Selasa, 24 November 2020

Genmuda – Di sela-sela serunya bulan Ramadhan, engga terasa kita udah siap menyambut Hari Raya Idul Fitri. Sambil jadi ajang kumpul-kumpul pasti kurang kekinian banget kalo engga selfie di hari Lebaran. Tapi Kawan Muda tau engga kalo banyak orang yang selfie sambil memamerkan senyum ‘settingan’ atau cuma pura-pura?

Supaya tau seseorang senyum “settingan” atau engga, Kawan Muda bisa memperhatikan tiga hal ini. Pertama, jumlah kerutan di sekitar mata hanya sedikit saja. Kenapa gitu? Sebab senyuman engga hanya melibatkan pergerakan otot wajah aja, tapi juga otot mata. Jadi, semakin banyak kerutan di sudut mata, bisa dipastiin kalo itu adalah senyumannya tulus.

(Sumber: Tumblr)
Kayak senyuman Kiko Mizuhara ini contohnya (Sumber: Tumblr)

Kedua, senyuman palsu biasanya terjadi lebih cepat ketimbang senyuman tulus. Selain itu, senyum palsu akan membentuk mulut lebih lebar ketimbang senyuman tulus. Ketiga, sebuah penelitian mengungkapkan bila senyuman tulus akan membuat kedua ujung bibir kamu naik. Sementara bila hanya sudut mulut sebelah kanan aja yang naik, bisa dipastikan itu bukan senyuman tulus alias “settingan”.

Meski senyum ‘settingan’ keliatan bikin wajah kamu lebih kece, sayangnya engga semua orang bisa ngelakuinnya. Bahkan ada saudara-saudara kita yang kurang beruntung buat sekadar tersenyum, terutama mereka yang punya celah bibir atau bibir sumbing.

Menurut Wakil Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY Laelia Dwi Anggraini, “8 dari 1.000 anak terlahir dengan celah bibir. Jumlahnya makin bertambah tiap tahun.” Masalahnya, penyebab celah bibir sama sekali belum diketahui hingga sekarang, sehingga kejadian ini bisa menyerang siapapun loh.

Operasi masih jadi satu-satunya jalan buat menghilangkan celah bibir tersebut. Tapi itu semua engga bisa dilakukan oleh semua penderita bibir sumbing, karena mahalnya biaya. Beruntung pada kesempatan kali ini, kamu bisa ikut membantu meringankan beban penderita bibir sumbing lewat selfie kamu. Serius? Iya serius kok. Cukup lakukan dua langkah simpel berikut ini!

Selfie dengan senyum kamu yang paling lebar

(Sumber: aplus.com)
(Sumber: aplus.com)

Pertama ambil smartphone kamu, terus cari angle yang bikin muka kamu makin cetar dan senyumnya makin keliatan. Mau dari atas, samping, atau bawah, terserah, asalkan jangan dari belakang. Nanti yang keliatan punggung kamu doang. He-he.

Selanjutnya pasang senyum paling lebar, kalo perlu pake senyum empat jari biar kayak model foto di internet dan majalah fashion. Terus tinggal ajak deh keluarga atau temen-temen geng kamu buat selfie bareng!

Biar selfie-nya makin maksimal dan terhindar dari bau mulut, kamu bisa coba LISTERINE® Natural Green Tea yang ngebantu melawan masalah mulut. Dengan kandungan double floride, 4 minyak esensial, dan ekstrak teh hijau dijamin nafas kamu jadi segar, senyum makin lebar, dan selfie-nya makin cetar. (tsah!)

Upload di sosial media kamu dengan hashtag #BerbagiSenyum

(Sumber: shutterstock.com)
(Sumber: shutterstock.com)

Selanjutnya langsung upload selfie kamu tadi ke Twitter, Instagram, atau Facebook dengan hashtag #BerbagiSenyum. Jangan lupa juga mention akunnya LISTERINE® @ListerineID di Twitter dan Instagram atau @ListerineIndonesia di Facebook.

Terakhir biar makin afdol, tulis juga pake caption keren kayak, “Aku senyum biar adik-adik sumbing bisa senyum juga” atau “Senyum aja udah ibadah, apalagi kalo senyum bisa bantu orang lain secara langsung?” atau “Aku senyum karena jomblo”. Pokoknya buat sekreatif mungkin deh Kawan Muda!

Kalo kamu beruntung, siapa tau foto kamu bakalan di-retwit sama akun officialnya LISTERINE®. Lumayan kan kamu bisa makin nge-hits di dunia maya. Siapa tau yang jomblo bisa sekalian cari jodoh. Pas kan buat THR (baca: Teman Hari Raya). He-he.

That’s it. Gampang kan? Sejauh ini, udah banyak banget Kawan Muda lainnya yang ikutan program LISTERINE® Indonesia dengan Organisasi Smile Train ini. Bahkan seleb-seleb kayak Sule, Steny Agustaf, Alexander Thian, Rio Pambudi, dan Andien juga udah ikutan upload selfie senyum mereka pakai #BerbagiSenyum. Kamu pun jangan mau kalah sama mereka ya. Yuk kita tebar kepedulian dengan cara yang positif dan menyenangkan buat mereka yang menderita bibir sumbing, dengan datang ke sini.

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.