Jum'at, 27 November 2020

Genmuda – Penggemar konsol PlayStation 4 sebaiknya nabung-nabung dari sekarang, pasalnya Sony bakal luncurin PlayStation Virtual Reality (PSVR) 13 Oktober 2017. Gadget teranyar itu didesain eksklusif buat PS4 dan dihargai sekitar 399 dolar AS atau sekitar 5 juta rupiah.

Biarpun harganya jauh lebih terjangkau dari pesaingnya Oculust Rift dan HTC Vive, PSVR hanya bisa berfungsi bila dimainkan dengan PS4 camera yang merekam dan melacak gerakan tubuh penggunanya. Sayangnya, PS4 camera masih dijual terpisah.

Akan tetapi Sony bilang bakal bikin paket PSVR+PS4 camera dengan harga kisaran 500 dolar AS, atau sekitar 6,5 juta rupiah. Lagi-lagi, kamu butuh merogoh kocek tambahan buat ngebeli PS4 Move Controller yang bisa menyimulasikan gerak tangan ke dalam game.

Biarpun controller PS 4 biasa bisa dibuat nge-game di PSVR, sebagian game PSVR cuma bisa dimainin pakai Move Controller. Dengan kombinasi PSVR, Move Controller, dan PS4 Camera, tiap gerakan yang dibuat bakal mempengaruhi gerakan karakter di dalam game.

Controller khusus

(Sumber: roadtovr.com)

Sony berjanji bakal merilis 50 game buat PSVR. Sejauh ini, Star Wars Battlefront, game Eve Valkyrie, dan Job Simulator 2050 merupakan tiga judul game yang udah diumumkan. PSVR Move Controller bakal sangat berguna buat game macam Job Simulator 2050, terutama untuk berinteraksi dengan semua objek dalam game menggunakan tangan sendiri.

Sementara itu, PS4 camera dan PSVR diperluin supaya sudut pandang kamera di dalam game bisa mengarah sesuai arah pandang wajah. Bahkan ketika penggunanya berputar 360 derajat pun, sudut pandang kamera di dalam game akan mengikuti.

Tampilan lumayan

(Sumber: inigame.id)

Layar PSVR selebar 5,7 inchi dengan resolusi layar OLED 1080 pixel mampu menghasilkan sudut pandang selebar 100 derajat, kira-kira sama seperti sudut pandang yang sebenarnya. Meski fungsinya sama seperti VR high-end lain macam Oculus Rift dan HTC Vive, grafik PSVR engga sebagus keduanya menurut CNet.com.

Scott Stein dan Sean Hollister wartawan CNet.com bilang, “Pixel-pixel di tampilannya akan kelihatan. Tapi, pengguna PSVR engga bakal bisa merasakan bedanya dari yang lebih HD. Kadang, video yang engga 3D akan tampak agak buram.”

Material dan desain nyaman

Berpengalaman ngebuat produk elektronik, desain VR buatan Sony ini sangat nyaman digunakan. VR ini memiliki bantalan karet di ujung sisi-sisinya, sehingga bisa menempel dengan nyaman di sekitar mata.

Pengunci yang mirip pengunci helm sepeda di sisi belakang alat ini membuat PSVR bisa dipasang pas dengan kepala. Di bagian depan, layar yang menempel dengan mata bisa dimaju-mundurkan dengan satu tombol. Sehingga, pengguna kaca mata engga bakal risih menggunakan VR ini.

Pengganti monitor

(Sumber: PC Advisor)

PSVR juga bisa dipakai buat main game-game selain 50 judul yang udah disebutkan sebelumnya. Hanya aja, tampilannya bakal 2D biasa. Selain itu, alat ini juga bisa digunakan buat menonton video yang diputar di PS 4. Dengan kata lain, PSVR bisa juga menjadi monitor portable yang menggantikan monitor konvensional.

Menyebarkan VR Gaming

Scott Stein dan Sean Hollister bilang, “PSVR bisa jadi pilihan instan untuk orang yang tidak ingin mahal-mahal beli PC sekadar untuk main game.” Soalnya, Oculus Rift yang digadang-gadang sebagai VR paling baik untuk PC harganya 600 dolar AS, sementara HTC Vive harganya 800 dolar AS.

Belum lagi harga PC yang cocok digunakan untuk VR gaming tergolong tinggi. Bila dikalkulasikan harganya bisa mencapai 30 juta rupiah bahkan lebih. Selain itu, engga semua game PC bisa dimainkan dalam layar VR dengan tampilan 3D.

“40 juta pengguna PS4 di seluruh dunia akhirnya bisa merasakan sensasi Virtual Reality di konsol mereka. Setelah kami coba, layar VR ini kami nilai benar-benar berfungsi selayaknya VR high-end. Kekuatan alat ini terletak di kenyamanan dan koleksi permainannya compatible,” pungkas dua wartawan tersebut.

(Sumber: playfront.de)

Spesifikasi

  • 5.7-inch 1080p OLED display
  • 100-degree field of view
  • 120Hz refresh rate

Controllers

  • DualShock 4 gamepad for many games
  • PlayStation Move wand controllers to simulate hands
  • PlayStation Camera to track everything

(sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.