Minggu, 23 September 2018

Genmuda – Packing sedikit barang untuk liburan panjang belum tentu jadi penanda suksesnya jalan-jalan. Justru berabe kalo malah ada barang penting yang ketinggalan cuma karena engga kepikiran.

Lebih betenya lagi, barang itu ternyata dibutuhin karena tuntutan situasi dan kondisi darurat lokasi jalan-jalan. Barang apa aja yang dimaksud? Langsung aja yuk kita liat beberapa contohnya di bawah ini.

1. Koper hard-case

via theluggagesupermarket.co.uk
(Sumber: theluggagesupermarket.co.uk)

Walau lebih mahal, coper harc-case ngasih perlindungan ekstra daripada ransel atau koper brbahan kain. Koper soft-case cuma bisa dipake apabila bahannya terbuat dari bahan anti air, anti gores, dan anti bakar.

2. Kantong plastik

via tribunnews.com
(Sumber: tribunnews.com)

Satu kurang, dua nanggung. Mending bawa banyak. Rumus itu yang perlu dicamkan tiap mau jalan. Kantong macam itu kan banyak gunanya, mulai dari ngamanin alat elektronik dari butir-butir air, hingga ngebungkusin kuliner enak yang gak ada di kampung halaman.

3. Tas pinggang

via glamour.com
(Sumber: glamour.com)

Paspor, recehan, kamera pocket, ponsel, kunci, atau permen nyomot dari ruang tunggu bisa masuk dengan nyaman ke tas pinggang. Sebenernya, emang lebih aman bawa tas besar yang gak gampang dicolong. Tapi, ribet aja dibawa ke mana-mana.

4. Pakaian berkantong banyak

via aliexpress.com
(Sumber: aliexpress.com)

Entah itu jaket, outer, jas, atau vest. Gak masalah. Tiap kantongnya merupakan tempat penyimpanan cadangan bila tas pinggang kepenuhan.

5. Scarf

via bigcommerce.com
(Sumber: bigcommerce.com)

Cewek-cowok kayaknya perlu bawa scarf. Saat panas, sehelai kain lebar itu bisa lindungin kepala. Bebat aja sehingga jadi kayak hijab atau turban. Saat dingin, scarf sangat berguna sebagai kain pelapis tambahan sekaligus pemberi kehangatan ekstra.

6. Lampu kepala

via canadiangeograhic.ca
(Sumber: canadiangeographic.ca)

Kadang, malam di daerah asing jauh lebih gelap daripada di kampung halaman. Karena itu, lampu kepala perlu dibawa ke mana-mana sebagai penerang saat jalan-jalan malam.

7. Folder anti air

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Penyesalan datang belakangan. Misalnya, ketika paspor, tiket, atau dokumen penting lain rusak karena bulir-bulir air. Hujan bisa dateng tanpa permisi, sementara apes dateng tanpa pilih-pilih. Maka dari itu, sedia folder anti air supaya semua kertas berharga tetep aman terlindungi.

8. Kartu kontak darurat

via serve.mt.gov
(Sumber: serve.mt.gov)

Ini adalah sebuah kartu berisi nama dan nomor-nomor orang terdekat kamu. Kartu itu sangat membantu apabila kamu mendadak tertimpa keadaan darurat. Inget, ya. Berpikiran mesti selalu positif, tapi persiapan diri harus maksimal untuk hadapi yang terburuk. Amit-amiit.

9. Tisue basah

via indiamart.com
(Sumber: indiamart.com)

Kamu gak pernah tau kapan alam memanggil dan apakah tiap kamar mandi punya tisue pembersih.

10. Pas foto darurat

jamesgilberdphotography.weebly.com
(Sumber: jamesgilberdphotography.weebly.com)

Kali aja dibutuhin buat ngurus administrasi dadakan, ditempelin ke kartu registrasi suatu tempat, atau untuk dikasih ke gebetan yang baru ketemu di tempat jalan. Apapun kebutuhannya, pas foto darurat adalah kebutuhan.

Coba perhatiin lagi. Sepuluh hal di atas sama sekali engga makan banyak tempat, kan? Jadi, keluarin deh tuh kotak konsol atau kotak makeup segede kasir mini market yang dipaksain untuk dibawa. Selamat jalan-jalan, gaes! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.