Sabtu, 28 November 2020

Genmuda – Jangan langsung nyalahin gula saat berat badan kamu nambah. Makanan-minuman manis sama gak bersalahnya dengan sayur, buah, dan sereal loh. Kalo mau salah-salahan, ya salah sendiri kebanyakan makan.

Malahan, para ahli bilang kamu sebaiknya gak mengurangi gula. Badan kan perlu zat yang disalahartikan itu supaya tetep bertenaga. Udah gitu, nasi, roti, bakpau, dan jenis makanan pokok lain mengandung zat gula dari sananya. Mau engga mau kan kamu makan gula tiap hari.

Marcia Herrin, seorang konsultan diet malah nganjurin supaya konsumsi yang manis-manis macam biskuit, cake, sirup, es teh manis, atau es krim sampai tiga kali sehari. Penasaran sama caranya? Coba cek di bawah ini.

1. Jadiin makanan penutup

via huffingtonpost.com

Setelah sarapan, makan siang, atau makan malam, coba deh makan yang manis-manis. Marcia Herrin buktiin kalo teknik itu bikin kenyang lebih lama. Jadi, engga bakal ngunyah macem-macem lagi di luar waktu makan. Pasien-pasien yang berkonsultasi sama doi pun bisa nurunin berat badan hingga 20 kilogram, loh.

2. Makanan utama yang seimbang

Seimbangin porsi makanan pokok, lauk, sayur, dan buah sebelum ditutup sama makanan manis. Jaime Mass yang juga seorang konsultan diet bilang hanya dengan begitu makanan penutup bikin kenyang lebih lama. Trik doi juga gak bikin pasiennya ngantuk loh setelah makan.

3. Coba ganti gula jadi madu

via tenor.co

Biar kandungannya sama-sama 48-64 kalori, kamu bisa ganti gula pasir jadi madu supaya dapet nutrisi tambahannya. Kandungan zat besi, kalsium, natrium, seng, dan berbagai antioksidan di dalam madu kan bikin badan sehat dan pencernaan lancar terus.

4. Ngopi tanpa gula

Minum kopi gak dilarang, tapi jangan pakai gula sama sekali. Jangan juga ngopi sambil ngemil biskuit atau pisang goreng. Soalnya, sebuah riset nyimpulin kalo gula darah orang yang ngopi sambil ngemil naik 16 persen lebih banyak dari mereka yang cuma ngopi atau ngemil aja.

5. Campur sama bubuk kayu manis

via tumblr.com

Kebalikan dari kopi, riset lain bilang bubuk kayu manis justru ngejaga kandungan gula dalam tubuh tetep stabil meski habis mengonsumsi banyak makanan-minuman manis. Selain bikin sehat, bubuk kayu manis bikin makanan-minuman lebih beraroma dan kaya rasa. Cocok kok dicampur ke semua yang manis-manis.

6. Jangan kekenyangan

Misalnya kamu ngelakuin trik di atas dan perut terasa kenyang dari pagi sampai waktu makan siang, ya engga usah makan. Jangan maksa harus makan di tiap waktu. Kalo baru terasa laparnya sore, ya makannya sore itu.

7. Tidur lebih cepat

via tumblr.com

Logikanya gini. Orang yang bangun pasti ngerasa lapar dan secara aktif apa aja yang bisa dikunyah. Makanya, mereka yang begadang gampang nambah berat badan lantaran kebanyakan ngemil. Daripada gitu, mending tidur lebih cepat jadi laparnya baru terasa pagi-pagi.

Ditambah dengan olahraga, tujuh cara di atas pasti ampuh banget bikin badan langsing tanpa perlu lebay mengurangi semua makanan manis yang jadi favorit selama ini. Coba deh memulai pola makan seperti itu dan bagi pengalaman kamu di bawah ini. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.