Jum'at, 13 Desember 2019

Genmuda – Selesai sudah Ujian Nasional (UN) yang membebani mental dan fisik selama beberapa bulan terakhir. Tinggal harap-harap cemas menunggu hasilnya nanti sambil ngumpulin info lebih lanjut soal UN Paket-C. Becanda, gaes. Kamu pasti bisa lulus dengan ijazah setara SMA, kok.

Buat yang setelah ini masih mau menempuh pendidikan di bangku kuliah, perjalanan akademik kamu masih panjang dan terjal. Sebagai “miniatur dunia orang dewasa,” kampus secara engga langsung juga menguji kemampuan survival tiap mahasiswanya. Sayangnya, ilmu yang jadi faktor kesuksesan itu engga diajarin waktu SMA.

Ilmunya harus kamu pelajari sendiri, entah itu berdasarkan pengalaman pahit yang menimpa atau mungkin juga setelah jatuh-bangun. Supaya kamu bisa jadi mahasiswa modern yang survive, perhatiin ilmu-ilmu di bawah ini.

1. Paham seluk beluk (minimal satu) anti virus

via Istimewa
Macam-macam antivirus yang ada di luar sana. (Sumber: Istimewa)

Musuh mahasiswa yang paling besar adalah virus yang tersebar dari satu komputer ke komputer lain akibat asal colok flashdisk. Coba deh pahami betul cara memakai anti virus supaya semua perangkat terbebas dari aneka malware dan virus. Ada loh kasus mahasiswa dapet nilai jelek karena gagal ngumpulin tugas. Data tugasnya rusak akibat virus.

2. Punya akun back-up file

Kamu juga harus siap mem-back-up file-file penting ke dunia maya. Kenapa engga di hard disk eksternal? Karena filenya masih bisa rusak ataupun hilang saat tempat penyimpanannya hilang juga. Mendingan disimpen di cloud macam Google Drive, Drop Box, atau semacamnya kan?

3. Bisa ngapa-ngapain sendiri

via popkey.co

Mulai dari belanja buku kuliah, alat tulis, atau kebutuhan sehari-hari, mahasiswa harus siap ngapa-ngapain sendiri. Kadang, temen satu kosan pun engga bisa nemenin karena doi ada jam kuliah atau kegiatan lain. Santai aja.

4. Paham caranya nabung

Setelah melepas seragam, kamu kehilangan hak-hak prioritas yang biasa dinikmati anak sekolah. Ongkos angkutan umum akan mengikuti tarif orang dewasa. “Student bonus” di berbagai tempat nongkrong juga engga bisa dinikmati lagi. Jadi, pahami betul caranya nabung supaya uang bulanan engga jebol sebelum waktunya.

5. Punya rekening bank

via giphy.com

Mahasiswa juga baiknya udah punya rekening banknya sendiri. Hal itu sangat memudahkan saat hari-hari transfer uang dan dibutuhin sebagai syarat penerimaan beasiswa. Engga mungkin dong penyedia beasiswa ngirimin uangnya dalam bentuk lembaran melalui tukang pos.

6. Punya banyak koleksi baju rapi dan santai

Baju rapi sangat dibutuhin saat presentasi atau ketika menghadapi dosen kiler. Suka atau engga, penampilan kece bikin penilaian dosen makin bagus. Nah, baju santainya berguna banget saat di kosan atau ketika mata kuliah yang dosennya asik. Kenapa harus banyak? Supaya punya stok selama seminggu penuh meski tempat laundry lagi penuh atau hujan terus turun.

7. Bisa menyelesaikan masalah lewat omongan

via giphy.com

Saat memilih ngekos, mental kamu juga harus siap untuk menyelesaikan masalah dalam pertemanan secara terbuka. Supaya, kamu engga perlu diem-dieman sama temen satu kosan saat lagi ada masalah.

8. Siap terlibat organisasi

Suka atau engga, anak kuliah selalu dituntut aktif berorganisasi, entah itu di jurusan, fakultas, universitas, atau malah di lingkungan tempat tinggal. Malah, ada loh kampus yang sampai menganjurkan anak-anak baru untuk terlibat aktif dalam organisasi.

9. Ngerti caranya bergaul sama orang lebih tua

via giphy.com

Untuk apa bergaul sama orang lebih tua? Banyak. Misalnya aja supaya akrab sama dosen untuk memperlancar kuliah atau mungkin juga diangkat jadi asisten dosen. Akrab sama satpam kampus supaya gampang perizinan bikin kegiatan malam-malam. Lebih penting, akrab sama orang kantin supaya bisa diizinkan ngutang atau malah dikasih diskon.

10. Bisa atur diri sendiri

Mana ada dosen rajin ngingtin mahasiswanya buat belajar atau ngerjain tugas. Bahkan ada juga yang bodo amat mahasiswanya mau perhatikan materi kuliahnya atau engga. Kalo kamu ngumpulin semua tugas dengan baik, ya nilainya bagus. Kalo engga, ya selamat mengulang mata kuliah. Makanya, Kamu harus pinter mengatur diri sendiri. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.