Jum'at, 13 Desember 2019

Genmuda – Hari ini, masyarakat daerah Jakarta lagi bersuka cita merayakan hari jadi kotanya yang ke-490. Wah udah tua juga ya Ibukotanya Indonesia ini. Emang berdirinya Jakarta ini udah sejak jaman Belanda dulu, yang sebelumnya bernama Batavia.

Dulu nama sebelum Jakarta adalah Jayakarta, dan sebelumnya lagi adalah Batavia. Waktu itu, walikota Jakarta di jaman kolonial yaitu tahun 1953-1958, Sudiro sadar kalo harusnya ulang tahun kota ini beda sama ulang tahunnya Batavia, makanya akhirnya ditelusuri lah sejarah berdirinya kota Jakarta.

Pak Sudiro pun menduga kalo ulang tahun Jakarta adalah tanggal 22 Juni 1527. Terus naskah “Dari Jayakarta ke Jakarta” diserahkan ke DPRD Kota Jakarta, dan sejak saat itulah diperingati sebagai hari jadi kota Jakarta, Ibukota Indonesia. Sebelum jadi Jakarta, nama kota ini adalah Sunda Kelapa, Jayakarta dan Batavia ketika di masa kolonial Belanda.

Setelah 490 tahun Jakarta diresmikan berdiri, banyak banget perubahan di kota Jakarta, mulai dari infrastruktur sampe banyaknya gedung-gedung pencakar langit yang bermunculan. Sistem transportasinya pun makin maju, buat memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

FYI, Jakarta ini adalah satu-satunya kota di Indonesia yang punya status setingkat provinsi, karena menjadi jantung ekonomi di Indonesia. Dalam forum Internasional Jakarta punya sebutan lain mulai dari “J-Town” alias Jakarta Town, hingga “The Big Durian” karena dianggap sebanding sama New York City yang punya sebutan “The Big Apple.”

Perayaan ulang tahun kota Jakarta ke-490

Perayaan ulang tahun Jakarta tahun ini pun gak dirayain secara meriah, karena emang bertepatan sama bulan puasa. Pak Djarot Syaiful Hidayat selaku Gubernur Jakarta mengaku kalo HUT Jakarta tahun ini emang gak seramai tahun-tahun sebelumnya.

Pak Djarot merayakan ulang tahun kota Jakarta dengan melaksanakan upacara bersama di Lapangan Monas dan diikuti sama semua pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dilansir dari detik.com, setelah itu pak Djarot langsung menuju ke Jakarta Creative Hub, sebuah coworking space yang ada di Jakarta, untuk meresmikan The Jakarta Smart City Hive Coworking Space.

Di setiap ulang taun Jakarta, pasti selalu ada rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Jakarta. Acara ini berupa sambutan HUT Jakarta ke-490, dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama, dan makan malam bersama.

Kalo kamu nih warga Jakarta (dan juga sekitarnya ) yang mau ngerayain hari jadi Kota Jakarta yang meriah, coba pergi ke Jakarta Fair deh. Biasanya, bazaar serba ada ini berlangsung selama 1 bulan, dan banyak juga aneka hiburan. Yuk ke sana! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.