibuat pada 11 April 1964 lalu, dengan jumlah 14 lagu, dan juga berhasil ngalahin Drake yang ngebuat rekor sama pada tahun ini.

Bukan cuma itu, ‘Purpose’ juga debut di nomor 1 dalam Billboard’s Hot 200, DAN dia juga nyamain rekor lainnya yang dipegang The Beatles serta 50 Cent: punya tiga lagu yang masuk ke dalam lima besar chart Hot 100. Keren banget ya, Kawan Muda?

Selain mecahin rekor dunia yang dipegang The Beatles, Justin Bieber sebelumnya juga pernah mecahin rekor-rekor lainnya loh. Apa aja?

  1. Guinness World Records (2012)

Nama JB masuk ke dalam Guinness World Records 2012 Edition Book setelah menjadi musisi solo pertama yang tiga albumnya berhasil jadi nomor 1 di Amerika Serikat dan Inggris, pada usia dibawah 18 tahun. Tiga album tersebut adalah ‘My World 2.0’ (10 April 2010), ‘Never Say Never The Remix’ (5 Maret 2011), dan ‘Under the Mistletoe’ (19 November 2011).

 

  1. Video klip paling banyak ditonton (2012)

Di tahun yang sama, Justin Bieber juga meraih prestasi sebagai penyanyi yang musik videonya paling banyak ditonton di Youtube. Lagu ‘Baby’ pada saat itu berhasil mencapai viewers hingga lebih dari 738 juta kali. Well, walaupun akhirnya rekor ini berhasil dikalahin oleh Gangnam Style-nya Psy yang sampe sekarang masih jadi nomor satu dengan viewers lebih dari 2 miliar.

 

  1. Pesan di sosmed yang paling banyak disebarin (2012)

Prestasi ini mungkin agak engga nyambung sama karir bermusik Bieber, tapi bisa dianggap sebagai bentuk popularitas doi yang super banget. Bahkan, Bieber sampe bikin rekor dunia untuk pesan di sosmed yang paling banyak disebarin oleh para netizen. Waktu JB ulang tahun ke-18, postingan ucapannya di-post sebanyak 251.878 kali di Facebook dan Twitter dalam waktu cuma 24 jam. Di tahun 2012 lalu, segitu tuh udah wow banget gaes.

 

  1. Guinness World Records (2015)

Setelah tiga tahun vakum dan akhirnya comeback lewat lagu ‘What Do You Mean?’ di bulan September lalu, JB langsung melejit ke puncak sampe ngebuat rekor baru di Guinness World Records (lagi)! Kali ini, rekor yang dibikin Bieber adalah sebagai musisi solo termuda yang langsung berhasil meraih posisi 1 di Billboard setelah lagunya dirilis. Lagu ini juga menjadi lagu ke-23 yang mendapatkan posisi pertama setelah debut, dalam 57 tahun perjalanan Billboard. Gokil!

 

  1. Ngalahin rekor Eminem (2015)

Selain rekor-rekor dunia, Justin Bieber juga mampu menggilas rekor-rekor yang dipegang sesama musisi lainnya. Di tahun ini, JB berhasil mengalahkan rekor Eminem di ajang MTV EMA. Tadinya, Eminem adalah musisi yang ngoleksi penghargaan MTV EMA terbanyak, yaitu 15 penghargaan sepanjang karirnya. Tapi rekor ini seketika terpecahkan setelah Bieber comeback. Sekarang, JB udah ngoleksi 18 awards, dan dijamin bakalan nambah lagi di tahun-tahun mendatang.

 

  1. Rekor streaming Spotify (2015)

Album ‘Purpose’ yang dirilis Justin Bieber tahun ini emang beneran hits banget. Selain mecahin rekor di Billboard, JB juga berhasil bikin rekor di Spotify. ‘Purpose’ mecahin rekor Amerika Serikat dan dunia, dengan jadi album yang paling banyak di streaming dalam satu minggu perilisannya. Totalnya berapa gaes? 77 juta streaming di AS, dan 205 juta streaming di seluruh dunia!

 

  1. ‘Hello’, Adele! ‘Sorry’ nih, rekornya dikalahin (2015)

Lagu ‘Sorry’ dari Justin Bieber (masih dalam album ‘Purpose’) juga berhasil nurunin ‘Hello’-nya Adele dari singgasana Official Single Chart. Bahkan, doi berhasil bikin rekor baru di chart tersebut! Bieber berhasil meraih hasil impresif, yaitu 104 ribu kombinasi chart sales buat memastikan posisinya di peringkat pertama, termasuk juga mendapatkan 5,35 juta streaming di Official Chart. Ckckck!

Well, ternyata disamping popularitas dan skandal yang banyak bikin heboh, Justin Bieber sebenernya punya banyak prestasi yang layak buat dibanggain loh. Mana nih, suaranya para Beliebers?

Share and Enjoy !

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥