Senin, 23 November 2020
Kekinian

Siapa Bilang GO-JEK Cuma Sekedar Ojek? Nih Kenalin, GO-VIDEO Competition!

Peluncura Go-Video yang diselenggarakan oleh GO-Jek Indonesia, pada hari Kamis malam, (21/1), di Jakarta. (foto: Genmuda.com/2015 Rima)

Genmuda – PT GO-JEK Indonesia yang dikenal dengan Go-Jek engga cuma tentang layanan transportasi ojek aja Kawan Muda! Setelah bikin banyak terobosan unik, Go-Jek kembali menggebrak lewat GO-VIDEO Competition. Apaan sih tuh?

GO-VIDEO Competition, menurut sang CEO GoJek, Nadiem Makarim, adalah ajang buat mengapresiasi generasi kreatif yang selama ini udah banyak banget ngebuat karya-karya keren. Di acara peluncuran GO-VIDEO Competition di Jakarta (21/1), Nadiem bilang “Kami sadar potensi generasi muda sekarang tuh besar banget, salah satunya melalui medium video independen di Indonesia. Ini adalah eranya generasi kreatif, anak muda yang penuh ide dan berani buat mengekspresikannya.”

Kompetisi video yang diselenggarain GoJek ini engga main-main loh Kawan Muda. GoJek sampe menggandeng beberapa juri kenamaan yaitu Joko Anwar, produser dan screen writer; Robin Moran, produser; Mira Lesmana, sutradara dan produser; Keenan Pearce, creative director; Ernanda Putra, fotografer dan graphic designer, dan tentunya Nadiem Makarim sendiri.

GO-VIDEO Competition mengambil tema “Indonesia Pilih Go-Jek”. Hah, kayak gimana tuh contohnya? Justru disitu tantangannya! Kata Nadiem, GoJek pengen men-challenge anak-anak muda kreatif buat berkreasi dan mengembangkan ide dari tema yang udah dikasih. Pokoknya, bebas mau bikin video kayak apa aja, dari mulai animasi sampe video musik, yang penting sesuai sama “Indonesia Pilih Go-Jek.”

GO-VIDEO Competition bakalan dibuka sampe 31 Maret 2016 mendatang, dan ada tiga kategori juara yang bakalan menanti kamu. Yang pertama, penghargaan Best Short Video. Kedua ada Best Director, yang dipilih juri berdasarkan teknik pembuatan video. Dan yang terakhir adalah Best Viewers Choice, yaitu hasil yang tertinggi pilihan para voter dari media massa.

So, apa yang dicari dari GO-VIDEO Competition? Yaitu gimana kamu bercerita dan apa sih yang pengen kamu sampein dari video pendek kamu ini. Selain itu, teknik pembuatan video pastinya juga bakalan dinilai. Udah gitu, GO-VIDEO Competition juga mencari kamu-kamu yang punya kreativitas tinggi dan bisa ngebuat sesuatu yang out of the box dan engga kepikiran sama orang lain sebelumnya.

(Foto: Genmuda.com/2015 Rima)
Keenan Pearce dalam acara peluncuruan GO-Video pada hari Kamis (21/1) (Foto: Genmuda.com/2015 Rima)

Kalo menurut salah satu juri, Keenan Pearce, yang doi cari dari para peserta adalah story telling. “Yang penting sih pastinya story telling ya, apa isi ceritanya dan apa pesen yang pengen lo sampein. Teknik tuh penting, tapi penyampaian cerita lo juga penting.” Hal tersebut juga diamini sama Joko Anwar, yang sekaligus nambahin unsur penting yang dia cari. “Karakter. Kita nyari yang punya karakter kuat dan beda dari yang lain.”

Caranya gimana? Yang pertama sih pastinya kamu harus bikin dulu ya guys. Durasi video ini minimum 2 menit dan maksimal 10 menit, engga usah lebih dari itu. Nah kalo udah, tinggal upload ke youtube channel kamu, dan link nya submit ke situs resminya. Gampang abis kan? (IYA SIH GAMPANG, BIKINNYA LAH YANG SUSAH)

Dan yang paling penting adalah… Dari GO-VIDEO Competition, kamu bisa berkesempatan vuat menangin hadiah yang super banget! Untuk ‘Best Short Video’, GoJek bakalan ngasih kamu Rp 250 juta, untuk ‘Best Director’ ada hadiah sebesar Rp 50 juta, dan buat kategori ‘Best Viewers Choice’ hadiahnya juga sebesar Rp 50 juta. Gimana, udah ijo belum matanya?

Udah engga sabar pengen ikutan? Eits bentar. Terakhir nih, ada beberapa “bocoran” dari para juri buat bisa memikat hati mereka, ceileh. Dari Keenan, doi nyari yang bisa menggugah. Sementara Joko Anwar mencari video yang punya pesan positif dan story tellingnya baik. Buat Nadiem Makarim, yang bikin dia ketawa setengah nangis dan bisa jadi calon penerus Joko Anwar. Robin Moran milih yang punya ikatan emosional sama penonton, dan Ernanda Putra bilang. “Sebagai creator, intinya kita bikin karya kan buat diri kita sendiri. Jadi harus yang valuable, bisa punya impact, dan menginspirasi buat siapapun yang nonton.”

So, siap uji nyali kamu lewat GO-VIDEO Competition? (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥