Rabu, 20 Maret 2019
StudentKampus

Wahai Mahasiswa Kere. Ini 8 Cara Peroleh Kesenangan Traveling Tanpa Harus Traveling

©Genmuda.com/2017 TIMPengunjung GATF 2017 Jakarta habis berburu tiket, Selasa (22/9). Merekalah Bella, Dika, dan Icha (kiri-kanan). ©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Lihat ke sebelah kanan, di situ ada teman yang pernah ke Belanda. Lihat ke sebelah kiri, ada anak fakultas lain yang sering naik haji. Di depan-belakang, ada teman satu jurusan yang hobinya keliling Indonesia.

Kamu? Mikir pemenuhan hidup bulanan aja stres, apalagi harus jalan-jalan. Ya, emang. Bernasib kere itu menyebalkan. Tapi, bukan berarti kamu engga bisa bahagia kayak temen yang suka jalan-jalan.

Kamu bisa lakuin beberapa hal di bawah ini karena ngasih manfaat yang sama dengan jalan-jalan. Paling engga, kamu punya pengalaman yang sama dengan teman-teman sebaya.

1. Ikut KKN

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Bersyukurlah kamu yang diwajibkan ikut Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM). Kegiatan yang intinya bantu-bantu kehidupan warga daerah terpencil, terdepan, terluar, dan tertinggal itu kan versi lebih ilmiahnya jalan-jalan.

2. Ikut kontes penelitian

via dompetdhuafa.org
Asik, nih. Jalan-jalan gratis bermodalkan makalah. (Sumber: dompetdhuafa.org)

Yuk langsung ke mading fakultas dan lihat kesempatan kontes penelitian. Biasanya, peserta kontes harus mempresentasikan hasil penelitian di hadapan kampus lain. Gak jarang, kampusnya berada di luar kota dan ada sesi jalan-jalannya di sela kegiatan ilmiah.

3. Ikut ajang mahasiswa berprestasi

via portalsemarang.com
(Sumber: portalsemarang.com)

Lebih ilmiah lagi, coba aja ikut ajang pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) sampai tingkat nasional. Setelah seleksi berkas dan video presentasi, bakalan ada wawancara. Lumayan banget kan kalo wawancaranya diadain di kota lain.

4. Ikut pertukaran pelajar

via harianindo.com
(Sumber: harianindo.com)

Di balik keribetan mengurus proses administrasi dan akademik kegiatan pertukaran pelajar, ada jalan-jalan gratis ke luar negeri yang menanti. Jadi, kenapa gak?

5. Ikut program Au Pair

via aupaircare.com
(Sumber: aupaircare.com)

Bukan maksud merendahkan atau gimana, nih. Peserta program Au Pair punya tugas mirip baby sitter. Emang itu tugasnya. Peserta Au Pair dikirim ke luar negeri buat bantu satu rumah tangga merawat anak kecilnya.

Biasanya, peserta program itu adalah mahasiswa yang ingin belajar bahasa dan kebudayaan negara tujuan. Ikut aja program Au Pair ke Eropa. Pasti seru. Sukur-sukur bisa ketemu jodoh.

6. Ikut kepanitiaan kampus

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Sudah bikin rencana matang pun, situasi engga terduga bakalan muncul saat kamu ikut kepanitiaan, mau di tingkat kampus, kompleks, atau keluarga. Selesaikan situasi itu dengan benar maka kamu punya kemampuan sama seperti teman yang pernah backpacking dengan bujet minim.

7. Nongkrong malam-malam sama temen

(Sumber: Istimewa)

Daripada malam-malam cuma bengong jorok atau meratapi nasib kere, mending nongkrong sama temen. Di pinggir jalan atau di kosan juga engga apa. Sambil bawa gitar pasti lebih seru.

8. Kunjungi sodara di luar kota

“Eh, kamu. Mau numpang hidup lagi, ya?” ©Genmuda.com/2017 TIM

Tiket perjalanannya minta dibayarin keluarga. Tinggalnya di rumah sodara. Jalan-jalannya numpang kendaraan sodara. Makannya dikasih, atau jajan di warung sebelah. Mengunjungi rumah sodara di luar kota emang sedap. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.