Senin, 27 Juni 2022

Genmuda – Jadi senior di sekolah emang paling menyenangkan. Selalu ada kata-kata kapan lagi bisa seneng-seneng di sekolah? Soalnya saat lulus, bakal kepisah-pisah. Dikarenakan masa SMA engga bakal balik lagi, Kawan Muda bisa ngeabadiinnya lewat BTS (Buku Tahunan Skolah).

Yup, meski engga semua kenangan mantan SMA dirangkum di BTS, at least kamu bisa selalu mengenang masa-masa sekolah lewat BTS. “Nih, BTS papa sama mama waktu SMA.” minimal kata-kata itu bisa kamu pamerin kelak.

Supaya BTS engga hanya sekedar buku, sebaiknya Kawan Muda punya panitia khusus. Tapi pastiin juga kalo orang yang jadi panitia BTS itu kreatif serta totalitas buat ngegarap BTS angkatan kamu. Lantas apa apa aja sih kriteria menjadi panitia BTS? Nih, Genmuda.com kasih tau di bawah:

1. Budgeting dulu baru nentuin konsep

via: Pop Sugar

Masalah uang emang paling penting sih, karena BTS kamu engga bakal jalan kalo uangnya aja engga ada. (Hari gini semua perlu duit tcoy!) Sebagian sekolah ada yang ngebebanin uang BTS secara penuh ke muridnya, tapi ada juga yang dibagi dua, murid sama sekolah, sama-sama bayar. (Itu yang enak)

Namun buat murid yang harus bayar full, engga ada salahnya buat panitia BTS kompromi sama pihak sekolah. Di sisi lain perhatiin juga keuangan temen-temen angkatan kamu. So, mulai dari budgeting setiap angkatan dan kelas harus kompak. Kalo pun ada teman yang ngerasa terbebani kan jadi gampang buat disubsidi sama yang mampu. Yang penting semua bisa senang.

 2. Konsep pun disesuain sama budget dan keputusan bersama

Ini juga engga kalah penting sama budget Kawan Muda. Buat nentuin konsep yang mau dipakai, harus atau satu suara satu angkatan dan satu kelas. Percuma aja kalo kalo bikin BTSnya mahal-mahal tapi konsepnya biasa aja. Inget yang Genmuda.com bilang sebelumnya, “Masa SMA cuma dateng sekali!”

Oleh sebab itu, seorang panitia BTS perlu punya konsep atau tema besar BTS angkatan kamu mau kayak gimana. Selanjutnya sesuain juga sama budget yang kalian punya. Engga lucu kan kalo kamu puasa tiap hari cuma demi punya BTS dengan konsep mewah. Preettt! Inget ya, konsep sederhana pun bisa jadi unik selama kamu bisa kompak ngegarap BTS angkatan kamu.

3. Pilih EO yang mau dengerin kemauan angkatan, bukan cuma cari uang

via: giphy

Peran EO di BTS juga sama pentingnya seperti dua poin sebelumnnya. Oleh sebab itu, panitia BTS dan OSIS perlu jadi jembatan buat teman-teman angkatan dan si EO. Kalo misalkan ada EO yang nawarin paket BTS, dengerin aja dulu presentasi mereka dan mintai saran (kalo emang mereka punya).

Setelah itu wajib hukumnya buat kamu cari tau track record dan contoh BTS yang pernah digarap sama si EO. Cara tersebut bisa jadi refrensi buat melihat kualitas foto, hasil printing, sampai cara mereka nuangin konsep yang anak-anak SMA mau. Selektif di awal engga apa-apa dong, daripada uang kamu habis engga jelas?

4. Kontrak

Hitam di atas putih juga perlu dilakuin sebelum memilih EO. Udah banyak kan kasus uang BTS-nya diembat sama pihak EO, terus yang bersangkutan tak jelas rimbanya. Belum lagi masalah BTS-nya di luar dari perjanjian awal, kayak kertasnya jelek, atau fotonya banyak yang buram, pokoknya klise deh.

Kendati itu semua masalah klise, jelas BTS itu menyangkut gengsi satu angkatan. Jadi penting banget buat kamu bikin kontrak antara pihak panitia, sekolah, dan EO. Walau ada panitia yang kenal baik sama EO-nya, tetep aja harus dibikin. Temen ya temen, bisnis ya bisnis. Catet tuh!

5. Sebelum final kasih contoh dummy-nya dulu

via: Giphy

Panitia BTS juga wajib hukumnya meminta contoh dummy BTS angkatan kalian. Kamu harus ngebikin dummy kira-kira berapa halaman yang dibutuhin dan apa aja yang perlu dimasukin. Terus setiap kelas dapet jatah berapa halaman dengan layout yang seperti apa. Pokoknya kalo mau bagus, jangan pernah nyerahin semuanya ke EO, panitia harus banyak memantau progresnya.

6. Bikin jadwal

Bikin jadwal yang pas, jangan sampai waktu pembuatan BTS ngerusak waktu belajar kamu. Biasain buat engga ngulur waktu buat sesi foto tiap-tiap kelas. Selalu bikin schedule mulai dari proses pemotretan, pengeditan, printing, hingga ngebagiinnya sama temen-temen.

7. Sarana dan Prasarana

Justin-Bieber-Water-Drink-GIF-1427770269-1436971466

Pastiin juga semua pihak yang teribat ngedukung jalannya BTS. Jangan lupa juga selalu minta izin sama sekolah saat BTS ini dibuat. Jangan sering-sering juga ganggu kegiatan sekolah demi pembuatan BTS. Manfaatin libur semesteran nanti buat foto yang lokasinya di luar dari sekolah. Kawan Muda juga selalu pastiin alat-alat atau properti yang dibutuhin semua lengkap supaya hasilnya maksimal. “Good Luck ya buat BTS Kawan Muda!”

Share and Enjoy !

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela