Selasa, 24 November 2020

Genmuda – Selfie emang udah jadi tren dimana-mana ya. Jalan kemana dikit, pasti ada aja yang foto-foto narsis. Nggak salah sih, asal jangan merugikan orang sekitar atau hal lainnya.

Merugikan gimana tuh Genmuda? Kayak yang baru terjadi belum lama ini nih. Seekor lumba-lumba tergeletak mati dan terdampar di pesisir pantai di Argentina. Bingung kan lumba-lumba kok bisa ada di pesisir pantai? Dan mati? Kuat dugaan, seekor lumba-lumba itu tewas lantaran digunain buat ber-selfie ria, akhirnya postingan tersebut menuai kritik dari pada netizen.

Seorang netizen dengan akun @martudiiaz mengunggah foto tersebut, bukan foto pas selfie-nya, tapi foto saat keadaan lumba-lumba itu ditinggalin gitu aja. Tega ya, manusia. Doi juga menyampaikan rasa simpatinya atas tewasnya spesies yang hampir punah itu.

A photo posted by Maarttina✨?? (@martudiiaz) on


“Manusia ternyata sangat berbahaya bagi hewan. Ini adalah bayi lumba-lumba Fransiscana yang hampir punah,” tulis seorang netizen sebagai caption foto. “Mereka menyeretnya keluar dari air demi berfoto dan menyentuhnya. Mereka seharusnya dihukum karena menyakiti dan membunuh seperti halnya terhadap sesama manusia.”

Lumba-lumba La Plata, atau yang dikenal dengan sebutan Fransiscana, banyak ditemukan di perairan lepas di Amerika Selatan, seperti Argentina, Brasil, dan Uruguay. Populasinya pun terbilang sedikit, sekitar 30.000 ekor yang tersisa di dunia, dan Fransiscana termasuk salah satu hewan yang dilestarikan, menurut Argentina Wildlife Foundation, seperti diberitakan nydailynews (18/2).

Argentina Wildlife Foundation mengutuk keras tindakan yang udah dilakuin masyarakat tersebut, mereka berharap masyarakat bisa lebih menyadari tentang kelestarian mamalia yang lucu itu.

“Fransiscana, sama seperti mamalia yang lain, gak bisa bertahan lama di daratan, La Plata memiliki kulit lemak yang tebal, jika terkena panas di luar air, mereka akan dehidrasi dan mati dalam sekejap,” ujar seorang pihak dari badan pelestarian hewan liar tersebut.

Mereka memohon dengan sangat, kalo masyarakat nemuin lumba-lumba yang terdampar, dibalikin lagi ke habitatnya, perairan. “Jelas penting bahwa orang-orang harus membantu menyelamatkan hewan-hewan ini, karena Fransiscana sudah hampir punah,” tutup mereka.

Tega yah, Kawan Muda. Mungkin di Indonesia sendiri belum ada kasus seperti ini. Tapi, satu hal yang bisa kita petik itu, kalo mau selfie jangan sampe merugikan hal lain. Udah itu aja. Sisanya, mau kamu selfie sambil nungging terserah. Selamat ber-selfie ria!

(sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis