Jum'at, 3 Februari 2023

Genmuda – Sejak Bryan Cranston dapat peran sebagai Zordon di film Power Rangers reboot, publik mengenal doi sebagai aktor pria yang bisa meranin bermacam tokoh dengan beragam ekspresi. Cranston pun menegaskan kalo aktor yang baik tuh bukan ‘aktor spesialis’ yang cuma bagus kalo mainin peran doang.

Selain Cranston, Genmuda.com coba rangkum 9 aktor lain yang sama-sama punya ‘Seribu Wajah’ dan memerankan banyak film hits. Berikut daftar aktor tersebut beserta film yang nunjukin kalo mereka benar-benar the best of the best.

1. Leonardo DiCaprio

Biarpun doi dapet Oscar karena film The Revenant, publik sukanya peran doi di film Wolf of Wallstreet. (Sumber: sky.com)

Aktor kelahiran California, 1974 ini pernah memerankan pecandu narkoba, penipu ulung, milyuner mata duitan, playboy, hingga jadi seorang tentara bayaran yang pengen bales dendam atas kematian keluarganya. Aktingnya di film ‘The Revenant’ pun akhirnya bikin doi dapat piala Oscar di tahun 2016. Meski begitu, film-film doi keren semua. Kalo mau liat akting ‘seribu’ wajahnya, nonton aja film ‘Catch Me If You Can’.

2. Geoffrey Rush

Di film The King’s Speech, Geoffrey Rush jadi dokter Lionel Logue yang berkelas. Engga kaya Hector Barbossa yang barbar. (Sumber: theiapolis.com)

Akting Geoffrey Rush di ‘Pirates of Caribbean: The Curse of Black Pearl’ bener-bener nampilin sosok kapten bajak laut Hector Barbossa yang bengis dan engga kenal ampun. Tapi, di sekuel ‘On Stranger Tides,’ doi bisa mengubah sosok Hector Barbossa jadi lebih kocak dan kompak dengan Jack Sparrow dalam melawan pasukan Spanyol dan Bajak Laut Blackbeard. Salah satu karya terbaik aktor kelahiran Australia ini bisa dilihat di film ‘The King’s Speech’.

3. Christian Bale

Percaya engga percaya, inilah bentuk badan Christian Bale di film The Machinist. (Sumber: moviepilot.com)

Bukan cuma segi ekspresi, Christian Bale juga mampu mengubah diet dan pola hidup supaya badannya sesuai dengan tokoh yang lagi diperankan. Di film Batman, doi jadi pahlawan super playboy berbadan kekar. Sementara di film ‘American Hustle’, doi jadi penipu berperut buncit yang licik banget dan katrok dandanannya. Tapi, badan doi mendadak kurus kerempeng dan jadi sosok dengan sedikit gangguan kepribadian di film ‘The Machinist’.

4. Tom Hanks

Engga perlu denger si Gump aja kita udah bisa nebak kalo anak ini punya gangguan kepribadian. Tom Hanks emang jempol. (Sumber: hitfix.com)

Pernah jadi kapten tentara yang manly banget, pernah juga jadi pemuda berkebutuhan khusus. Kalo mau liat performa terbaik Tom Hanks, tonton aja ‘Saving Private Ryan’ dan ‘Forrest Gump’. Aktor kelahiran California, AS ini telah meraih dua piala Oscar dan 4 Golden Globes.

5. Gary Oldman

Yang kiri adalah Gary Oldman dan yang kanan adalah Sid Vicious The Prince of Punk. (Sumber: Pinterest)

Aktor yang juga bisa bermusik ini pernah memerankan Sid Vicious, gitaris band Punk The Sex Pistols dalam film ‘Sid & Nancy.’ Di situ, tentu saja doi jadi tokoh selengean yang engga tau aturan. Di film-film ‘Batman,’ doi mendadak jadi inspektur polisi cerman yang patuh peraturan, ambisius, dan berkepala panas. Tapi, di film ‘Harry Potter and The Prisoner of Azakaban,’ doi bisa nampilin sosok Sirius Black yang menyeramkan kemudian mengubahnya di akhir jadi kebapakan.

6. Edward Norton

Begini ekspresi Edward Norton waktu memerankan pencuri yang berpura-pura jadi orang cacat di film The Score. (Sumber: Istimewa)

Namanya mencuat lewat film ‘Fight Club’, tapi performa terbaiknya ada di film ‘The Score’. Di film tahun 2001 itu, doi memerankan pencuri yang nyamar jadi tukang bersih-bersih dengan keterbelakangan mental. Dalam satu adegan doi mampu mengubah ekspresi kejinya jadi polos engga bersalah tanpa pindah kamera. Performa notable doi lainnya juga bisa dilihat di film ‘Kingdom of Heaven’, waktu doi meranin Raja Baldwin yang lemah karena lepra.

7. Matt Damon

Inilah Matt Damon yang lagi jadi orang culun di Oceans’s Eleven. (Sumber: Istimewa)

Matt Damon emang jago main film laga. Doi pun berhasil menghidupkan sosok ‘Bourne’ dan mau engga mau jadi ikonik. Namun, doi juga jago memerankan sosok katrok dan cupu. Dalam film ‘Oceans’ Eleven’ misalnya, doi mengubah citra jagoannya jadi citra pencuri kelas teri yang gugup dan ragu-ragu. Doi pun bisa meraih dua Golden Globes dan satu piala Oscar.

8. Reza Rahadian

Beginilah sosok nyebelin Bossman yang diprankan Reza di film ‘My Stupid Boss.’ (Sumber: New York Times)

Aktor Indonesia yang satu ini juga engga boleh dianggap remeh. Soalnya, doi juga mampu mendalami berbagai jenis peran. Doi bisa jadi pembunuh sadis di serial ‘Half World;’ bisa jadi family-man sayang istri kayak di film ‘Habibie & Ainun’ atau ‘Test Pack;’ bisa juga jadi bos egois yang norak dan katrok di film ‘My Stupid Boss’. Doi pun bisa meraih berbagai prestasi, termasuk aktor favorit di Indonesia Movie Award waktu doi meranin Habibie.

9. Peter Sellers

Kiri ke kanan: Presiden Merkin Muffley, Dr Strangelove, Kapten Lionel Mandrake. Tiga tokoh yang diperankan Peter Sellers di ‘Dr Strangelove’ secara bersamaan. (Sumber: Istimewa)

Di antara aktor-aktor ‘seribu muka’ di atas, pelawak Peter Sellers lah ahlinya. Bayangin aja. Dalam satu film, doi bisa meranin tiga tokoh sekaligus. Di film ‘Dr Strangelove’, beliau memerankan sosok kapten tegas, presiden kocak, dan ilmuwan gila. Tentu aja, tiga sosok itu sering menceletukkan komentar lucu yang bikin penonton pada masanya tertawa terbahak-bahak. (sds)

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.

Leave a Response