Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Seni jadi bagian kebudayaan yang makin banyak peminatnya. Kemampuan seni banyak diterapin secara praktis dalam sebuah desain interior, grafis, typography, atau bahkan diwujudkan lewat sebuah pameran.

Peminatnya makin lama keliatan makin merambah usia muda. Bahkan ada beberapa komunitas anak muda yang sukses ngegelar pameran dengan biaya sendiri melalui sumber daya anggotanya.

Nah, kalo kamu ngerasa bosen dengan variasi pameran dan karya seni yang itu-itu aja, pengen cari inspirasi baru, atau sekedar penasaran sama keahlian seniman asing, yuk cek aja situs-situs di bawah ini:

ArtSlant

via artslant
(Sumber: artslant)

Situs ini sukses banget gabungin seni, media, dan komunitas. Didiriiin tahun 2007 oleh Georgia Fee, ArtSlant jadi rujukan seniman-seniman muda terutama mereka yang tertarik bikin karya seni dengan tema sosial, etnisitas, identitas, ekonomi, dan politik. Selain nyediain berita menarik soal pameran dan inovasi seni, situs ini juga ngundang seniman baru buat ikut pamerannya.

Kira-kira ada 20 ribuan seniman amatir dan profesional yang bergabung di situs unik itu. Bahkan para penulis juga diberikan ruang berkarya di situs tersebut. Kini, ArtSlant udah punya basis di Chicago, Los Angeles, Miami, New York, San Francisco, Santa Fe, Amsterdam, Berlin, Brussel, bahkan Tiongkok dan India.

The Talent Bank

via The Talent Bank
(Sumber: The Talent Bank)

Kalo pengen nikmatin seni secara umum, buka aja situs The Talent Bank. Selain seni lukis, situs ini juga jadi ruang musisi, stand up komedian, anak film, fotografer, dan basically semua jenis seni buat mamerin karya mereka lewat gambar, video, tulisan, atau suara.

Semua orang bisa daftar gratis di situs ini. Setelah jadi anggota, baru deh bisa upload karya kamu, nerima feedback, atau juga ngasih feedback ke karya orang lain. Konsepnya persis banget sama cara kerja komunitas seni, namun bedanya ini online.

Etsy

via Etsy
(Sumber: Etsy)

Anak desain yang serius pengen nyari duit lewat desainnya kemungkinan besar udah tau soal Etsy. Situs ini merupakan platform yang ngubungin penikmat seni yang pengen belanja dengan seniman atau desainer lewat perantara.

Singkatnya, Etsy adalah toko onlinenya barang-barang seni yang lucu-lucu. Biasanya sih produk macam kalung, gelang, baju, mainan, sofa, bahkan sprei yang dijual-beli di situs ini. Tentu aja semua desain produknya dibuat khusus sama desainer yang terdaftar di situs tersebut.

ArtSpace

via artspace
(Sumber: artspace)

Seperti namanya, ArtSpace nyediain ruang pameran buat seniman-seniman secara online. Bukan cuma itu, karya seni yang dipajang di situs juga bisa dijual-beli loh. Sejumlah seniman seperti Damien Hirst (seniman instalasi) dan Barbara Kruger (conceptual artist) pun menggunakan situs ini buat masarin karya seni mereka.

Artspan

via artspan
(Sumber: Artspan)

Artspan merupakan salah satu situs yang ngasih ruang cukup luas dan bebas buat berkarya. Seniman yang bergabung di situs itu bisa punya halaman situs sendiri yang bisa diperlakukan layaknya galeri. Tentu aja karya-karya yang ada di situ bisa dijual. Karya seni yang ditampilin di situs ini sih umumnya lukisan atau foto kontemporer. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.