Senin, 23 Mei 2022

Genmuda – Kawan Muda tau gak hari ini hari perayaan apa? Bertepatan sama tanggal 21 Juni, Indonesia merayakan hari ulang tahun Presiden kebanggaannya, Pak Joko Widodo yang ke-56. Perayaan ulang tahunnya juga udah dimulai dari semalem loh, dengan aksi doa dan tumpengan di Taman Pandang Istana, seberang Istana Merdeka.

Acara yang digelar sama berbagai elemen masyarakat ini bertujuan buat mendoakan pak Jokowi di hari lahirnya yang ke-56 ini, agar selalu sehat dan tentunya terpilih di Pilpres mendatang, di tahun 2019.

Aksi doa ini juga gak cuma dilakukan sama yang beragama mayoritas yakni muslim loh. Dilansir dari detik.com, acara tumpengan ini dimulai dengan doa bersama dari 2 agama berbeda, yakni dengan cara islam, dan dilanjutkan dengan cara nasrani.

Media sosial pun diramaikan sama tagar #Hapy56thJokowi, dan tagar ini jadi Trending Topic loh! Beberapa tokoh, orang-orang penting bahkan artis pun banyak yang mengucapkan ulang tahun serta mengiriminya dengan doa-doa yang baik.


Meskipun di hari ulang tahunnya ini Pak Jokowi lagi gak nyantai-nyantai di rumah dinasnya alias di Istana Negara, ternyata beliau tetep ngelaksain tugas negaranya dengan berkunjung ke Bogor dan Sukabumi buat bagi-bagi sembako.

Banyak loh hal tentang Jokowi yang mesti kamu tau, dan beberapa fakta dibawah ini bisa bikin kamu lebih bangga punya presiden sekeren dan sehebat beliau.

1. Suka anak-anak

via: Tempo.co
(Sumber: Tempo.co)

Pasti kamu sering kan nonton video Pak Jokowi bagi-bagi sepeda? Dan coba kamu perhatiin deh, anak-anak yang ditanya-tanya sama beliau itu pasti berani jawab dan selalu semangat. Yap, Pak Jokowi emang suka sama anak-anak, apalagi mereka yang sealu ceria dan sumringah. Gak heran beberapa anak yang doi panggil ke atas panggung buat jawab pertanyaannya, selalu berhasil bikin penontonnya pada ketawa karena keluguannya.

2. Suka bagi-bagi hadiah

via: Twitter
Meme parodi setelah Raisa dapet sepeda dari pak Jokowi (Sumber: Twitter)

Di berbagai kesempatan, beliau sering banget bagi-bagi hadiah. Baik berupa sepeda, maupun buku tulis dan kebutuhan sekolah lainnya. Tiap ada yang berani maju ke depan buat menunjukkan bakatnya atau bisa ditanya-tanya soal ke-Indonesiaan, Pak Jokowi pasti ngasih 1 buah sepeda. Bahkan, si cantik Raisa pun pernah dapet sepeda dari Pak Jokowi loh!

Beliau juga sering bagi-bagi buku tulis. Dibanding ngasih buku bacaan cerita, pak Jokowi lebih memilih buat ngasih buku tulis ke anak-anak sekolah. Seenggaknya di mobilnya ada sekitar 2000-3000 buku tulis buat dibagikan. Beliau berharap anak-anak Indonesia bisa belajar rajin dengan tulisan menarik di halaman depan bukunya.

Beli duku sama Bang Muin, Sekolah dulu baru main

Ayo..Belajar, Belajar, Belajar.. -Jokowi-

Ayo anak-anak rajin belajar, Kan ada Kartu Indonesia Pintar.”

“Membacalah, dan bangsa ini akan terhindar dari buta karena ketidaktahuan.”

3. Ada patungnya di Madame Tussauds

via: Pinterest
(Sumber: Istimewa)

FYI, baru 2 tokoh Indonesia loh yang patungnya ada di museum tokoh terkenal, Madame Tussauds Hongkong, yaitu Putra Sang Fajar, bapak Ir. Soekarno, dan Presiden bersahaja kita yang sekarang, Pak Joko Widodo. Banyak yang bangga sama hal ini, karena ini bisa dijadikan sebagai sarana buat mengenalkan Indonesia.

Patung lilin Jokowi ini kalo diliat-liat emang mirip banget sama aslinya. Di patung itu, Pak Jokowi mengenakan baju dinas biasa yang selalu beliau pake kemana-mana, yaitu kemeja putih, celana hitam dan sepatu pantofel. Sambil menyingsingkan lengan kemejanya, sosok Jokowi versi patung lilin keliatan sumringah banget.

Latar belakang patung itu pun adalah tempat-tempat ikonik dan bersejarah Indonesia. Kalo sekarang ini masih gambar Candi Borobudur nih, kedepannya, Pak Jokowi mau latar belakang itu diganti setiap satu bulan sekali dengan gambar tempat-tempat indah lainnya di Indonesia kayak Bali, Raja Ampat, atau Danau Toba.

4. Gapang tidur, tapi cuma sebentar

via Republika Online
Pak Jokowi dan bomber jacket-nya (Sumber: Istimewa)

Pak Jokowi ini ternyata tipe orang yang pelor alias nempel molor. Beliau pernah mengaku kalo dirinya bisa tidur dimana aja dalam waktu yang lumayan singkat.

“Untung saya mudah tidur. Di mana pun saya pergi, setelah 30 menit, saya dapat tidur pulas,”

Waktu masih jadi Gubernur Jakarta aja kadang beliau tidur cuma 1 jam, 2 jam, atau bisa juga 7 jam. Tapi kebanyakan atau dirata-rata, beliau cuma tidur selama 2 jam aja sehari. Wah, gimana pas udah jadi Presiden, ya?

Banyaknya agenda yang beliau lakukan dari daerah yang 1 ke daerah lain, bahkan ke pulau lain bikin beliau jadi lumayan kurang waktu buat istirahat. Padahal, makin tua umur seseorang, harusnya makin banyak juga waktu tidur yang dibutuhkan.

5. Doyan bikin vlog

via YouTube
Ki-ka: Kaesang lagi ngobrol sama Mas Jumadi yang lagi nyukur Pak Jokowi. (Sumber: YouTube)

Semenjak banyaknya media sosial yang bisa digunakan buat kampanye positif, Jokowi pun gak mau kalah sama rakyatnya. Beliau pun aktif di berbagai media sosial kaya Instagram, Twitter, Facebook, bahkan Youtube. Buat memudahkan masyarakat mengetahui apa yang doi sering lakukan, beliau pun sering bikin vlog alias ‘video blog’.

Dari mulai kegiatan kenegaraan kaya pas ketemu Raja Salman, kegiatan peninjauan proyek-proyek jalan di berbgai kabupaten, kegiatan blusukan ke daerah-daerah, bahkan quiz Jokowi hadiah sepeda pun sering diabadikan di vlognya itu.

Gak cuma itu aja, beliau juga bikin konten QnA atau Question and Answer dengan nama #JOKOWIMENJAWAB. Kegiatan sehari-harinya di istana negara pun gak luput dari sorotan kameranya, kayak lahiran kambingnya, olahraga memnah, sampe dengan video cerita di dapur presiden. Kontennya menarik-menarik banget, jadi gak bosen buat diikutin.

6. Punya anak yang mandiri dan sederhana

via: Wikipedia
(Sumber: Wikipedia)

Selain Jokowi, anaknya yaitu Kaesang pun bahkan sering juga mengunggah video di Youtube. Videonya bareng Jokowi dengan judul “Pulang Rumah Diejek Bapak” udah ditonton sebanyak 2.268.922 kali. Nah, mas Kaesang ini adalah anak ketiganya yang sekarang lagi kuliah di Singapura.

Dua anaknya yang lain adalah Gibran dan Kahiyang. Gibran sendiri adalah pengusaha katering sukses di Solo. Tapi yang bikin salutnya, ternyata kesuksesannya ini gak dapt campur tangan dari bapaknya loh! Sedangkan Kahiyang adalah anak perempuan satu-satunya Pak Jokowi dan Ibu Iriana. Gak pernah tampil heboh dan sangat sederhana juga bersahaja bikin siapapun yang liat mahasiswi UNS ini gak nyangka kalo doi anak Presiden. Keren!

7. Punya banyak binatang peliharaan

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Kayak yang udah dibilang di poin 5 tadi, lahiran kambingnya aja doi bikin jadi konten di Youtubenya. Videonya ini diberi judul “Kelahiran Dua Ekor Anak Kambing di Istana Bogor” ini udah ditonton sebanyak 1.034.851 kali. Selain kambing, ternyata Jokowi punya binatang peliharaan lainnya nih gengs.

Selain kambing, beliau juga pelihara binatang lain yaitu burung dan kodok. Kata Kepala Sekretariat Presiden Darmansyah Djumala, Jokowi seneng banget denger suara kicauan burung, dan bahkan doi suka gak menutup jendela ruang kerjanya supaya kicauan burungnya kedengeran sampe sana.

Nah yang unik, beliau juga melihara kodok nih gengs. Kata Kaesang, bapaknya ini emang suka banget sama kecebong. Malah di istana, ada 1 kolam khusus yang isinya kecebong aja. Jokowi sendiri mengaku kalo ngedengerin suara kodok itu bikin tenang. Wah unik banget ya! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.