Selasa, 9 Agustus 2022

Genmuda – Long weekend udah berakhir nih, Kawan Muda. Sialnya, di saat kita lagi berusaha ngumpulin niat buat kembali ke kenyataan dan fokus lagi sama kegiatan sehari-hari, engga jarang perasaan ngantuk malah mendadak datang menyerang.

Lagi sibuk nugas di sekolah atau kampus maupun kerja di kantor, eh tiba-tiba kamu mulai nguap. Awalnya sih cuma pengen nyender atau ngerebahin kepala sebentar, tapi ujung-ujungnya malah tidur juga. Yang lebih parahnya lagi, saking ngantuknya kamu mungkin sampai ngeces atau ngorok segala.

Lantas, kenapa sih kita suka ngerasa ngantuk di siang hari? Apa semata-mata gara-gara malamnya abis begadang atau di hari kemarinnya abis kecapean dan tadi pagi bangunnya kecepetan? Well, biar kamu engga terus-terusan ngalamin hal tersebut, berikut ini adalah 5 dari sekian banyak penyebabnya:

1. Engga tidur di waktu yang tepat

Gangguan apapun terhadap pola tidur dan ritme sirkadian alami bisa berakibat buruk bagi kamu loh, Kawan Muda. Sains bahkan udah nemuin bukti bahwa gen kamu bisa nentuin apakah kamu termasuk evening people atau morning people. Kalau kamu termasuk golongan evening people dan nyoba (atau bahkan maksain) buat bangun pagi, maka kamu engga usah heran lagi kalau kamu bakal ngerasa ngantuk atau lelah di siang harinya.

2. Siang hari

Engga makan gila-gilaan tapi tetap ngantuk pas abis makan siang? Hal tersebut lagi-lagi ada hubungannya dengan ritme sirkadian tubuh kamu. Orang-orang biasanya ngalamin penurunan kinerja mental sekitar pukul 14.00 sampai 16.00. Oleh karena itu, kamu pun biasanya pasti bakal ngerasa ngantuk atau kurang waspada di jam-jam segitu.

3. Di dalam ruangan sepanjang hari

Kalau kamu terus-terusan berada di dalam ruangan dan cuma ngabisin waktu buat natap layar doang, tubuh kamu otomatis engga bakal terpicu buat ngerasa bersemangat. Di samping aktif berkegiatan, cahaya matahari adalah cara terbaik buat ngasih tahu tubuh kamu kalau ini udah saatnya buat bangun. Lumayan loh, itung-itung kamu nyerap lebih banyak vitamin D biar kamu bisa ngerasa lebih siap-siaga.

4. Yakin kalau kamu ngantuk, padahal engga

Pikiran manusia memang punya kekuatan yang sangat luar biasa. Saking luar biasanya, kamu bahkan bisa bisa nipu diri kamu sendiri buat berpikir kalau kamu jauh lebih ngantuk dari keadaan kamu yang sesungguhnya. Hal itu pun bisa terjadi kalau kamu ngegunain gimana perasaan kamu waktu bangun tidur sebagai indikator seberapa ngantuk kamu. Padahal, kalau di pukul 11.00 kamu udah ngerasa ngantuk, itu justru baru bisa dianggap sebagai masalah.

5. Ada yang salah pada kamu, baik secara fisik maupun mental

Kalau kamu udah tidur sekitar 8 jam tapi kamu masih ngerasa ngantuk di siang hari, bisa jadi kamu punya masalah kesehatan. Biasanya, masalah kesehatan itu bisa berupa anemia, diabetes, intoleransi makanan, atau sleep apnea. Selain itu, kalau kamu bermasalah dengan kecemasan, insomnia bakal jadi bagian dari kondisi kamu tersebut.

Intinya, kalau kamu mulai ngerasa ngantuk yang engga wajar, mungkin penyebabnya adalah hal medis dan ada baiknya kamu periksain ke dokter, Kawan Muda. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer