Rabu, 3 Maret 2021

Genmuda – Selamat Hari Guru Nasional, Kawan Muda! Apa yang udah kamu lakuin buat bapak/ibu guru atau dosen, di hari yang spesial buat mereka ini? Yuk ikut ngerayain dengan cara-cara yang sederhana tapi penuh makna!

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan kepada pahlawan tanpa tanda jasa, yaitu para guru dan pengajar. Di setiap negara, Hari Guru diperingati di tanggal yang beda-beda, ada juga yang menjadikan Hari Guru sebagai hari libur nasional.

Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Perayaan ini sekaligus memperingati hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Biasanya setiap Hari Guru, diadain upacara dan pemberian tanda jasa. Nah hari ini, kamu udah upacara belum, Kawan Muda?

Kenapa sih kita harus memperingati Hari Guru? Nih buat kamu-kamu yang selama ini masih suka nakal dan nganggep remeh guru/dosen, beliau-beliau itu berjasa banget loh. Kalau engga ada ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang mereka tularkan ke kita, kamu engga bakal ada di posisi kamu yang sekarang.

Sadar engga guys, kalau pendidikan itu adalah kunci buat mengatasi masalah-masalah yang ada di negara kita. Dengan generasi yang berpendidikan, maka kemiskinan, kebodohan, dan kemalasan bisa semakin berkurang bahkan hilang. Dan siapa yang memegang peranan penting buat pendidikan anak-anak Indonesia? Ya para guru kita.

So, udah saatnya kita mulai lebih memperhatikan pahlawan-pahlawan kita ini guys. Dan di Hari Guru yang spesial, yuk kita kasih hadiah sederhana buat bapak/ibu guru/dosen kita. Gimana caranya? Engga perlu mahal-mahal atau susah-susah, kamu bisa memulainya dengan:

  1. Mengucapkan terima kasih

 

Terima kasih, satu kata yang sederhana banget, tapi seringkali lupa kita ucapin. Ucapan terima kasih yang tulus dari para muridnya adalah hadiah yang paling berharga buat bapak/ibu guru loh. Apalagi kalau tau anak didiknya bisa sukses dan bertahan di kehidupan yang super keras ini, salah satunya karena berkat didikan mereka.

Jadi, buat kamu yang masih sekolah/kuliah, yuk luangin waktu sebentar aja sebelum masuk kelas, buat ngedatengin guru-guru/dosen kamu, cium tangannya, dan bilang terima kasih sebesar-besarnya atas semua jasa mereka selama ini.

 

  1. Membantu dengan hal-hal kecil

Bentuk rasa terima kasih kamu juga bisa dilakuin dengan memberikan perhatian dan bantuan sekecil apapun terhadap guru-guru kita. Hal-hal yang sederhana aja, Kawan Muda. Engga perlu berlebihan sampe mijetin guru kamu di kelas, atau bawain martabak ke rumahnya. Misalnya, kamu bisa berinisiatif buat bantuin ngebawa buku-buku dan peralatan mengajar guru/dosen ke kelas, ngasih daftar absen ke Tata Usaha (dengan niat yang mulia ya, bukan buat manipulasi absen He-he), dan lain sebagainya.

 

  1. Mendengarkan, memperhatikan, mengamalkan

Ini hal utama yang bisa kamu lakuin buat para pahlawan tersebut. Tugas mereka adalah memberikan ilmu kepada anak-anak didiknya, dan bisa kamu bayangin kan, gimana guru-guru kita bakalan senang dan ngerasa berhasil mengerjakan tugasnya, kalau ngelihat murid-murid yang serius ngedengerin dan memperhatikan di kelas? Apalagi kalau murid-muridnya bisa mengamalkan ajaran yang mereka kasih di dunia sebenernya. So, buat kamu yang masih sekolah atau kuliah, yuk serius belajar! Lagian kan, dengan belajar sungguh-sungguh, yang untung bukan guru/dosen kita kok, tapi diri kita sendiri.

 

  1. Rajin ngerjain tugas

Sebagai bentuk menghargai guru/dosen kita, ayo tobat dari males-malesan ngerjain tugas guys. Di balik tugas sekolah atau kuliah yang engga ada habisnya dan bikin kita rasanya mau lari ke hutan lalu ke pantai buat teriak, pasti ada maksud baik dari guru-guru dan dosen kita. Rajin ngerjain tugas (sendiri ya, bukan nyalin dari jawaban temen) juga bisa ngelatih kita buat lebih siap menghadapi ujian, dan bikin pelajaran yang udah diajarin di kelas lebih nempel lagi di kepala. Plus, kamu bisa sok-sokan kelihatan pinter dan rajin di depan gebetan.

 

  1. Dapet nilai bagus di ujian

Apa lagi sih yang paling bikin lega guru-guru, selain murid-muridnya yang bisa melalui ujian dengan selamat, sejahtera, sentosa, dan dapet nilai yang bagus-bagus? Mungkin kelegaan yang dirasain guru-guru kita sama kayak lega nya kamu setelah nembak trus di terima. So, sebelum ujian dimulai, jangan segan-segan buat saling berbagi ilmu dengan temen-temen sekelas lainnya. Seneng kan, kalau nantinya satu kelas dapet nilai yang bagus semua? Asal “kerjasama” dan “kekompakan” ini engga dibawa-bawa sampe ke ruang ujian ya guys. He-he

 

  1. Patungan satu kelas

Atau kalau kamu mau ngasih hadiah buat guru/dosen kamu, bisa juga patungan dan kerja sama dengan temen-temen sekelas. Hadiah ini bisa berbentuk barang (asal engga dianggap sebagai gratifikasi), bisa sesuatu yang dibikin sendiri, kayak karikatur guru kamu beserta anak-anak sekelas, sampe ngerayain bareng-bareng dengan cara ngasih surprise kue, lagu, dll buat guru/dosen kamu ketika mereka masuk ke kelas. Selain seru ngerayain bareng-bareng, biasanya jam pelajaran juga jadi kepotong kan? Yah, itung-itung sambil menyelam, minum air lah, Kawan Muda. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥