Senin, 25 Januari 2021

Genmuda – Ada yang percaya kalo belanja tuh salah satu bentuk hiburan penghilang stress yang ampuh. Selain karena berhasil memenuhi kebutuhan, perasaan jadi senang karena sukses memiliki barang yang diinginkan. Lebih berbahagia lagi kalo berhasil belanja tanpa harus keluar banyak uang.

Gimana caranya? Pertama dan yang utama! Jangan belanja di super market, toko e-dagang, atau tempat lain yang gak memungkinkan tawar-menawar harga. Dengan kata lain, kamu harus belanja di pasar atau forum jual-beli online.

Kedua dan gak kalah penting, kamu perlu paham beberapa trik tawar-menawar supaya bisa belanja tanpa harus kebanyakan ngeluarin uang. Di bawah ini, adalah beberapa trik yang Genmuda.com kumpulin berdasarkan tekniknya FBI, pebisnis, dan ilmuwan.

Cara FBI

1. Tiru lawan bicara

via giphy.com

Seperti kata liputan6.com, 12 Juni, mengulang tiga kata terakhir yang diucap orang adalah cara tercepat menjalin hubungan baik. Para FBI biasa menggunakan cara ini untuk melucuti niat berkelit para kriminal yang disergap. Buat kamu yang lagi nego harga, cara ini bikin penjual ngerasa dekat dan mau nurunin harganya ke kamu.

2. Setujui kata lawan bicara

Setelah naik-turun harga, penjual barang pasti bakal nyeritain hal-hal positif dagangannya, supaya kamu bersedia deal dengan harga yang doi patok. Jangan sanggah kata-kata doi. Bilang aja, “Itu benar.”

Kata FBI, kamu dan lawan bicara bakal memiliki keterikatan empati karena udah saling setuju akan satu hal. Nego selanjutnya bakal berjalan lebih lancar. Dua dari lima trik andalan FBI di atas juga biasa dipakai waktu mau mengorek info penting dari berbagai macam penjaga rahasia, loh.

Cara Brian Tracy, sang guru di dunia salesman

3. Trik kaget

via popkey.co

“Waduh. Mahal ya ternyata.” Kata-kata simpel tapi ampuh untuk bikin penjual ketar-ketir. Menurut Brian Tracy, seorang pakar penjualan, trik kaget bikin para pedagang yang mematok harga terlalu tinggi dengan gampangnya menurunkan harga jadi lebih masuk akal.

4. Trik nantangin

Kalo sering nemenin emak-emak belanja pasti kamu udah tau trik ini. “Gak bisa turun lagi ya harganya?” Itulah trik nantangin yang dimaksud. Beberapa penjual bakalan kemakan trik ini hingga akhirnya menurunkan harganya lagi.

5. Trik sekarang dan saat ini juga

via istimewa

Ketika kamu dikasih harga 100 ribu rupiah, coba tawar jadi 60 ribu rupiah “tapi dibayar cash saat ini juga.” Menurut Brian Tracy, trik itu bakal berhasil apabila dipakai ke penjual yang keliatannya lagi buru-buru nyari deal.

6. Trik barang gratisan

Misalnya tiga trik 3-5 gagal dan kamu terpaksa ikut harga yang dipatok penjual, saatnya minta beberapa gratisan. Misalnya, gratis ongkir, gratis casing HP kalo beli smartphone, gratis tas juga audio jack kalo beli alat musik, atau sebagainya.

7. Cek toko sebelah

via YouTube.com

Ketika semuanya gagal, cara terampuh ya cek toko sebelah. Biasanya sih para pedagang gak bakal mau kompetitornya yang dapet duit.

Cara Forbes

8. Jangan kelamaan nego

Daripada rugi menghabiskan waktu ke satu pedagang, mending cari beberapa pedagang yang mau ngasih harga bersaing sampai kamu dapet harga sesuai keinginan. Kata Forbes.com, biarkan pedagangnya yang menghubungi kamu lagi ketika doi berubah pikiran.

9. Belanja di akhir bulan

Pedagang dan manajer toko online ataupun offline pasti mau nambah penjualannya di akhir bulan. Sebuah harga yang gak masuk akal di awal bulan pasti jadi menarik di akhir bulan, apalagi ketika tokonya butuh banget uang untuk meningkatkan performa bulanannya.

10. Be nice

via giphy.com

Apapun trik yang kamu lakuin, jangan sampai jadi orang nyebelin. Mana ada sih orang yang mau ngasih harga murah ke manusia paling menyebalkan di dunia. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.