Sabtu, 28 November 2020

Genmuda – Mau kurus sampe usaha berat banget? Rela nahan laper, rajin nge-gym, sampe ngatur pola makan, pokoknya gak bebas banget deh. Tapi Kawan Muda harus inget, klo kita gak harus ngelakuin itu semuanya biar bisa punya berat badan ideal.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakuin kamu dan terbukti bisa kurangi berat badan tanpa harus usaha berat:

  1. Makan buah, baru belanja
(Sumber: Express.co.uk)

Sebelum kamu berangkat belanja, coba deh makan apel. Sebuah studi dari Universitas Cornell menunjukan bahwa orang yang makan buah sebelum berbelanja, 28%nya bakal lebih banyak membelanjakan buah dan sayur daripada “junk food”. Efek sebaliknya justru muncul jika orang makan kue sebelum berbelanja. Menurut para pakar, kalau menyantap makanan kecil yang sehat mengarahkan orang secara gak sadar buat membeli makanan yang sehat.

  1. Jalan-jalan setengah jam
(Sumber: Central Park)

Kalau Kawan Muda sibuk banget dan gak bisa berolahraga? Coba jalan tiap hari selama 30 menit deh. Menurut hasil studi di Tiongkok, dengan berjalan selama 30 menit dapat membantu mengurangi sekitar 3 centimeter ukuran pinggang dalam 12 pekan. Artinya itu satu ukuran lebih kecil jika kamu membeli celana jeans.  Nah kan gak perlu lari-larian lagi kan?

  1. Makan pelan-pelan
(Sumber: BBC)

Hasil penelitian di Jepang menemukan bahwa makan perlahan membantu orang jadi lebih kurus. Jika orang mengunyah dalam waktu yang lama, otak lebih punya kesempatan untuk menyadari bahwa perut sudah penuh, sehingga orang akan makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Gak cuma itu aja Kawan Muda, kalau orang makan secara lambat, gula darah naik secara terkontrol dan ini menolong mengatur nafsu makan.

  1. Tidur singkat di sela kerja
(Sumber: Desiretress)

Tidur itu penting loh ternyata buat mengatur nafsu makan. Menurut peneliti dari Stanford University, kurang tidur dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon ghrelin yang memicu orang makan lebih banyak dan mengurangi produksi hormon leptin yang memberi informasi jika perut sudah penuh. Sebaiknya tidur sekitar  15-20 menit. Selain itu tidur siang sebentar juga meningkatkan konsentrasi kamu.

  1. Kasih jeda buat gak diet

Kalau Kawan Muda sulit ngelaksanain diet setiap harinya, coba deh kamu tetapin satu hari di mana ada jeda buat gak melakukan diet. Menurut penelitian di Portugal, orang yang menerapkan trik ini dapat mengurangi bobot tubuhnya dan jumlah yang sama dengan mereka yang melakukan diet penuh. Kalau porsinya sesuai pasti hasil dietnya tetap bagus walau ada jeda. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.