Rabu, 19 Juni 2019

Genmuda – Cara orang buat dagang kayaknya memang selalu ada aja ya, Kawan Muda. Mereka awalnya doang berusaha buat nawarin sesuatu, tapi ujung-ujungnya mah sebenarnya jualan yang lain.

Kalau kamu masih ingat, di 9 hari terakhir di 2015 yang lalu para netizen di dunia maya sempat dihebohin sama yang namanya #2015bestnine. Engga tanggung-tanggung, sekitar 15 juta pengguna Instagram udah ikutan ngegunain tagar dari situs 2015bestnine.com tersebut, termasuk Kylie Jenner.

Well, kamu mungkin berpikir kalau tagar maupun situs viral itu cuma sekedar proyek sekali jalan yang engga bakal ada kelanjutannya. Hingga akhirnya, sebuah email mendadak muncul dan nyaranin orang-orang buat ikutan pra-registrasi sebuah layanan perjodohan misterius yang bakal segera diriis.

(Sumber: BuzzFeed News)

Yang lebih menariknya lagi, sekitar 130 ribu orang ternyata udah ikut ngedaftar gara-gara kena ‘jebakan Batman’ tersebut. Mereka pun sekarang jadi anggota perdana dari Nine, sebuah “aplikasi kencan yang ngejodohin orang-orang lewat kolase foto di Instagram”. See?

FYI, aplikasi Nine beserta tagar dan situsnya merupakan hasil gagasan Yusuke Matsumura and Mai Sekiguchi, pendiri sebuah perusahaan aplikasi Jepang bernama Lip. Matsumura mulai berinisiatif buat bikin sebuah aplikasi kencan di tahun 2014. Saat itu, beliau lagi ngehadirin Tradecraft, sebuah program pelatihan startup di San Fransisco.

Selama saya tinggal, saya terkejut saat melihat bahwa banyak orang melakukan ‘swipe wajah’ pada sejumlah aplikasi. Saat itu, hal tersebut masih merupakan hal yang cukup langka di Jepang. Saya pun segera mengunduh aplikasi sebanyak mungkin dan mulai melakukan swipe. Awalnya, bisa cocok dengan seseorang merupakan pengalaman yang menarik, namun saya segera tahu bahwa sensasi itu akan mati ketika tidak ada yang mulai berbicara,” jelas Matsumura kepada BuzzFeed News.

Nah, pas kembali ke Jepang, Matsumura, dengan dibantu Sekiguchi, akhirnya mutusin buat ngejadiin Instagram sebagai shortcut ke sebuah aplikasi kencan yang “berfokus pada batin dan kepribadian seseorang”. Keduanya juga mutusin kalau situs 2015bestnine.com merupakan cara terbaik buat nanamin ide aplikasi tersebut ke orang-orang, dengan kolase foto mereka sebagai foto profilnya.

Nine pun baru aja diluncurin di App Store kemarin, Senin (1/2). Meski begitu, aplikasi tersebut sejauh ini udah punya sebuah faktor pembeda mutlak dari kompetitor-kompetitor kayak Tinder dan Match, yaitu 76% dari 130 ribu pendaftar pertama Nine adalah cewek. So, itu jelas bisa kesempatan bagus buat kamu para cowok yang masih jomblo, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer