Senin, 12 April 2021

Genmuda – “Last of Us,” “Resident Evil,” dan “Left 4 Dead” jadi tiga jenis game zombie paling diminati masyarakat gamer di seluruh dunia. Tiga judul itu pun jadi patokan game-game bergenre science-fiction lainnya.

Kawan Muda pernah kepo engga sih, “Kenapa cerita zombie malah masuk fiksi-ilmiah? Kenapa bukan cerita fiksi?” FYI, ternyata ada kemungkinan kondisi zombie itu terjadi di dunia nyata. Engga percaya? Bukan mau nakutin sih, tapi di bawah ini adalah sejumlah fakta yang nunjukin kalo cerita zombie dan penyebabnya itu bisa menjadi nyata.

1. Ada makhluk yang bernama Ophiocordyceps unilateralis

Hewan apa tuh? Ini adalah sebuah jamur parasit yang secara teori numpang hidup di makhluk hidup lain. Lebih ngerinya, hewan ini bisa biki otak makhluk hidupnya engga lagi berfungsi dan kemudian tubuh mereka lama-lama membusuk. Para ahli pun bilang kalo ini adalah jamur zombie.

2. Udah menginfeksi semut

via metro.co.uk
Ini semut yang terinfeksi jamur zombie. Itu jamurnya nongol di kepala semut. (Sumber: metro.co.uk)

Penularan jamur zombie itu ditemui peneliti udah menginfeksi seekor semut (Camponotus leonardi) di hutan hujan tropis. Berdasarkan laporan EOL.org, tahun 2009. Jamur itu tumbuh dan berkembang di hutan tropis daerah Afrika, Brazil, dan Thailand. Jamur itu pun mengincarnya bagian kepala semut, lebih tepatnya di otak.

3. Jamur zombienya bisa mengontrol tingkah laku semut

Jamur itu kemudian dapat memancing semut lain buat menggigitnya. Saat semut lain mengigit, jamur zombie akan melunarkannya kepada semut lain. Setelah menguasai otak semut jamur itu juga bisa mengontrol tingkah laku inang sesuai keinginannya.

4. Bisa menyebar

Berdasarkan studi EOL.org, jamur itu bukan cuma makanin badan inangnya. Tapi juga berkembang biak. Setelah jamurnya ‘matang,’ dia bakal melepaskan spora yang tersebar ke daerah sekitarnya. Kalo ada semut lain, spora itu juga bisa masuk ke dalam tubuh semut karena termakan.

5. Menghancurkan satu koloni semut

Studi itu juga bilang kalo penularan jamur zombie bisa membuat seluruh koloni semut hancur. Lebih kurang, mirip seperti kondisi di game-game yang Genmuda.com sebutin di awal. Hingga kini, belum ada penelitian lanjutan yang bilang jamur itu bereaksi juga di manusia. Wellwho knows siapa yang tau ke depannya bakal kayak gimana.

Apa pendapat Kawan Muda soal jamur zombie ini? Daripada berspekulasi nih liat aja videonya:

(sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.