Sabtu, 28 November 2020

Genmuda – Ada yang berbeda dari tampilan Google Doodles hari Kamis (23/2). Yup, digambarkan kalo planet Bumi sedang menggunakan teleskop dan tiba-tiba menemukan tujuh planet baru yang mirip dengannya. Jadi umat manusia bisa pindah gitu?

Oke, sebelum berspekulasi lebih jauh sekarang Genmuda.com mau jelasin dulu awal mula kejadian imiah itu terjadi. Kamis (23/2) NASA (lembaga antariksa Amerika Serikat) melakukan konfrensi pers di Washington, DC, dan disiarkan secara langsung di Facebook.

NASA memberikan informasi kepada seluruh umat manusia kalo mereka baru menemukan tujuh planet baru seukuran Bumi, dimana hanya tiga di antaranya layak untuk dihuni oleh manusia, karena permukaannya berbatu dan sehunya tidak terlalu panas atau pun dingin.

Temuan planet baru ini diberinama “Exoplanet” alias planet-planet yang berada di luar tata surya. Lebih lanjut NASA menjelaskan bahwa letak lingkarang exoplanet Trappist-1 (bintang tunggal) berada 40 tahun cahaya atau sekitar 378 triliun kilometer dari Bumi sehingga relatif lebih dekat dibandingkan bintang-bintang lain dalam galaksi Bima Sakti.

Penemuan ini pun menjadi rekor baru untuk kategori jumlah temuan planet yang layak huni di luar sistem tata surya selama ini.

“Penemuan ini memberi kita petunjuk bahwa menemukan Bumi kedua bukan lagi soal ‘jika’, tetapi kapan,” kata Thomas Zurbuchen, perwakilan dari the Science Mission Directorate di markas NASA.

Informasi ini pun sekaligus menjawab pernyataan Apakah manusia sendirian di alam semesta?. Zurbuchen memaparkan jika penemuan ini adalah tujuan dari sains untuk menemukan begitu banyak planet seperti “Exoplanet” di zona layak huni. 

“Ini merupakan langkah luar biasa maju untuk menuju tujuan itu,” tambah Zurbuchen. Masih ada satu planet baru yang sedang diteliti oleh para ilmuan NASA dan mereka belum bisa mengonfirmasi apakah terdapat air di planet tersebut.

Kalo kamu mau tau lebih lengkap soal fakta ilmiah tersebut, langsung aja simak video lengkapnya di bawah ini:

Share and Enjoy !

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.