Senin, 15 Oktober 2018
StudentKampus

Sama Kayak Anak Muda Lainnya, Ini Loh Kegiatan yang Dilakuin 10 Orang Sukses di Dunia saat Mereka Remaja!

©Genmuda.com/2016 GabbyPresiden Joko Widodo ngasih sambutan di acara pembukaan IFSE di JCC, Jumat (25/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Genmuda – Siapa sih yang gak pengen jadi orang sukses dan punya pengaruh di dunia. Meski mayoritas itu semua jadi cita-cita generasi millenials, tapi banyak loh orang-orang sukses yang punya cerita kesuksesan mereka sendiri.

Kalo kamu liat J.K. Rowling yang sukses dengan “Harry Potter” atau Elon Musk dengan ide gilanya mau memberangkatkan manusia ke Mars pasti keliatan keren banget kan? Tapi di balik semua cerita sukses mereka, kira-kira apa sih yang mereka lakuin saat remaja kayak kamu, iya kayak kamu yang lagi baca artikel di Genmuda.com ini dengan serius. (Masih muda kan?) Yaudah, tanpa lama-lama langsung aja simak ulasannya di bawah!

1. J.K. Rowling sering nonton gigs dan naik gunung

via: Time
(Sumber: Time)

Sosoknya dikenal sebagai penulis jenius di balik kesuksesan “Harry Potter”. Rowling baru menemukan ide soal penyihir dari Hogwards tersebut saat doi berusai 25 tahun, tapi sebelumnya masa remajanya dihabiskan dengan dateng ke festival musik hingga menaiki pegunungan di sekitar Inggris.

2. Bill Gates sempat di-DO dari Harvard

Sumber: BBC
(Sumber: BBC)

Dalam biografi pendiri Microsoft, Bill Gates, emang udah suka komputer sejak berusia 13 tahun ketika sekolah di Seattle. Di sana doi fokus belajar koding, hingga ketemu sama partnernya Paul Allen. Tahun 1975, di usia 20 tahun Gates yang kuliah di Harvard terancam di-drop out (DO), dan memilih fokus untuk membesarkan Microsoft hingga menempatkan dirinya sebagai salah satu orang paling sukses dan berpengaruh di dunia.

3. Morgan Freeman kerja serabutan

via: samemersonphotography.com
(Sumber: samemersonphotography.com)

FYI, aktor kawakan ini mulai diperhitungkan saat doi berusia 52 tahun di film “Driving Miss Daisy.” Namun setelah lulus SMA doi pernah bergabung dengan Air Force (Angkatan Udara AS), tau betul suka sama dunia peran, karier doi terbilang berliku. Tercatat pada usia 20an Freeman lebih banyak kerja serabutan demi mendapatkan sebuah peran.

4. Andy Murray ambisius mengejar ranking 100 dunia

©Alistair Linford/ Rex Feature
©Alistair Linford/ Rex Feature

Petenis asal Inggris ini baru memulai karir profesionalnya saat usia 18 tahun. Saat itu doi berada di peringkat 287 dunia. Setelahnya Murray berusaha menunjukan kerja kerasnya untuk menembus peringkat 100 besar. Walau saat itu sempat diremehin, akhirnya doi berhasil menembus peringkat 100 besar dunia hingga menjadi salah satu petenis dunia paling diperhitungkan sampe sekarang.

5. Oprah Winfrey jadi penyiar radio

via: Time
(Sumber: Time)

Ketertarikan Oprah sama duia media dimulai sejak usia 14 ketika pindah ke Nashville. Di sana sana doi baru mulai kerja saat usia 16 tahun sebagai penyiar untuk Nashville Radio. Tiga tahun kemudian Ratu Talkshow itu memutuskan keluar dari kampus untuk melanjutkan kariernya di dunia media, usai bergabung pada stasiun televisi di Nashville sebagai wartawan dan penyiar berita.

6. Mark Zuckerberg bikin program komputer

via: Business Insider
(Sumber: Business Insider)

Gak beda jauh sama bisnis yang bikin doi sukses, Zuckerberg mulai belajar program komputer saat usia 12 tahun dari game Atari BASIC, yang disulap menjadi program pesan yang dinamai “Zucknet.” Saat SMA doi juga sempat membuat program bernama “Synapse” yang mampu mempelajari selera musik para penggunannya. Microsoft sempat tertarik membeli penemuannya, sebelum akhirnya ditolak mentah-mentah oleh Zuckerberg.

7. Elon Musk buat video gamesnya sendiri

via: Business Insider
(Sumber: Business Insider)

Masih 11-12 sama Mark Zuckerberg dan Bill Gates, Bos Pay Pal, Tesla Motors, dan SpaceX, Elon Musk udah berhasil bikin video gamesnya sendiri bernama Blastar setelah mempelajari bahasa koding saat berusia 12 tahun. Di tahun 90an saat internet booming, ilmuan kontroversial ini sempat pindah ke California untuk mengejar gelar Ph.D. di bilang fisika terapan di Stanford, namun selang dua hari kemudian doi memutuskan berwirausaha di bidang internet, energi, dan luar angkasa.

8. Jeff Bezos kerja sambilan di McDonald’s

via: BBC
(Sumber: BBC)

Pendiri situs jual beli Amazon, Jeff Bezos memulai karir profesionalnya dari dapur McDonald’s saat remaja. Walau gak jago-jago banget, dalam sebuah wawancaranya dengan penulis Cody Teets, Bezos mengaku bahwa pelajaran paling berharga saat kerja di sana adalah menjaga (segala sesuatu) supaya berjalan dengan benar meski sedang terburu-buru.

9. Arianna Huffington traveling dan dateng ke acara gigs

via: Time
(Sumber: Time)

Cantik plus berprestasi, siapa sih yang kagum? Yup, itulah gambaran Arianna Huffington. Saat berusia 21 doi terpilih sebagai cewek ketiga dalam sejarah yang menjadi President of the Cambridge Union di tahun 1971. Setelah menerbitkan buku “The Female Women” di usia 23 tahun, doi memilih traveling ke penjuru dunia sekaligus sering dateng ke beberapa acara gigs.

10. Joko Widodo ikutan mapala

via: Facebook
(Sumber: Istimewa)

Hampir sama kayak J.K Rowling, Pak Jokowi muda sering banget naik gunung. Saat kuliah di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, ternyata beliau juga tercatat sebagai anggota Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam).

Nah, dari 10 orang sukses di atas seenggaknya Kawan Muda jadi tau dong kalo mereka juga menikmati masa muda mereka dengan passionnya masing-masing. Kalo masa muda kamu sekarang kayak gimana, gengs? Kasih tau dong di bawah!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.