Rabu, 21 Agustus 2019

Genmuda – Dua strategi besar udah digodog Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun ini buat mengurai kemacetan Ibu Kota yang makin gila. Pertama, ada peraturan ‘ganjil-genap’ selanjutnya, ada peraturan ‘Electronic Road Pricing’ yang masih digodog buat gantiin peraturan ‘ganjil genap.’

Meski banyak dikomentari netizen, Pemprov tetep yakin kebijakan-kebijakan baru tadi bisa jadi solusi buat mengurai kemacetan jalan. Pembatasan mobil sesuai strategi ‘ganjil-genap’ diyakini bisa mengurangi macet jalan protokol hingga 50%.

Program itu namun bukan merupakan solusi akhir. Soalnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta lagi nyiapin sistem Electronic Road Pricing, alias sistem jalan protokol berbayar. Tiap mobil yang lewat jalan utama bakal dikenain tarif 20 ribu – 40 ribu rupiah.

Pembayarannya terjadi otomatis waktu mobil dengan On Board Unit (OBU) melintas gerbang pemindai otomatis (Gantry) yang dipasang. Secara engga langsung, mobil yang engga punya OBU dilarang melintas.

Gubernur Ahok berjanji duit yang didapet dari ERP bakal dipakai buat perbaikan sarana transportasi dan jalan. Jadinya, pengguna mobil pribadi bakalan gunain transportasi umum karena makin nyaman.

©Genmuda.com/2016

Meski begitu, hasil liputan #TanyaKawanMuda nyimpulin kalo para pengguna jalan protokol pesimis soal solusi yang ditawarin Pemprov. Sementara itu, Amazon.com punya solusi lain yang terinspirasi dari teknologinya Elon Musk.

Kalo versi video pemaparan Amazon.com, kemacetan terjadi karena pengemudi kendaraan berjalan lambat (yaiyalah)Pelannya laju kendaraan itu kebanyakan terjadi karena pengemudi gagal fokus atau telat refleksnya.

Intinya kemacetan terjadi karena human error. Oleh sebab itu, solusi terbaik mengurai macet menurut Amazon.com adalah dengan mengganti semua kendaraan dengan kendaraan auto-pilot alias kendaraan tanpa supir.

Siapa yang udah berhasil nemu mobil macam itu? Elon Musk dengan pabrikan mobil Tesla Motor-nya. Kira-kira gimana perbandingan tiga solusi pengurai macet itu (ganjil-genap, ERP, mobil otomatis)? Cek aja video-video di bawah ini.

Peraturan Ganjil-Genap

Peraturan ERP

https://www.youtube.com/watch?v=DSA5oH6VBWQ&feature=youtu.be

Solusi ala Amazon.com

Udah ditonton 3 video penjelasannya? Jadi, gimana menurut kamu? Solusi mana yang kira-kira terbaik buat mengatasi macetnya Jakarta? Silakan tulis comment kamu di bawah ini ya.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.