Selasa, 6 Desember 2022

Genmuda – Razia kendaraan bermotor besar-besaran yang terkenal dengan sebutan Operasi Zebra rencananya diadakan lagi, 16-29 November nanti. Bukan hanya di kawasan DKI Jakarta, tapi di seluruh Indonesia.

Selama kurun waktu itu, yang utamanya diperiksa adalah identitas pengendara, SIM, dan STNK. Ada pelanggaran sedikit, polisi engga segan menilang di tempat. Tapi, bukan berarti diselesaikannya di tempat juga.

Mobil dan motor pribadi jadi prioritas utama. Karena itu, pastiin sabuk pengaman terpasang, nomor kendaraan masih berlaku, dan engga main ponsel waktu lagi nyetir mobil. Sementara pengendara motor harus selalu pakai helm dan nyalain lampu kendaraan meski siang-siang.

Seperti dikutip Okezone.com, Jumat (11/11), AKBP Budiyanto yang bertanggungjawab atas operasi ini bilang kalo, “Sasaran operasinya segala bentuk pelanggaran. Misalnya melawan arus, tidak pakai helm, menerobos busway, pelanggaran rambu, dan sebagainya.”

Tol juga dirazia

via reactiongif.org

Di ibu kota, Okezone.com, Jumat (11/11) bilang kalo razianya juga berlaku buat angkutan umum. Tapi, yang diperiksa sopirnya doang kok, penumpangnya mah tetep aman. Apalagi kalo cantik. Apaan sih. Engga cuma di jalan protokol, ruas tol dalam kota Jakarta juga jadi target razia. AKBP Budiyanto yang bertanggungjawab bilang kepada media kalo pihaknya siap menyisir jalan tol.

Titik razia

via tenor.co

Pos penjagaannya dikabarkan berdiri di titik rawan pelanggaran lalu lintas dan di tempat biasanya. AKBP Budiyanto bilang kalo titik pelanggaran di Jakarta salah satunya adalah ruas jalan Warung Buncit, Mampang, Jakarta Selatan.

Di bawah ini, kamu bisa liat sejumlah titik yang pernah dijadiin pos razia:

1. Bundaran Alam Sutera, Tangerang Selatan

2. Bundaran Pamulang, Tangerang Selatan

3. Jalan Boulevard Bintaro, Tangerang Selatan

4. Pasar Jumat, perbatasan Tangerang Selatan-Jakarta

5. Kuningan, Jakarta Pusat

6. Jalan Garuda, Jakarta Pusat

7. Jalan Kepu Raya, Jakarta Pusat

8. Jalan Industri, Jakarta Pusat

9. Jalan S Parman dan Kolong Slipi Jaya, Jakarta Barat

10. Cakung Cilincing, Jakarta Utara

11. Lenteng Agung, Jakarta Selatan

12. Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur

13. Margonda Raya, Depok

14. Jalan Chairil Anwar, Bekasi

15. Jalan KH Dewantoro, Bekasi

Itulah sejumlah daerah di Jabodetabek yang sering dijadiin area Operasi Zebra menurut pengamatan Genmuda.com, gaes. Intinya sih, tetep waspada dan patuhi banget rambu lalu-lintas di tanggal 16-29 November kalo kamu engga mau kena tilang. (sds)

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.

Leave a Response