Rabu, 21 April 2021

Genmuda – Internet adalah salah satu media informasi dan komunikasi terbesar di dunia saat ini. Tahun 2014 aja, total ada lebih dari 2,5 miliar pengguna internet loh Kawan Muda! Di Indonesia, lebih dari 70 persen anak mudanya udah melek internet.

Penggunaan internet bukan cuma sebatas buat mencari informasi aja, tapi udah sampai menjadi media komunikasi serta hiburan. Banyak banget kan, situs-situs yang tiap hari kamu kunjungi di internet? Dari mulai mbah Google, Youtube, segala macem medsos kayak Twitter, Path, Instagram, dan lain-lain, sampe Genmuda.com. Yakan? He-he.

Kenapa sih internet bisa jadi besar dan penting banget kayak sekarang? Jawabannya satu: karena semuanya ada di internet! Mau nyari jawaban buat tugas sekolah/kuliah, mau nyari temen, mau nyari lagu-lagu atau film, sampe mau nyari tau kabar terkini tentang mantan, semuanya bisa kita lakuin cuma dengan berbekal internet. Singkatnya, kita bisa tau semua hal yang sedang terjadi, pernah terjadi, atau bahkan akan terjadi, lewat dunia maya ini.

Kalau kamu sebagai anak muda, biasanya situs apa sih yang kamu paling percaya buat mencari informasi? Selain mbah Google yang jauh lebih pinter daripada mbah dukun, ternyata bukan Wikipedia lagi yang memenangkan hati para pengguna internet khususnya remaja.

Kini, YouTube telah mengambil alih peran Wikipedia sebagai tempat anak-anak muda untuk mencari informasi! Menurut penelitian baru, remaja dengan rentang usia 12-18 tahun telah meninggalkan ensiklopedia online tersebut dan berpaling ke Youtube buat mencari tau tentang hal-hal tertentu.

(Sumber: cdn.ientry.com)

Tahun 2015 ini, sebanyak 8 persen anak muda pengguna internet menjadikan situs Youtube sebagai sumber informasi buat mereka, sementara yang masih menggunakan Wikipedia cuma 2 persen aja! Jumlah ini meningkat banget buat Youtube. Tahun 2014 lalu, cuma 3 persen yang menggunakan Youtube sebagai media untuk mencari informasi, sementara Wikipedia memiliki persentase lebih besar, yaitu 6 persen.

Youtube juga meraih persentasi sebesar 35 persen sebagai media untuk mencari hobi dan minat buat para netizen remaja dari kelompok usia 12-18 tahun, sementara tahun lalu, Youtube mendapatkan 26 persen.Selain buat media informasi dan hiburan, sebanyak 44 persen netizen remaja memilih Youtube sebagai situs favorit mereka buat mendapatkan panduan-panduan, sementara cuma 4 persen aja yang memilih Wikipedia.

(Sumber: theguardian)

Kesimpulannya, banyak banget anak-anak muda sekarang yang ngegunain Youtube buat mendukung aktivitas dan hiburan mereka. Termasuk kamu juga engga, Kawan Muda? Kenapa sih Youtube bisa berkembang jadi situs terpercaya?

Karena, di Youtube semuanya lengkap abis! Dari mulai tutorial segala macem, vlogger dari berbagai bidang ilmu, film, musik, dan lain sebagainya. Nah, terang aja deh, Youtube jadi pemenang buat anak-anak muda. Congratulations, Youtube! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥