Sabtu, 28 November 2020

Genmuda – Kesempatan bersaing masuk perguruan tinggi negeri (PTN) favorit terbuka bagi semua anak-anak SMA lewat Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Pendaftaran gelombang pertama dibuka 11 April – 25 April, lalu gelombang keduanya dimulai Rabu (26/4) pukul 08.00 WIB sampai tanggal 5 Mei pukul 22.00 WIB.

Ujiannya nanti berlangsung 16 Mei terus disusul ujian keterampilan bagi program studi tertentu selama dua hari setelahnya. Kalo jurusan pilihan kamu engga ada ujian praktiknya, ya kamu cuma ujian sekali. Abis itu, anak-anak SMA punya waktu harap-harap cemas sampai pengumumannya keluar mulai 13 Juni pukul 14.00 WIB.

Catet tuh tanggal-tanggal pentingnya. Biar ujiannya masih lama, persaingan antar jutaan anak SMA untuk nyari kampus negeri favorit udah dimulai sejak pendaftaran online. Buat kamu yang pengen ikut bersaing juga melalui gelombang kedua SBMPTN, siapin beberapa hal di bawah ini ya biar prosesnya lancar jaya.

1. Koneksi internet yang kencang dan kesabaran

via giphy.com

Supaya apa? Supaya engga kelamaan loading dan bisa “ngebalap” anak-anak SMA lain yang juga baru mau daftar online di gelombang kedua. Meski begitu, ada kemungkinan juga situsnya pendaftarannya kelebihan muatan sehingga kamu tetep perlu antre beberapa lama. Yang sabar, ya.

2. Siapin KAP dan PIN

via tenor.co

Kamu butuh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan password atau PIN-nya supaya bisa masuk ke halaman pendaftaran SBMPTN. Dua data penting dan rahasia itu bisa kamu dapet dengan mendaftarkan diri di terlebih dahulu di sini.

3. Bayar biaya pendaftaran

via Istimewa
Ini contoh slip pembayaran dari situs SBMPTN. (Sumber: Istimewa)

Setelah kamu mengisi formulir pendaftaran KAP dan PIN, situsnya langsung ngasih “slip pembayaran.” Kamu bisa bayar biaya pendaftaran 200 ribu rupiah lewat ATM bank pilihan atau Genmuda.com sarankan sih ke teller banknya aja supaya bisa nanya-nanya proses selanjutnya kayak gimana atau kalo ada kesalahan.

4. Tentuin jurusannya

via Istimewa
Kamu harus bayar dulu nih sebelum bisa login pakai KAP dan PIN di slip pembayaran. (Sumber: Istimewa)

Setelah daftar, kamu bisa log-in ke halaman pendaftaran SBMPTN menggunakan KAP dan PIN yang udah dikasih. Pada tahap ini, kamu harus udah menentukan pilihan jurusan pertama dan kedua kamu.

5. Siapin foto sesuai aturan

via Istimewa
Ini contoh foto yang benar menurut panitia. (Sumber: Istimewa)

Siapin juga pas foto sesuai aturan panitia SBMPTN. Berdasarkan situs sbmptn.ac.idini aturan pas fotonya:

  • ukuran 4 x 6 cm
  • resolusi minimal 400 x 600 pixel
  • harus jelas dengan kualitas minimal 250 dpi
  • filenya format JPG atau PNG
  • fotonya harus berwarna
  • latar belakangnya satu warna bebas
  • ukuran engga boleh lebih dari 100 KB
  • posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera
  • proporsi swajah antara 25% – 50% foto
  • bagian kepala engga boleh kepotong
  • wajah engga boleh tertutup ornamen

Apa inti peraturan di atas? Fotonya engga boleh foto selfie. Foto dengan standar kartu kependudukan itu harus diupload juga saat login pendaftaran.

6. Teliti pas lagi ngisi formulir

via giphy.com

Hayo jangan salah ketik apalagi salah milih jurusan. Coba teliti satu atau dua kali lagi sebelum kamu mengirimkan formulirnya ke server.

7. Jangan lupa log-out

via pinterest.com

Penting! Jangan lupa log-out kalo udah menyelesaikan semua prosesnya. Kalo perlu kamu bersihin juga semua cache di browser. Biar apa? Biar engga ada orang iseng yang kemudian ngebajak data kamu di situs pendaftaran onlinenya. Sedia payung sebelum hujan engga ada salahnya kan?

Yuk, lakukan 7 persiapan di atas supaya pendaftaran SBMPTN gelombang kedua berjalan sesuai harapan. Genmuda.com doain kamu lulus ujiannya nanti dan diterima ke jurusan pilihan di kampus favorit. Amin. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.