Selasa, 24 November 2020

Genmuda – OK Go lagi-lagi berhasil ngebuktiin kepiawaian mereka dalam ngegarap video klip. Hal itu pun bisa kamu lihat pada video klip terbaru mereka yang berjudul ‘The One Moment’.

Dirilis tadi malam, Rabu (23/11), via Facebook, OK Go pada dasarnya cuma ngegunain rekaman berdurasi 4,2 detik sebagai inti dari video klip ‘The One Moment’. Walau terbilang super singkat dan cuma kayak kedipan mata, sebetulnya ada 325 kejadian terpisah yang berlangsung dalam rentang waktu tersebut, mulai dari semburan cat warna-warni sampai gitar yang hancur lebur.

Tapi, belum cukup sampai di situ, durasi 4,2 detik tersebut ternyata direntangin lagi jadi satu video klip utuh berdurasi 4 menit 12 detik. Bahkan, momen-momen tertentu diperlambat sampai 20 ribu persen waktu aslinya. Dengan kecepatan yang demikian, gerakan yang paling kecil sekalipun otomatis berubah jadi momen kompleks yang disusun sedemikian rupa, sesuai dengan nada dan tempo lagunya.

Namun demikian, selain video klip ‘The One Moment’ — yang merupakan hasil kerja sama OK Go dan Morton Salt, di sepanjang tahun 2016 ini ada pula beragam video klip musisi luar lainnya yang engga kalah keren. Dari sekian banyak video klip tersebut, berikut ini Genmuda.com rangkumin 5 di antaranya:

1. ‘Lazarus’ – David Bowie

Video klip ini bisa dibilang merupakan salah satu video klip yang paling dikenal di 2016. Banyak di antara kamu mungkin engga sadar bahwa hampir setiap gambar di video klip ini ngerujuk pada kematian, sampai Bowie akhirnya meninggal beberapa hari setelah video klip ini dirilis. Dengan kata lain, lewat video klip ini Bowie sebenarnya lagi siap-siap ngucapin selamat tinggal menuju kebebasan.

2. ‘Beyonce’ – Formation

Di bulan-bulan awal 2016, video klip ini jelas merupakan video klip yang perilisannya paling bikin kaget dan dibicarain terus-menerus. Video klip ini engga cuma sekedar soal seni, tapi juga soal kehidupan sosial politik, khususnya yang menyangkut kaum kulit hitam. Terlepas dari berbagai komentar dan kritik yang ada, video klip ini jelas nampilin sisi seorang Beyonce yang lebih mendalam dan jadi kemenangan tersendiri buat sang Queen Bey.

3. ‘Burn the Which’ – Radiohead

Orang Inggris dari usia tertentu mungkin udah engga asing lagi dengan tampilan video klip ini, yang mirip dengan acara TV ‘Trumpton’ di tahun 1960-an. Namun demikian, secara adegan video klip ini engga jauh beda dengan film horor ‘The Wicker Man’, yang dirilis beberapa tahun setelah ‘Trumpton’. Radiohead dan sang sutradara pun jelas ngerangkai cerita di video klip ini dengan sangat hati-hati, supaya bisa nyesuain dengan liriknya yang berkisah tentang penganiayaan terhadap orang yang berbeda dari kita.

4. ‘Up & Up’ – Coldplay

Nah, ini dia nih video klip dari band yang bakal manggung di Singapura dan tiketnya diburu abis sama orang Indonesia. Kalo kamu perhatiin, hampir semua adegan di video klip ini nampilin sesuatu yang mustahil atau engga masuk akal. Terkait hal itu, intinya Coldplay ngungkapin bahwa sutradara Vania Heymann dan Gal Muggia udah ngehasilin sebuah video klip montase yang ngerujuk pada isu-isu kontemporer kayak lingkungan dan krisis pengungsi.

5. ‘Famous’ – Kanye West

Gara-gara video klip ini dan lirik lagunya, panggung hiburan internasional sempat terpecah belah. Sebagian ada yang dukung Kanye West dan istrinya Kim Kardashian, sedangkan sebagiannya lagi ngedukung Taylor Swift. Video klip ini jelas merupakan karya seni yang ambisius dari seorang Kanye, yang terinspirasi dari lukisan ‘Sleep’ karya Vincent Desiderio. Komedian Aziz Ansari dan Eric Wareheim aja sampai bikin parodi versi mereka sendiri loh. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer