Senin, 16 September 2019

Genmuda – Internet gak melulu kasih dampak positif buat kamu, walau keminfo cuma bisa ngeblokir situs-situs nakal. Penulis percaya kalo anak muda Indonesia punya banyak cara buat membobolnya. Iya kan?

Nah, salah satu dampak yang kurang enak dari internet adalah kebablasannya orang buat berekspresi sampe ngebagiin informasi yang kayaknya belum tentu penting atau orang lain inginkan. Contoh kasusnya ada di spoiler atau bocoran film.

Beda sama bocoran soal UN, bocoran film bisa jadi sesuatu yang paling di-HARAM-kan buat film-film box office, terutama sama fans garis keras. Alasannya sederhana yaitu menjaga perasaan penonton yang belum pergi ke bioskop sekaligus menghargai semua orang yang terlibat dalam pembuatan filmnya.

Meski gak ada aturan hukum yang baku di Indonesia kalo orang yang ngebocorin spoiler film bakal dipidanakan, namun saksi sosial kayak dibully netizen yang maha benar jelas jadi contoh nyata kenapa nyebarin spoiler itu gak keren buat Kawan Muda lakuin.

Supaya gak kena ‘jebakan spoiler’ film-film baru, berikut ini Genmuda.com kasih sejumlah tips yang berguna buat kamu. Khususnya yang gak pengen nonton film “Avengers: Endgame” di minggu ini. Cekidot!

1. Filter dan mute pencarian berbau film yang pengen kamu tonton

via: giphy

Kita ambil contoh “Avengers: Endgame”. Kawan Muda bisa menyaring dan nge-mute informasi hingga kata terkait film ini di sosial media. Untuk Twitter cukup buka Setting and privacy > Content Preferences > Muted. Di bawah keterangan Safety tab, pilih deh “Muted words,” lalu masukan kata yang gak pengen nongol di timeline kamu. Selesai deh.

Sedangkan untuk Facebook dan Instagram emang belum ada fitur khusus seperti Twitter. Tapi penulis nyaranin kamu buat ngemute dulu following kamu yang potensial buat nyebarin spoiler. Gak usah kelamaan, 30 hari udah paling lama kok.

2. Blokir komentar

via: Tumblr

Selain ngelahirin Youtuber, Youtube juga melahirkan netizen sok tau yang suka nyebarin spoiler di kolom komentar. Daripada gak sengaja baca spoiler mendingan blokir komentar di Youtube dengan menggunakan ekstensi ‘No Youtube Comment’ di browser kamu. Gak mau repot lagi? Ya gak usah buka Youtube. Gampang kan?

3. Gak usah kepo terlalu akut

via: Giphy

Kedua tips sebelumnya akan sia-sia kalo kamu masih punya rasa ingin tau lebih besar akan film tersebut. Kalo cuma tau sedikit soal sinopsisnya it’s okay deh, tapi kalo sampe ngebahas siapa yang mati, siapa yang bakalan nongol, dan bla…bla…bla… Kamu harus bisa kontrol diri, bulatkan tekad, terus bilang dalam hati, “CUKUP SAMPE DI SINI AJA!”

4. Baca review di Genmuda.com

via: giphy

Percaya deh, sebelum kamu ke bioskop Genmuda.com dengan senang hati membantu kamu untuk ngasih tau review film baru yang bebas spoiler. Selain ngejaga perasaan kamu, penulis kan juga menjaga perasaan editor yang gak sempet nonton duluan. Hiya hiya hiya.

5. Gak usah pake paket internet

via istimewa

Ini cara paling mentok dan kepepet yang perlu kamu cobain. Meski hampir mustahil tapi penulis percaya kamu bisa melampuinya.

6. Tonton filmnya sebulan kemudian, kalo perlu sampe diputer di TV nasional

via: Tumblr

Percaya yang namanya spoiler akan hilang dengan sendirinya dalam 1-2 minggu film itu dirilis. Kalo kamu pengen nonton tanpa distraksi spoiler gak ada salahnya buat mencoba tips ini. Namun kalo nungguin filmnya tayang di TV nasional itu sih bukan ngindarin spoiler, tapi lebih ngindarin uang kamu terkuras buat nonton di bioskop. *canda.

7. ‘Nasihati’ penyebar spoiler

via: giphy

Mamet: “Gengs, mau gue ceritain ending film Avengers gak?”

Intan: “Met, pernah baca koran gak? ‘Hobi nyebarin spoiler seorang pemuda dibakar warga’?”

Iya, kalo temen atau pacar kamu udah ‘seganggu itu’ buat maksa kamu dengerin spoiler, kamu boleh ngancem nasihatin kayak gitu. Kenapa? Karena nyebarin spoiler itu gak bikin kamu terlihat ganteng atau keren sama sekali. Udah gitu aja. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.