Kamis, 26 November 2020

Genmuda – Selamat pagi, Kawan Muda! Apa kabar nih? Udah siap buat memulai hari yang baru ini belum? Atau jangan-jangan kamu udah keburu ngalamin bad day gara-gara tadi telat bangun?

Buat banyak orang, bangun tidur memang jadi perjuangan terberat di sepanjang hari. Ibaratnya, engga ada yang lebih susah buat dilakuin selain ngebuka mata dan beranjak dari tempat tidur tepat di saat alarm udah mulai bunyi. Pokoknya otak sama badan engga sinkron banget deh tiap pagi.

Tapi, sebenarnya kenapa sih banyak di antara kita susah banget buat bangun di pagi hari? Well, kabar baiknya adalah hal tersebut masih bisa diatasi, Kawan Muda. Meski begitu, buat kamu yang penasaran kenapa kamu orangnya terbilang ‘kebo’ banget, berikut ini adalah 5 alasan di antaranya:

1. Waktu tidur

Hayo, semalam kamu tidur jam berapa, Kawan Muda? Waktu saat kamu ngerasa ngantuk atau terjaga itu sebenarnya diatur sama ritme sirkadian yang diciptain otak. Menurut National Sleep Foundation US, orang dewasa alaminya mulai masuk ke keadaan siaga pada jam 2 sampai 4 pagi dan 1 sampai 3 siang. Kalau ritme itu terganggu dengan telat tidur atau telat bangun, otomatis waktu saat kamu ngerasa paling ngantuk atau terjaga bakal ikut bergeser.

2. Penggunaan smartphone

Buat kesekian kalinya Genmuda.com ingetin, main smartphone sebelum tidur itu bisa ngeganggu tidur kamu. Cahaya biru yang dipancarin smartphone maupun gadget kamu yang lainnya bakal ngeganggu produksi melatonin alias zat kimia pada otak yang ngebantu kamu buat tertidur. Bahkan, hal ini bisa berkontribusi pada jet lag sosial dari pola tidur kamu pas weekend dengan ngacauin jam tubuh kamu lebih lanjut lagi.

3. Tombol snooze

Kalau yang satu ini mah engga perlu ditanya lagi, pasti sebagian besar dari kamu udah pernah ngelakuin. JSYK, ASAP Science udah pernah ngejelasin kalau otak kamu bakal kembali masuk ke dalam siklus tidur saat kamu nutup mata lagi. Dengan kata lain, saat alarm kamu mati lagi, kamu justru kembali ke tahap tidur yang lebih dalam, sehingga kamu ngerasa lebih lelah dan ngantuk dari sebelumnya. Kalau kamu terus-terusan mencet snooze, yang ada tubuh pun kamu malah bingung kapan harus bangun atau tidur.

4. Pola tidur di weekend

Kayak yang udah disinggung di poin kedua dan pernah Genmuda.com bahas sebelumnya, balas dendam tidur di weekend itu engga baik, Kawan Muda. Walau godaannya begitu besar, hal ini malah bakal bikin kamu ngalamin jet lag sosial, soalnya tubuh kamu udah terbiasa sama jadwal tidur yang berbeda. Oleh karena itu, mau lagi weekdays atau weekend atau bahkan long weekend kayak minggu ini, usahain buat tetap tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

5. Faktor gen

Bagi sebagian orang, sulit bangun di pagi hari bisa jadi udah tertanam dalam DNA mereka. Yang lebih parahnya lagi, gen yang sama ternyata berhubungan pula dengan masalah berat badan. Artinya, kamu yang langsung bangun saat alarm kamu mati bakal cenderung lebih kurus dari pada mereka yang milih buat tetap tidur. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer