Rabu, 19 Juni 2019

Genmuda – Meski sebelumnya sempat molor dari jadwal awal yakni, 18 Maret 2016, namun Naughty Dog selaku developer ngaku alasan tertundanya waktu rilis menjadi 10 Mei 2016 dikarenakan penyempurnaan grafis dan beberapa update-an buat DLC (Downloadable Contect).

Seri Uncharted sendiri sebelumnya sukses menghadirkan cerita yang kompleks sebagai game adventure di PlayStation 3. Bahkan, seri remastered ‘Uncharted Collection’ di PlayStation 4 bisa dibilang jadi salah satu game daur ulang yang paling niat yang pernah dibuat developer game. Apalagi saat demonya di event E3 tahun kemarin berhasil menyorot perhatian para gamer.

Peningkatan Grafis Bikin Kamu ‘Nganga’

Khusus seri terakhir Nathan Drake kali ini, grafis yang disajiin bener-bener realistis dan mulus. Saat Genmuda.com baru mencoba game ini dari 10 menit pertama aja udah keliatan seberapa detil latar, efek, dan ekspresi karakter. Baik baju hingga rambut dari karakter pun ikutan bergerak ketika terkena angin.

Lanjut ke bagian ekspresi wajah karakter, Naughty Dog semakin gokil ngegarapnya loh. Kalo sebelumnya Genmuda.com udah kagum sama grafis dan fox engine dari Kojima di ‘Metal Gear 5’, sekarang itu semua mungkin sirna sama ‘Uncharted 4’. Wajar sih, pasalnya untuk satu karakter aja dibutukan hampir sekitar 400 lebih gambar ekpresi wajah. Salut!

Gameplay

Dari versi demo yang udah bertebaran dari tahun lalu, ‘Uncharted 4’ masih tetap unggul dari jalan cerita, apalagi ini jadi seri terakhir. Kamu pun bisa menjawab beberapa pernyataan dalam dialog di game. (Tentunya berkaitan sama beberapa petualangan Drake di trilogi awal).

Unsur puzzle game tetap dipertahankan secara baik guna mendukung teka-teki jalan cerita. Pun pada misi melengkapi harta karun yang tersebar di seluruh map. Masuk pada cara bertarungnya, selain menggunakan tangan kosong ataupun senjata, Naught Dog turut menambahkan skill ‘Stealth’. Sehingga kamu bisa menyelinap atau menipu musuh dengan memanfaatkan latar game. Sayangnya saat kamu diam-diam menyelinap, partner di cerita belum tentu melakukan hal yang sama.

Itu doang? Tenang, masih ada fitur multi-player yang bikin kamu semakin ketagihan duduk di depan monitor. Di sini kamu bisa memainkannya secara online dan mendapatkan uncarted point buat unlock beberapa item/kostum selama bermain ‘Uncarted 4’. Tentunya harus penuh strategi biar jadi last survivor. He-he.

Wrap-Up

Pros
+ Visual terbaik di PS4
+ Konten update hingga pertengahan tahun 2017
+ Presentasi sinematik yang mulus
+ Karakter dan jalan cerita keren
+ Tools baru
+ Fitur multiplayer yang menjadikan opsi lain menjadi game strategi

Cons
– Grafis gameplay engga sama persis dengan sinematik
– Sedikit masalah frame-rate
– Stealth mode kurang mulus

Kesimpulannya Naughty Dog selaku developer yang juga ngembangin Crash Bandicoot emang engga mau para fans kecewa, wajar kalo jalan cerita ‘Uncharted 4’ harus keren, terlebih game ini udah masuk ke tahun 10. Simplenya ini seperti kado perpisahan yang engga pernah fans lupain.

Dan patut Kawan Muda garisbawahi bahwa sang sutradara, Neil Druckmann udah menjamin kalau game ini karena menimbulkan kontroversi di kalangan penggemar. Makin penasaran? Langsung aja kamu coba sendiri Kawan Muda!

(sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.