Rabu, 25 Mei 2022
Hiburan

Tayang Perdana, Film Dokumenter ‘Indonesia Kirana’ Angkat Kisah Perjuangan Paduan Suara Indonesia di Eropa

Penampilan PSM Unpad di 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Maribor, Slovenia (Sumber: PSM Unpad)

Genmuda – Ngomongin soal paduan suara, sebenarnya engga terbatas cuma pada gambaran nyanyi berkelompok dengan dipandu dirigen doang, Kawan Muda. Jauh daripada itu, berbagai hal lainnya bisa kamu lihat di film dokumenter ‘Indonesia Kirana’.

‘Indonesia Kirana’ merupakan sebuah film dokumenter yang nampilin kayak gimana perjuangan Generasi Muda Indonesia dalam ngenalin budaya dan ngeharumin nama bangsa di kancah internasional. Film dokumenter itu secara khusus ngupas tentang realita kehidupan sebuah tim paduan suara dan jadi film dokumenter pertama yang ngangkat kisah paduan suara di Tanah Air.

Baru-baru ini, Embara Films bekerja sama dengan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) dan Pontpict udah ngegelar penayangan perdana ‘Indonesia Kirana’ nih, Kawan Muda. Berlangsung di XXI Ciwalk, Jumat (22/4), acara penayanan perdana film dokumenter tersebut udah berhasil narik perhatian sejumlah masyarakat Bandung.

Saking antusiasnya penonton di Bandung, tiket yang dijual langsung ludes cuma dalam hitungan tiga hari. Film yang nyeritain tentang persiapan dan perjalanan PSM Unpad saat ikutan kompetisi paduan suara 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Maribor, Slovenia dan Konser Kebudayaan di Hungaria itu pun sukses bikin para penonton tersentuh sekaligus termotivasi.

FYI, tim ‘Indonesia Kirana’ PSM Unpad merupakan satu-satunya wakil Asia dalam kompetisi 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015, yang merupakan kompetisi paduan suara tertinggi di dunia. Paduan suara yang jadi saingan mereka antara lain East Carolina University Singer (Amerika Serikat), Maska Youth Choir (Latvia), dan New Dublin Voices (Irlandia).

Sebaliknya, Konser Kebudayaan di Hungaria, yang berlangsung di Gedung Bartakovics Béla Közösségi Ház, Eger dan di Cultural House, Miskolc, diselenggarain bukan cuma buat nunjukin kekayaan budaya Indonesia. Konser Kebudayaan tersebut juga digelar dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Hungaria.

Nah, pada pemutaran perdana ‘Indonesia Kirana’ di Bandung, ternyata masih ada pula masyarakat yang belum kebagian tiket loh, Kawan Muda. Oleh karena itu, mereka yang udah masuk waiting list bakal berkesempatan buat nyaksiin pemutaran gelombang kedua film berdurasi sekitar 86 menit tersebut pada bulan Mei mendatang.

Sementara itu, buat kamu yang berada di Jakarta dan penasaran pengen nonton ‘Indonesia Kirana’, film dokumenter tersebut rencananya bakal ditayangin di Epicentrum XXI pada tanggal 6 Mei, dengan pemesanan tiket dimulai dari hari Senin (25/4). Menyusul setelahnya, giliran kamu yang berada di Surabaya dan Yogyakarta yang bakal dapat kesempatan buat nonton.

So, jangan lupa tandain kalender kamu ya, Kawan Muda. Kalau kamu engga mau kehabisan tiket, mending besok pas bangun tidur kamu langsung buru-buru mesen ke Zahrina (085793050934). Selamat nonton dan jadilah bagian dari sejarah perkembangan paduan suara di Indonesia! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer