Minggu, 4 Desember 2022

Genmuda – “Jangan bangun siang kalo engga mau pacarnya rejekinya dipatok ayam.” Istilah kayak gitu mungkin jadi alasan paling nyinyir buat Kawan Muda yang males bangun pagi.

Meski banyak penelitian membenarkan kalo bangun pagi bisa bikin otak kamu makin fresh, tetapi ada juga penelitian yang menunjukan kalo bangun siang juga punya manfaat buat otak kamu. Nah loh? Para peneliti engga kompak gitu.

Eits, tapi jangan salah kaprah dulu guys, bukan berarti kamu lantas jadi sengaja males bangun siangnya. Sebuah jurnal ilmiah yang dirilis di London School of Economics and Political Science, tahun 2009 menunjukan jika tetat bangun dikarenakan sering snooze alarm ternyata mempengaruhi otak seseorang menjadi lebih kreatif.

Kenapa bisa gitu Genmuda.com? Studi tersebut menunjukan kalo kebiasaan meng-snooze alarm melahirkan sebuah penolakan dalam diri kita terhadap kebiasaan Irama Circadian (waktu istirahat dalam tubuh).

Penelitian itu pun menunjukan jika mereka yang menolak pola tersebut memiliki kecerdasan dan kreativitas yang lebih besar. Saat kamu memutuskan tidur lebih banyak, mau engga mau kamu punya konsekuensi dalam pengambilan keputusan saat bangun nanti.

Kasus sederhanannya kayak gini, kamu seharus bangun jam 7 pagi, tapi kamu sengaja nambah waktu tidur sekitar 10-30 menit. Nah, saat kamu memutuskan bangun telat itulah mau engga mau kamu udah bisa memperhitungkan segala keputusan yang bakal terjadi saat bangun nanti, entah harus kejebak macet, cari alasan buat engga dimarahin bos, atau semacamnya.

Tapi harus diimbangi dengan menerima materi di malam hari

via: Tumblr

Para peneliti dari University of Madrid dan University of Southampton turut memperkuat jika prilaku sering snooze alarm membuat seseorang lebih kreatif, TAPI dipengaruhi juga oleh aktivitas di malam harinya. Hasil dari penelitian kedua universitas tersebut mengerucut jika seseorang yang menghabiskan waktu buat belajar atau membaca di malam hari, memiliki penalaran, pekerjaan, dan kehidupan yang lebih baik. Prilaku sosial inilah juga berkaitan dengan jumlah waktu tidur yang lebih banyak.

Berdasarkan fakta di atas dapat Kawan Muda lihat kan, kalo banyak cara mengasah otak kamu supaya lebih kreatif. Tapi sekali lagi, jangan dijadiin pembelaan kalo sering telat. Karena biar pun sering snooze alarm tapi jarang mengasah otak kamu setiap malam, itu sama juga bohong.

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.

Leave a Response