Jum'at, 27 Mei 2022

Genmuda- Kawan Muda paham engga sama krisis ekonomi yang melanda dunia tahun 2008 lalu? Kejadian tersebut bermula dari krisis finansial di Amerika Serikat. ‘The Big Short’, film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama pada tahun 2010 karangan Michael Lewis menceritakan tentang awal mula lahirnya krisis tersebut hingga ramalan beberapa orang akan terjadinya krisis besar di bursa saham dan merambat ke sektor rill.

Hanya di Amerika Serikat aja, jutaan orang kehilangan rumah serta pekerjaan mereka. Belum lagi kerugian besar yang terjadi di Wall Street. Menonton film ini Kawan Muda bakal dibanjiri sama terminologi ekonomi yang mungkin asing dan ngejelimit buta orang awam. Pernah dengar credit default swap, sub-prime mortgage atau collateralized debt obligations (CDO)? Istilah inilah jadi bahan utama pembicaraan pada film ini.

Tapi jangan panik aja, meski kamu awan soal ekonomi pun bisa tetap terhibur sekaligus nambah wawasan. Akan ada aktris cantik Margot Robbie dan Selena Gomez yang akan menjadi cameo di film ini dan menjelaskan tentang hal-hal tersebut secara sederhana.

(Sumber: Gazette)

Selain itu ada juga chef dan ahli ekonomi perilaku yang juga akan menjelaskan istilah-istilah tersebut agar lebih mudah dimengerti. Penjabaran soal ilmu ekonomi jadi salah satu keunggulan dari film ini. Lewat narasi yang ringan dan beberapa adegan maupun dialog komikal yang dibawakan oleh Ryan Gosling, membuat kita seperti dituntun saat menonton. Hal ini wajar karena sang sutradara, Adam McKay, terkenal akan film komedinya kayak ‘Anchorman’ sampe ‘Ant-Man’.

Film ini  dibintangi oleh nama besar macam, Christian Bale, Ryang Gosling, Brad Pitt, dan Steve Carrel. Christian Bale pun dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik lewat film ini di Oscar 2016. ‘The Big Short’ juga masuk nominasi sebagai fim terbaik di Academy Award tahun ini.

‘The Big Short’ memberikan pemahaman kalau ada keuntungan yang bisa dilakukan dalam sebuah krisis. Meski kalau dilihat kayak bersenang-senang di atas penderitaan orang, tapi para pelaku ekonomi atau orang awam sekalipun bisa memahami kalau hal itu lahir dari sistem yang bobrok.

(Sumber: Rolling Stones)

Pada dasarnya, ilmu ekonomi emang mirip sama ilmu sejarah. Dari sejarah kita bisa tahu kejadian di masa lalu dan belajar memperbaiki diri, begitu pun dengan ilmu ekonomi. Sebagai film drama, ‘The Big Short’ berusaha menguji model ekonomi yang lebih baik guna menyejahterakan masyarakat masa depan, terutama mencegah krisis ekonomi. Ya, kalau di Indonesia aja Pak Jokowi udah berjilid-jilid buat paket ekonomi.

Overall, keempat aktor di film ini juga mampu merealisasikan ‘The Big Short’ sebagai film nyinyir, menghibur, dan memberikan pengalaman baru soal krisis ekonomi. That’s awesome men!

(sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.