Selasa, 24 November 2020

Genmuda – Lagi asik-asik scroll Instagram, tiba-tiba ada iklan Ragnarok Online (RO) muncul. Yang bener nih game online klasik bin legendaris era 2000-an bakal meluncur lagi setelah servernya deserted tahun lalu?

Malahan udah ada 100 ribu “veteran” RO Mania yang diundang jajal uji coba closed BETA. Uji cobanya ternyata sukses karena game-nya langsung masuk tahap Open BETA pada 8 Februari. Dengan kata lain, udah bisa dimainin publik.

FYI, hak publikasi game-nya sekarang pindah dari Lyto Game ke Gravindo. Developer barunya itu beneran niat ngidupin lagi server Indonesian RO (idRO) dari awal. Masih open BETA aja, Gravindo udah ngadain berbagai event dengan total hadiah 55 juta rupiah. Gimana pas launching ke publik nanti.

Meski Gravindo engga ngomong, mereka keliatan jelas pengen ngajak para veteran idRO balik lagi ke habitatnya. Kenapa Genmuda.com bisa bilang gitu? Karena spesifikasi game itu dibuat seperti di bawah ini:

1. Job tertingginya versi 2-1

via istimewa
Dari novice bisa naik kelas hingga dapet job 2. (Sumber: Istimewa)

Ya. Ragnarok versi perdananya di tahun 2003 yang diluncurin kembali. Kelas karakter (job) tertingginya adalah job 2-1, yaitu Assassin, Blacksmith, Hunter, Knight, Priest, dan Wizard. Tiap job bisa didapet setelah ikut quest yang disediakan.

2. Peta klasik

via imgur.com
Pusat Kota Morroc masih ada. (Sumber: imgur.com)

Petanya masih merupakan peta klasik. Negara Rune Midgard di gamenya masih asri. Kota Morroc masih jadi pusat dagang di padang pasir, belum diancurin monster pasir. Desa Payon masih tradisional, belum sebesar di server International RO, dan masih jadi pasar seperti di server idRO tahun 2013.

3. Sistemnya balance

via istimewa
Swordsman lagi hunting Rocker biar cepet naik level. (Sumber: Istimewa).

Para veteran pasti suka dengan sistemnya. EXP rate yang didapet tiap bunuh monster bakalan diset 100%. Engga dilebihin sama sekali seperti idRO modifikasi. Drop rate barang-barang dari monster pun dibikin seimbang. Engga lupa, ada penalti potongan 3% EXP juga kalo karakternya tewas. Bener-bener klasik.

4. Max level 99

via Istimewa
Kalo udah level 99 bisa dapet Aura. (Sumber: Istimewa)

Engga pernah ada pemain veteran yang suka level maksimal RO sampai 150. Makanya, Gravindo bikin tiap karakter di idRO doi punya level maksimal 99. Karakter yang udah sampai level tertinggi juga bisa aktifkan aura di sekeliling tubuhnya.

5. Veteran dapet bonus

Vetaran bisa dapet berbagai headgear kece dengan modal ID akun dan nama karakternya waktu main di server-server idRO. Hadiah Sword Master Crown bakal dikasih buat akun tahun 2003-2006. Ada juga Rune Helm buat akun tahun 2007-2010. Sisanya bakal dapet Ignis Cap. Buat yang belum tau, ada empat server ikonik di idRO, yaitu Server Loki, Chaos, Iris, dan Fenrir.

6. Item Mall

Gravindo juga tau nih kalo veteran RO Mania kini udah menginjak usia produktif. Karena itu, mereka ngebuka Item Mall supaya para RO Mania bisa jajan barang-barang langka pakai duit beneran. Meski begitu, sistemnya masih dalam tahap maintenance pada Selasa (14/2).

Ya, itulah enam hal yang bikin veteran tergiur dateng lagi ke nyemplung lagi ke Ragnarok Online. Saatnya kamu pukul Poring dan Rocker sampai cukup level untuk pindah dari Novice ke Job idaman kamu. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.