Jum'at, 9 Desember 2022

Genmuda – Giring Ganesha bersedia gabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan tujuan maju sebagai anggota legislatif pada Pemilihan Umum Serentak 2019. Pendaftarannya berlangsung di Dewan Pimpinan Pusat PSI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (6/9).

Sebelum lolos sebagai perwakilan partai baru itu, sang pelantun lagu “Hapus Aku” tetep perlu ikut seleksi seperti halnya praktisi keuangan, dosen, pemilik sekolah, hingga dokter yang juga daftar ke PSI untuk maju sebagai calon legislatif 2019. Gak ada perlakuan istimewa buat cowok yang tenar sebagai vokalis Nidji itu.

Seleksinya ngelibatin juri yang direkrut dari berbagai lembaga, yaitu pimpinan KPK Bibit Samad Riyanto, mantan Ketua MK Mahfud MD, akademisi UI Hamdi Muluk, dan pemilik stasiun TV swasta Wishnutama. Ada juga pakar pertahanan LIPI Jaleswari Pramodhawardani, mantan Komisioner Komnas Perempuan Neng Dara Afifah, dan Dosen FISIP UI Sri Budi Eko Wardhani.

Prosesnya makin ketat karena Nidji, dan peserta lain, bakal dinilai sama publik. Bukan cuma dari visi-misinya melainkan dari kehidupan pribadinya. “Misalnya, publik tahu ada bakal caleg yang terlibat kasus korupsi atau suka ‘gebukin’ istri, laporkan saja,” kata Grace Natalie selaku Ketua Umum PSI, dikutip tirto.id, Rabu (6/9).

Pencalonan vokalis yang vakum itu sebagai bacaleg nambahin daftar panjang artis-artis Indonesia yang juga merangkap sebagai politisi. Akan tetapi, dunia politik bukan satu-satunya “tempat pelarian” para artis Ibu Kota. Selain jadi politisi, artis-artis Indonesia juga punya beberapa kerjaan lain. Di antaranya, ada di bawah ini.

1. Buka kue-kue lucuk

Bisnis kue oleh-oleh khas artis gak rame diberitain media lagi tapi pengunjung tokonya tetep antre melingkar-lingkar. Artis yang berkecimpung di bidang ini ada banyak banget, misalnya Teuku Wisnu, Zaskia Sungkar, Chelsea Olivia, Laudya Cynthia Bella, dan pastinya Raffi Ahmad-Nagita Slavina.

2. Bikin makanan ringan

A post shared by Ayu Tingting (@ayutingting92) on

Ayu Ting Ting punya bisnis Makaroni Depok (Kapok), Denny Cagur punya usaha keripik singkong, Inul Daratista diriin brand Snack Inul, dan Raffi-Gigi punya sederet kerajaan makanan ringannya sendiri. Bahkan artis senior Leily Sagita lebih dulu buka usaha keripik singkong pedas khas Minangkabau.

3. Buka warung makan

via jktgo.com
(Sumber: jktgo.com)

Karena semua orang butuh makan (dan foto-foto cantik untuk diupload ke Instagram), bisnis cafe dan warung makan gak bakalan surut. Artis macam Bunga Citra Lestari selaku pendiri TGI Friday paham betul itu. Mike Lewis pun demikian dengan membuka MidTown Bistro & Lounge. Sama kayak Titi Kamal yang buka resto Riung Sari. Bahkan Norman Kamaru pun menyadarinya dengan membuka warung bubur.

4. Bikin Media

via alchetron.com
(Sumber: alchetron.com)

Mungkin karena udah sering diberitain sana-sini, maka mereka juga pengen bikin perusahaan yang memberitakan artis lain. Giring Nidji tuh punya media bernama kincir.com, loh. Terus, Christian Sugiono punya MalesBangetDotCom (MBDC) dan salah satu aplikasi kencan Setipe.

5. Dokter

via mipaanniv.cf
(Sumber: mipaanniv.cf)

Tompi, Nycta Gina, dan Lula Kamal tuh bukti kalo seleb bukan cuma modal tampang tapi juga pinter. Soalnya, ketiganya kan dokter. Sekarang ini, malah ada juga loh dokter yang jadi seleb karena dibikinin acara sendiri di salah satu stasiun televisi swasta.

6. Geser pekerjaan

Namun demikian, ada juga artis yang nyari pelarian tetep di dunia hiburan. Doi cuma geser-geser pekerjaan aja kayak Desta yang berubah dari drummer band Club 80s jadi presenter radio dan pembawa acara. Atau, Nycta Gina yang alih profesi dari pemeran Jeng Kelin jadi penyiar radio bareng Desta.

7. Sopir taksi online

via detik.com
(Sumber: detik.com)

Ada juga loh artis yang berani banting profesi sebagai pengemudi taksi online. Misalnya aja, seperti Rony Dozer yang dulu tenar lewat acara komedi Extravaganza, Darti Manulang yang langganan jadi antagonis sinetron, dan Aris Indonesian Idol.

8. Penjual barang preloved

Barang-barang artis kan banyak dan bagus-bagus, ya. Gak semuanya tuh dipake tiap hari. Banyak juga barang yang nganggur tapi masih bagus, hingga akhirnya harus dijual-dijualin secara online pastinya dengan hashtag #preloved.

Kesimpulannya, artis-artis Indonesia tuh punya pikiran luas untuk nyari banyak kesempatan usaha. Gak usah ragu. Kerja kan apa aja yang penting uangnya banyak halal dan dilakuin dengan ikhlas. Bukan begitu? (sds)

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.

Leave a Response