Minggu, 11 April 2021

Genmuda – Dengerin musik dengan earphone atau headphone berkualitas selalu bikin orang makin gembira, apa lagi waktu muter lagu favoritnya. Sejak maraknya penggunaan smartphone, makin banyak merk-merk headset baru dari sejumlah pabrikan anyar hingga pabrikan lawas.

Namun, nama beken, harga mentereng, dan promosi besar-besaran sama sekali engga ada hubungannya dengan kualitas headset loh. Berikut ini adalah 8 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli earphone ataupun headphone.

1. Bentuk

headset
(Sumber: Istimewa)

Mau beli earphone atau headphone, kamu perlu sesuaikan bentuknya dengan bentuk kepala dan telingamu. Kalo lubang telingamu kecil, mungkin earphone engga cocok karena bisa bikin sakit kulit telinga. Sementara headphone mungkin engga cocok buat kamu yang berdaun telinga besar. Pastikan kamu pilih bentuk yang nyaman digunakan berhubung kamu kemungkinan pakai headset-nya dalam waktu lama.

2. Sensitivitas

Tiap headset punya level suara yang berbeda. Headset sensitif cenderung punya level suara lebih besar daripada yang lain. Tapi, engga semua telinga manusia betah mendengarkan suara dengan intensitas besar secara terus-menerus. Karena itu, kamu perlu menyesuaikan sensitivitas headset dengan sensitivitas telingamu.

3. Frequency response

(Sumber: Istimewa)

Beda headset beda pula frekuensi yang dikeluarkannya. Ada headset berfrekuensi rendah yang bagus buat mengeluarkan suara bass, ada pula headset berfrekuensi tinggi yang pas banget buat ngeluarin suara treble, ada pula headset berfrekuensi standar yang cocok buat suara middle. Tiga jenis headset ini sama-sama bagus. Sekarang, tinggal selera kamu aja yang nentuin mau pilih headset treble, middle, atau bass.

4. Drivers

Headset dengan drivers yang bagus bisa mengubah semua sinyal elektrik dari gadget kamu menjadi sinyal akustik. Dengan kata lain, headset ini bisa ngeluarin suara dengan jangkauan yang luas. Pernah engga kamu nyobain sebuah headset keren dan kamu denger suara yang engga pernah kamu denger sebelumnya di headset lama? Kalo pernah, berarti headset yang kamu coba itu headset dengan drivers yang kece.

5. Sound Isolation

Singkatnya, suara yang dikeluarin headset bagus tuh engga ‘bocor’ ke luar telinga waktu di dengarkan. Kalo kamu pernah denger earphone atau headphone orang bocor suaranya waktu dipakai, berarti itu headset jelek, gaes. Headset dengan ‘sound isolatioin’ yang oke bagus banget dipakai di tempat umum karena engga bakal bocor dan ganggu orang lain.

6. Noise Cancellation

(Sumber: Digital Trends)

Kebalikan dari Sound Isolation, Noise Cancellation merupakan kemampuan earphone atau headphone memblokir suara dari sekitarmu. Kalo pakai headset dengan noise cancellation yang bagus, kamu engga perlu nyetel volume tinggi-tinggi supaya lagu yang didenger engga kalah dari bisingnya kemacetan. Kamu malah bisa ngerasa ada di studio musik kalo pakai headset yang kekedapannya oke.

7. Tahan keringat

Selain kualitas perangkat elektronik di dalamnya, kamu pun perlu perhatikan kualitas bahan pembuatnya. Kalo kamu biasa pakai headset buat olahraga atau nemenin perjalanan kamu di angkutan umum, kamu butuh headset dengan material yang kuat. Pastiin kabel di tiap sambungannya kuat jadi engga gampang copot.

8. Bluetooth

(Sumber: Sony)

Bluetooth jadi salah satu fitur tambahan yang perlu dipertimbangkan waktu milih headset. Kalo kamu engga pengen diribetkan kabel, ada baiknya kamu beli headset Bluetooth. Kalo lebih suka headset berkabel, ada baiknya kamu cari yang kabelnya pipih biar engga gampang kusut.

8 hal itu penting kamu perhatikan ketika milih earphone atau headphone. Sebenarnya, empat hal pertama merupakan kriteria mendasar yang bedain headset bagus dan engga. Kalo budget kamu terbatas, pastikan aja headset pilihan kamu sesuai dengan empat kriteria awal. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.