Rabu, 25 November 2020

Genmuda – Setelah ada isu kalo tanggal 21 Agustus nanti saat gerhana matahari total di AS akan menjadi kiamat, maka sepertinya kamu peru mempertimbangkan hal yang satu ini. Pernahkah kamu kepikiran buat tinggal di tempat lain selain di Bumi? Tapi jangan ke Mars, NASA soalnya udah gak sanggup.

Atau mungkin kamu mau jadi kayak “Guardian of the Galaxy” yang menjaga perdamaian dan keamanan planet tapi gak tinggal di planet itu. Bisa loh, bisa banget! Kamu tinggal jadi warga negara ini aja nih, di luar angkasa ya tapi!

Negara di luar Bumi

Image result for asgardia
(Sumber: asgardia.space)

Iya, ini adalah negara pertama yang dibangun di luar Bumi alias di antariksa. Nama negaranya adalah Asgardia. Kalo kamu pindah ke sana, kamu akan jadi warga negaranya yang bernama Asgardian. Di sini, kamu akan tinggal sama ratusan ribu orang lainnya yang mendaftar pengen jadi warga negara Asgardia. Sistemnya pun sama kayak negara biasa, ada pemimpin, ada staf pemerintahan, ada kota, ada konstitusi dan tentunya ada penduduk yang akan tinggal di satu wahana antariksa.

Wahana antariksa ini tentunya nanti akan mengorbit dengan bebas di luar angkasa loh ya. Orbitnya sih gak jauh dari Bumi, persis seperti tempatnya International Space Station (ISS) sekarang aja.

Image result for Igor Ashurbeyli
(Sumber: ashurbeyli.eu.com)

Yang tinggal di tempat ini cuma murni manusia aja ya. Maksudnya kamu gak boleh bawa hewan, bahkan robot gak dibolehin sama sekali. Seusia rencana Asgardia dirancang supaya bener-bener dihuni oleh manusia aja.

Pemilihan pemimpin negaranya pun dilakukan sama kayak di Bumi, yaitu dengan pemilihan umum, dan yang memenangi pemilihan umum ini gak lain dan gak bukan adalah pencetus dari Asgardia itu sendiri, Igor Ashhurbeyli.

Apa ya yang ada dipikiran Ashurbeyli sampe pengen membangun negara diluar Bumi?

Related image
(Sumber: Business Insider)

Katanya sih doi pengen membantu melindungi Bumi, tapi dari luar Bumi. Ilmuwan asal Rusia ini pun gak pilih-pilih orang yang mau mendaftar untuk tinggal di Asgardia. Pokoknya siapa aja boleh banget daftar kalo emang mau pindah negara.

Menurut Ashhurbeyli, nama Asgardia ini diambil dari wilayah hunian para dewa Nors, yaitu Asgard. Dan nama kotaa ini juga sebelumnya ada di film “Thor,” –sebagai nama salah satu kota fiktif di film tersebut. Konsep negara di luar Bumi ini sebenernya udah doi cetuskan sejak Juli tahun lalu. Makanya gak heran sampe sekarang hampir dari setengah penduduk Bumi udah berminat daftar buat jadi Asgardian.

“Tujuan kami, selain memastikan penggunaan luar angkasa yang penuh perdamaian, adalah untuk melindungi Bumi dari ancaman luar angkasa.” terang Igor.

Dilansir dari Business Insider, ancaman yang dimaksud Igor diklasifikasikan dalam 7 kategori, diantaranya: badai Matahari dan flare, perubahan magnetosphere Bumi yang menghancurkan lapisan pelindung bumi, asteroid dan komet, sampah orbit dari sisa-sisa buatan manusia, perubahan iklim dari faktor teknogenik dan radiasi matahari, radiasi kosmik dari reaksi nuklir di novae, supernovae, dan pulsar, serta bahaya infeksi dari mikroorganisme yang terbawa meteor.

Orang Indonesia bisa juga gak jadi warga Asgardia?

Jawabannya gak bisa gaes. Bukan karena masalah dari Asgardianya yang menolak, tapi karena peraturan konstitusi pemerintahan kita yang gak memperbolehkan masyarakat Indonesia punya dua kewarganegaraan.

Meski Asgardia belum resmi jadi sebuah negara, nyatanya calon Presiden Asgardia, yaitu Ashhurbeyli, akan segera mendaftarkan negaranya ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), supaya si wahana yang bakal jadi negara ini menjadi sebuah negara yang resmi dan layak dihuni.

Lebih lanjut, buat jadi warga negara Asgardia ini gampang banget loh. Kamu tinggal mendaftar atau log in aja di situsnya yaitu https://asgardia.space/en/join. Setelah itu, kamu harus mengisi informasi yang dasar kayak nama, alamat, tanggal lahir, kota tempat tinggal, jenis kelamin, asal negara dan email. Habis daftar, kamu bakal dapet nomor identitas. (Kayak nomor KTP gitu kali ya).

Dari banyak kota di Indonesia, kota Jakarta lah yang paling banyak menyumbang manusia yang pengen pindah warga negara jadi Asgardian, yaitu sebanyak 1516 orang dan disusul sama Bandung yaitu 623 orang. Sisanya yaitu Bekasi 523 orang, Banten 22 orang, Bogor 349 orang, Tangerang 487 orang, Depok 264 orang, Yogyakarta 202 orang, Semarang 209 orang, Surabaya 429 orang, Jayapura 31 orang, Balikpapan 108 orang, Pontianak 107 orang, dan Medan 391 orang.

Jadi gimana nih Kawan Muda, tertarik tinggal di luar angkasa gak?

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.