Selasa, 25 Januari 2022

Genmuda – Dunia hiburan Korea baru aja diterpa isu engga enak nih, Kawan Muda. Salah satu artis berbakat asal Negeri Ginseng, yaitu Jung Joon Young, kabarnya abis tersandung kasus pelecehan seksual.

Pada hari Jumat (23/9) yang lalu, berbagai berita yang beredar ngungkapin bahwa Joon Young dituduh ngelakuin pelecehan seksual oleh seorang cewek (sebut aja Mawar), yang kemudian diketahui sebagai mantan pacarnya. Walau sang mantan udah narik tuntutan yang doi ajuin pada 6 Agustus itu, proses penyelidikan masih tetap berlanjut dengan bantuan dari dokternya.

Nah, pada hari Minggu (25/9) kemarin, Joon Young akhirnya angkat bicara lewat sebuah konferensi pers. Dalam tuntutan sang mantan, doi dituduh ngelakuin perekaman video saat mereka lagi berhubungan intim. Namun demikian, doi ngeklarifikasi lewat konferensi persnya bahwa perekaman video tersebut dilakuin atas kesepakatan bersama dan tuntutan tersebut diajuin secara spontan.

Lebih tepatnya, Joon Young ngungkapin bahwa videonya bersama sang mantan engga direkam dengan kamera tersembunyi. “Saat itu, saya sibuk dengan berbagai jadwal dan perempuan itu merasa diabaikan. Kami berdebat dan salah paham dan dia secara spontan mengajukan tuntutan berdasarkan perekaman video tersebut,” jelas penyanyi/penulis lagu, DJ radio, host, aktor, dan bintang televisi itu.

via soompi.com

Engga ketinggalan, di akhir penjelasannya Joon Young juga minta maaf gara-gara udah bikin geger masyarakat luas, termasuk rekan-rekan kerjanya. Bahkan, doi nambahin pula bahwa dirinya siap dengan segala konsekuensi yang harus diterimanya terkait penampilan televisinya yang akan datang.

Saya bertanggung jawab atas seluruh situasi ini. Saya tidak menyangka bahwa sesuatu yang saya lakukan untuk kesenangan bisa berubah menjadi masalah sebesar ini. Saya amat sangat menyesal bahwa tindakan tidak dewasa saya telah menyakiti mantan pacar saya dan juga masyarakat,” tandas Joon Young.

Sementara itu, mantan pacar Joon Young pun udah ngajuin sebuah petisi lagi pada hari Sabtu (24/9) yang lalu ke Kantor Kejaksaan Distrik Timur Seoul buat ngebersihin nama sang bintang berusia 27 tahun. “Saya tidak dapat mengungkapkan rinciannya, namun isinya pada dasarnya meminta supaya Jung Joon Young tidak dihukum karena dia tidak bersalah,” ujar seorang sumber seperti dikutip dari Soompi.

Well, ini bukan pertama kalinya kasus pelecehan seksual yang ngelibatin seorang artis ngehebohin jagad hiburan Korea. Sebelum kasus Joon Young, udah ada pula sederetan kasus lainnya yang engga kalah fenomenal. Berikut ini 5 artis Korea lainnya yang juga pernah tersangkut kasus pelecehan seksual:

1. Yoo Sang Moo

via allkpop.com
(Sumber: Istimewa)

Pada bulan Mei yang lalu, Sang Moo dipanggil pihak kepolisian menyusul adanya laporan seorang cewek yang bilang bahwa sang komedian udah ngelakuin pelecehan seksual terhadap dirinya. Awalnya, Sang Moo ngejelasin bahwa dirinya emang nyoba buat ngelakuin hubungan seksual tanpa paksaan dan itu hanyalah sebuah insiden dengan pacarnya.

Namun demikian, situasi jadi makin rumit saat pacarnya yang ‘sebenarnya’ ngungkapin kebohongannya. Doi akhirnya harus ngejalanin penyelidikan lanjutan, termasuk ngejalanin tes pendeteksi kebohongan.

2. Park Yoochun

via kpopstarz.com
(Sumber: Istimewa)

Berselang sebulan dari kasus Yoo Sang Moo, giliran Park Yoochun yang harus berurusan dengan kasus serupa. Seorang cewek ngeklaim bahwa sang penyanyi/penulis lagu dan aktor udah memperkosa dirinya di klub malam tempatnya bekerja.

Walau tuduhan tersebut ditarik kembali, tiga orang cewek lainnya justru satu per satu muncul dan ngajuin tuntutan yang sama. Hingga pada pertengahan Juli, polisi mutusin buat engga ngelanjutin semua kasus tersebut karena bukti yang engga memadai. Pengacara Yoochun pun lantas nuntut balik cewek pertama dan kedua atas tuduhan palsu.

3. Lee Juno

via kpopreplay.com
(Sumber: Istimewa)

Masih di bulan Juni, ada pula kasus dari Lee Juno, yang diduga ngelakuin perbuatan engga senonoh terhadap dua orang cewek di sebuah klub malam di Itaewon. Meski demikian, itu bukanlah pertama kalinya doi tersandung kasus pelecehan seksual.

Di tahun 2002, insiden serupa sempat terjadi dan ngelibatin seorang cewek berusia 20-an, namun pihak kejaksaan mutusin buat nangguhin kasus tersebut karena sang mantan personil Seo Taiji and Boys dan cewek tersebut udah mencapai kesepakatan.

4. Lee Jin Wook

via allkpop.com
(Sumber: Istimewa)

Tuduhan pelecehan seksual terhadap Jin Wook diajuin oleh seorang cewek pada pertengahan Juli yang lalu. Sang aktor lewat agensinya C&CO ENS ngebantah tuduhan tersebut dan nuntut balik cewek itu atas tuduhan palsu.

Sayangnya, pihak pengadilan sempat nolak permintaan surat penahanan buat cewek tersebut, sehingga pihak Kepolisian Suseo harus ngajuin ulang pada pertengahan Agustus. Jin Wook sendiri kabarnya sampai ngalamin kerugian 10 miliar won gara-gara kasus tersebut. Sebaliknya, si cewek sempat ngakuin bahwa dirinya ngajuin tuduhan palsu, tapi dikesempatan lain justru ngebantah.

5. Uhm Tae Woong

via allkpop.com
(Sumber: Istimewa)

Satu lagi artis Korea yang engga diduga-duga tersandung kasus pelecehan seksual adalah Uhm Tae Woong. Di akhir bulan lalu, aktor ini dilaporin ngelakuin pelecehan seksual di sebuah tempat pijat pada bulan Januari. Pihak agensi doi ngebantah dugaan tersebut, sementara pihak kepolisian udah minta keterangan dari kedua belah pihak dan masih terus ngelanjutin penyelidikan. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer