Sabtu, 28 November 2020
Kekinian

Spanyol Bantai Korsel 6-1 di Laga Persahabatan Jelang Euro 2016

spanyol menang lawan korsel 2David Silva (tengah) setelah ngejebolin gawang Korsel di sekitar menit ke30. (Sumber: Sky Sport)

Genmuda – Spanyol bantai Korea Selatan 6 – 1 dalam laga persahabatan jelang Euro 2016 di Red Bull Arena, Salzburg, Austria, Rabu (1/6). Padahal, tim matador tampil tanpa kehadiran pemain Real Madrid dan Atletico Madrid yang baru beristirahat pasca final Liga Champions.

Iker Casillas kembali diturunkan menjaga gawang. Di posisi bertahan, ada Marc Bartra, Gerard Pique, Cezar Azpilicueta, serta Hector Bellerin. Sementara di lini tengah ada Bruno Soriano, Cesc Fabregas, juga Andres Iniesta. Kemudian Nolito, David Silva, dan Alvaro Morata tetap menjadi trio tim matador di depan.

Sesuai dengan warna seragamnya yang merah menyala, Spanyol tampil agresif ketika itu. Mereka mampu menguasai lapangan dengan kombinasi operan pendek dan umpan bola yang oke. Karena itu, mereka terjebak offside sampai 6 kali. ESPN pun mencatat Spanyol mampu menguasai 57% perguliran bola di lapangan. Selain itu, membuat 9 kesempatan emas buat jebolin gawang Korea Selatan.

Gol David Silva Membakar Semangat

spanyol menang lawan korsel
Cesc Fabregas si nomer 10 sedang mencetak angka kedua buat Spanyol. (Sumber: Sky Sport)

Gol pertama Spanyol dicetak dari tendangan bebas David Silva dari jarak sekitar 27 meter setelah pertandingan berlangsung setengah jam. Bola tendangannya mampu meliuk melewati kepala pemain Korsel, bahkan halauan kiper Kosel Kim Jin Hyeon yang sudah meloncat.

Tiga menit kemudian, Fabregas mengoyak gawang Korsel yang tanpa penjagaan setelah Jin Hyeon gagal menyelamatkan bola dari Alvaro Morata. Nolito kemudian menutup keunggulan Spanyol menjadi 3-0 di babak pertama. Doi berhasil menyelesaikan umpan terobosan Azpilicueta dengan tendangan datarnya.

Baru lima menit berjalan di babak kedua, Spanyol sudah dapat tendangan pojok yang diambil Thiago Alcantara dan diselesaikan Morata dengan baik lewat sundulannya. Tiga menit setelah itu, Nolito kembali memporak-porandakan gawang Korsel.

Menjelang menit 83, Se-Jong Ju bisa mengecilkan ketertinggalan setelah doi mencetak gol dari luar kotak penalti. Tapi, Morata malah memperlebar keunggulan Spanyol karena doi ngejebol gawan Korsel buat kedua kalinya di menit 90.

Seberapa Besar Kans Spanyol Menangin Piala Euro 2016?

spanyol menang lawan korsel 3
Tendangan datar Alvaro Morata yang ini engga bisa dihalau sama kiper Jin Hyeon. (Sumber: Sky Sport)

Dari data pertandingan Spanyol yang dicatat Sky Sport, kemenangannya kali ini adalah kemenangan terbesar setelah doi menggilas Tahiti 10-0 pada 2013 lalu. Tanggal 7 Juni nanti, tim matador masih perlu menghadapi negara Georgia.

Berdasarkan data yang direkam BBC, Spanyol udah menang 9 pertandingan persiapan Piala Euro 2016 sejak Juni tahun lalu. Bahkan Inggris pun ketika itu perlu mengakui keunggulan Spanyol dan menerima kekalahan 2-0. Hanya Italia dan Romania yang mampu menahan Spanyol seri selama pertandingan persahabatan.

Media Inggris, The Telegraph menilai Spanyol ada di posisi ketiga setelah Jerman dan Perancis. Menurut Telegraph, “Dengan Alvaro Morata dan Aritz Aduriz, Spanyol kembali memiliki daya serang yang mumpuni.”

Tapi, Media Euro Sport cenderung sinis kepada kekuatan Spanyol saat ini. Terutama, karena tim itu gagal memenangkan pertandingan melawan Romania yang sama sekali bukan favorit. Bagaimana menurut Kawan Muda, bisakah Spanyol kembali memenangkan Piala Euro 2016? Kasih komentar di bawah ya! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.