Minggu, 26 Juni 2022

Genmuda – Makanan yang enak dan minuman yang lezat adalah salah satu nikmat dunia yang engga boleh kita dustakan. Makanya, mix n match di bidang kuliner sering banget dilakuin buat nemuin rasa yang bikin kita merem melek saking enaknya. Contohnya makanan dan minuman-minuman ini!

Sayangnya, ternyata mencampurkan beberapa jenis makanan dan minuman sekaligus tuh engga selalu baik, Kawan Muda. Walaupun rasanya mungkin enak bingits, tapi combo keduanya juga bisa bikin kamu ngerasa kembung, membuat kadar gula darah melonjak, sampe meredam penyerapan nutrisi-nutrisi penting.

Sayangnya (lagi), justru beberapa makanan dan minuman yang sebenernya engga baik buat dikonsumsi barengan ini, adalah yang paling sering kita makan dan minum sehari-hari! Engga percaya? Jangan shock ngelihat list dari Huffington Post di bawah ini ya guys!

  1. Teh + susu
(Sumber: showmedental.com)

Teh hitam kaya akan antioksidan yang bekerja untuk mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Tapi, tambahan susu (walaupun cuma sedikit aja) ke dalam cangkir teh kamu justru bikin kinerja teh tadi jadi engga maksimal. Soalnya, protein yang ada di dalam susu bisa mengikat antioksidan teh dan mencegah mereka bisa diserap oleh tubuh kita.

Bukan cuma itu loh. Terlebih lagi, susu bahkan engga bisa ningkatin kalsium kalau digabungin sama teh, gara-gara kafein yang ada di dalam teh tadi. Jadi, sebenernya teh dan susu ini engga bisa akur guys!

  1. Roti tawar + selai
(Sumber: gatherforbread.com)

Siapa yang suka menyantap roti tawar dan selai dengan beragam rasa buat sarapan? Berita ini pasti bikin kamu kaget. Soalnya, kalau kita mengkonsumsi roti tawar ditambah selai, ternyata kita bisa ngalamin perlonjakan gula darah yang tinggi banget. Gula darah kita bakalan naik dengan cepat, dan tubuh harus bekerja sangat keras untuk menurunkannya dengan melepaskan insulin dari pankreas. Trus apa efeknya? Ternyata, setelah gula darah kita berhasil turun, energi dan suasana hati kita juga jadi keganggu, dan bisa bikin kita cepet capek dan ngerasa emosi.

Dalam jangka panjangnya, proses ini akhirnya bisa bikin pankreas kita engga maksimal dan menciptakan resistensi insulin dan diabetes. Trus harus gimana dong? Cara gampangnya, coba ganti roti tawar kamu yang tinggi karbohidrat alami dengan karbohidrat olahan yang kaya serat.

  1. Salad + saus dressing bebas lemak
(Sumber: tsgcookin.com)

Buat kamu-kamu yang lagi diet, biasanya kamu sering mengkonsumsi salad dengan dressing atau saus yang bebas lemak. Tapi ternyata kalau kita menghindari lemak saat mengkonsumsi salad, justru sama aja kita menghambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

Bahkan, sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa karotenoid – pigmen tanaman yang terkait dengan penurunan risiko kanker, penyakit jantung, dan degenerasi makula- lebih mudah diserap ketika dipasangkan dengan saus penuh lemak sebagai lawan dari lendah rendah atau varietas bebas lemak.

  1. Makanan siap saji + cola
(paradisi.de)

Sering banget kan, kita makan fast food dan minum cola atau soda sebagai teman setianya? Kayaknya hampir semua menu-menu yang ada di restoran fast food pasti nyediain cola deh. Padahal, keduanya kalau dikonsumsi barengan bisa bikin makin bahaya loh Kawan Muda! Soalnya, fast food menganduk banyak banget lemak yang bikin pencernaan kita lambat memprosesnya, dan dengan ditambah soda dari cola, kamu bakalan lebih gampang ngerasa kembung dan mual. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥