Selasa, 25 Januari 2022

Genmuda – Emang cuma cewek yang ngerti gimana rasa sakitnya PMS. Buat cowok-cowok, mereka cuma ngerti kalo cewek lagi PMS engga boleh diganggu gugat dan harus serba dingertiin. Hih, dasar engga pengertian!

Bagi sebagian cewek, masa PMS (Pre Menstrual Syndrome) bisa mereka lalui dengan lancar dan biasa-biasa aja, tapi buat cewek-cewek lainnya, ada yang ngerasain kayak ketiban duren pas lagi PMS. Bukan, maksudnya bukan kejatuhan rejeki nomplok, tapi beneran kayak tetiban duren beneran, SAKIT BOK!

Masa-masa PMS ini emang mau engga mau harus kita laluin setiap bulannya. Walaupun berdarah-darah (literally), perut sakit, kram di seluruh tubuh, nafsu makan meningkat, jerawat bermunculan, gampang emosi dan sensitif, mood berubah-berubah, gak konsen kerja, dan masih banyak lagi kesusahan yang kita alamin, cowok tetep aja engga pernah ngerti. Mereka tetep nganggep kita kayak singa yang lagi kelaperan alias nakutin.

Padahal kan, kita-kita yang lagi PMS emang sakit beneran dan cuma pengen diperhatiin. Yah udahlah girls, daripada ngarepin cowok kamu bisa ngerti gimana rasanya PMS, mendingan kita cari tau aja gimana sih cara-cara yang ternyata secara ajaib bsia bikin PMS kita jadi berkurang loh nyakitinnya. Yuk cekidot!

 

  1. Minum teh hijau

Green tea atau teh hijau yang diseduh hangat, selain baik buat kesehatan juga punya efek rileks. Nah dengan minum teh hijau, perasaan kita yang tadinya udah kayak roller coaster, bisa jadi sedikit tenang. Perut kita juga jadi hangat, dan bisa bikin mood jadi lebih baik.

  1. Massage atau dipijat

Seringkali pas lagi PMS, badan kita berasa kaku dan pegel-pegel semua. Buat menguranginya, kamu juga bisa massage atau pijat girls. Memijat bagian perut bisa membantu mengendurkan otot-otot kita dan ngurangin rasa sakit.

Kamu bisa ngelakuinnya sendiri, minta bantuan mbak-mbak tukang pijat atau pergi ke salon. Kalo mau massage sendiri, lakuin gerakan pijat yang lembut denagn melingkar di sekitar perut ya, biar bisa ngurangin rasa sakit dan bikin kita jadi rileks.

  1. Berbaring dengan posisi meringkuk

Posisi meringkuk kayak bayi ini emang sering banget kita lakuin tanpa sadar pas lagi sakit perut PMS. Menekukkan kaki sampe ke perut bisa membantu mengendurkan otot-otot loh, dan bikin kita jadi nyaman serta santai.

Lebih bagus lagi kalo kamu berbaring dengan posisi meringkuk sambil pake bantal pemanas Kawan Muda, duh rasanya surga.

  1. Manjain diri dengan aromaterapi

Mandi di bathtub dengan minyak aromaterapi atau tiduran di kamar pake lilin aromaterapi, pokoknya semua-semua yang berbau aromaterapi bisa ngebantu ngurangin rasa sakit pas PMS deh. Walaupun efeknya gak secara langsung, tapi aromaterapi bisa bikin kita tenang dan merasa nyaman, dan ini ngebantu banget loh buat sakit tersebut jadi berkurang.

  1. Hindari minum kopi

Kalo kamu termasuk orang yang rentan banget sama kram pas PMS, beneran harus hindari banget deh yang namanya kopi dan kafein. Batasi juga minuman soda, minuman energi, dan makan cokelat yang mengandung kafein. Soalnya, kafein adalah bahan diuretik yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan justru bikin kita makin ngerasa sakit pas PMS.

  1. Banyak bergerak dan tetap menyibukkan diri

Buat sebagian orang, PMS emang waktunya buat diem aja. Tapi kalo kamu diem aja, yang ada rasa sakitnya malah justru makin berasa loh. Mendingan banyak bergerak dan tetap menyibukkan diri, biar rasa sakitnya jadi terlupakan. Tapi jangan juga ngelakuin aktivitas yang terlalu berat ya, misalnya angkat beban 40 kilo. Entar yang ada kamu malah pingsan.

  1. Belanja

Apa lagi obat mujarab buat cewek-cewek, kalo bukan belanja alias shopping? Daripada nangis-nangis kesakitan sendiri di kamar, mendingan keluar dan jalan-jalan di mall. Pasti langsung bahagia deh, apalagi kalo gak perlu ngeliatin harga barang yang mau dibeli, dan tinggal pilih ini itu. Beuh, bahagianya dobel! Ayo makanya, cepetan jadi cewek sukses biar bisa belanja sesuka hati.

  1. Marahin pacar

Ini nih, korban yang paling empuk dan enak buat jadi pelampiasan pas PMS: pacar. Kalo pacar kamu adalah mahluk yang super sabar dan pengertian, marahin aja dikit, apapun alesannya. Dijamin kamu bakalan jadi lega dan moodnya membaik, asal doi engga malah minta putus aja. Hi-hi. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥