Selasa, 25 Januari 2022

Genmuda – Ada dua tipe manusia di dunia bersarkan mandi. Yang pertama adalah golongan orang-orang rajin mandi, dan kedua adalah orang-orang yang cuma mandi kalo udah kepepet aja (baca: bau badan udah engga tertahankan dan berpotensi merugikan orang lain).

Di Indonesia, biasanya sih kita dianjurin buat mandi seenggaknya dua kali sehari (yang akhir-akhirnya berubah jadi ‘kalo sempet aja’). Soalnya, kita hidup di negara tropis yang udaranya cenderung panas dan bikin kita cepat keringetan. Karena keringetan, kita jadi cepet bau badan, sampe-sampe bisa basket (baca: basah ketek).

Lain di Indonesia, lain juga di luar negeri. Kalo kamu hidup di negara dingin, kayaknya engga wajib-wajib banget deh mandi tiap hari. Soalnya tubuh kamu engga ngeluarin banyak keringet, jadi mandi bolehlah di rapel beberapa hari sekali. Asal jangan sampe sebulan sekali aja, udah engga karuan nanti.

Tapi sains juga bilang gitu nih Kawan Muda. Ada banyak yang bilang kalo mandi terlalu sering ternyata juga engga baik buat kesehatan sampe kecantikan. Kenapa gitu?

Dr. Casey Carlos dari University of California San Diego School of Medicine menjelaskan kalo menurut ilmu perawatan kulit, mandi terlalu sering engga baik karena penggunaan sabun yang banyak pada kulit. Ternyata, sabun mandi yang selama ini kita pake, apapun merk dan iming-iming efek iklannya, punya dampak menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kita. Ini bikin kulit justru jadi kering dan kasar.

Dr. Carlos juga nyaranin buat ngegunain sabun di bagian-bagian tubuh tertentu aja, kayak selangkangan, ketiak, dan kaki. Loh, kenapa kita engga boleh pake sabun di bagian dada, punggung, kaki, dan lengan? Jawabannya, karena kulit kita punya kemampuan buat ngebersihin dirinya sendiri guys!

Masih kurang yakin? Gini nih, kalo kita sering mandi, apalagi ngegosok badan pake scrub, maka lapisan kulit atas kita akan makin mengalami kerusakan. Dan buat memulihkannya, kita butuh memproduksi minyak alami. Tapi, minyak alami dari kulit kita bakalan terus hilang gara-gara kita sering sabunan. Udah gitu, semakin sering mandi, kulit kita juga jadi engga sempet buat memperbaiki dan memulihkan produksi minyak alaminya.

Terus ya, kulit kita juga punya bakteri baik yang bermanfaat melindungi tubuh dari infeksi. Nah kalo disabunin terus, ya bakteri baiknya ikutan hilang deh. Bahkan, bukan cuma kulit, rambut kita pun kena dampaknya. Dari mulai kering, kusam, sampe rentan terhadap ketombe. Iyuh, engga oke dong?

Nah kalo kamu mau ngikutin kata sains, silakan ya Kawan Muda. Boleh dicoba, boleh juga engga. Engga keseringan mandi juga bisa bkin kita hemat sabun, listrik, sampe air loh. Hi-hi (mental anak kosan). Tapi engga terlalu sering mandi bukan berarti kamu jadi males dan ngerasa engga perlu mandi SAMA SEKALI. Hih, yang ada ditinggalin gebetan gara-gara badannya bau dan engga segar! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥