Kamis, 6 Oktober 2022

Genmuda – Kamu tau kan pacar barunya Ariel Tatum? Yap, Ryuji Utomo, bek Persija yang sekarang ini berhasil menggandeng artis cantik ini, dan kabarnya mereka udah jalan dari beberapa waktu lalu.

Tapi tau gak sih kamu kalo Ryuji ini adalah mantannya artis Yuki Kato? Dan tau juga gak kalian kalo Ariel Tatum dan Yuki Kato ini sahabatan? Santai… Emang bener kalo Yuki Kato itu mantannya Ryuji, dan sekarang Ryuji jadian sama temennya Yuki Kato, yaitu Ariel Tatum. Terus kenapa?

Sekarang sih sah-sah aja ya kalo kamu mau jadian sama temennya mantan kek, atau jadian sama mantannya sahabat kamu. Gak ada salahnya dari hubungan kaya gitu, meski mungkin awalnya ada perasaan awkward dulu dan mungkin mikir “dia kan bekas pacar gue”, atau “lu kan mantannya sahabat gue”, dan pikiran lainnya.

Tapi kalo ini bener terjadi, ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan kalo sahabat kamu pacaran sama mantan pacar kamu.

Kecewa boleh, tapi jangan lama-lama

Wajar aja kalo kamu kecewa, gak ada yang salah sama perasaan itu kok. Kamu berhak kecewa baik sama mantan kamu, dan sahabat kamu sendiri. Mereka yang harusnya jadi yang orang yang paling kamu sayang dan percaya, akhirnya malah deket dibelakang kamu. Gak salah juga sama keputusan mereka. Ya namanya juga sayang, gak bisa milih mau sama siapa. Tapi setelah ngerasa kecewa, lebih baik diudahin aja perasaan itu, jangan lama-lama. Gak baik buat kesehatan jiwa dan pikiran kamu, loh Kawan Muda.

Omongin baik-baik

Gak ada salahnya buat ngomongin ini baik-baik sama temen kamu, toh baik-baik kan. Gak mesti ajak dia berantem di kereta, gak usah. Sebenernya, mungkin dia juga mau ngomong sama kamu soal ini, cuma mungkin belum nemu waktu yang tepat aja. Tanya aja apa yang mengganjal pikiran dan perasaan kamu, supaya gak bertanya-tanya dan malah mikir negatif sama kedekatan mereka. Entah setelah obrolan ini hubungan kamu sama si sahabat membaik atau gak, itu perkara nanti gengs. Yang penting, ngobrol baik-baik dulu kalo ada yang menganjal.

Agak jaga jarak aja

Gak mesti disuruh, kamu pasti udah pengen ngelakuin ini, iya kan? Sadar gak sadar, ketika kamu abis putus dan temen yang kamu ceritain semua permasalahan kamu dengan si mantan, dan nyatanya dia malah deket sama mantan kamu itu, duh pasti kamu kesel juga ya. Ternyata diem-diem dia nyimpen rasa, dan tau-tau udah chat yang manis-manis. Oke, kalo gitu jaga jarak aja sama temen kamu itu. Kurang-kurangin stalk media sosialnya pokoknya. Jangan sampe kamu liat foto si mantan yang jalan sama temen kamu itu, jangan.

“Ah, palingan mereka gak lama”

Agak jahat juga sih kalo kamu mikir kayak gini. Tapi, ya ini bisa aja terjadi. Dua-duanya sama lagi sendiri ketika kamu sama mantanmu baru putus, dan mereka pasti udah saling kenal karena kamu dan si sahabat pasti deket banget dan apa-apa bareng. Ketika mereka akhirnya sadar kalo keduanya cuma ngerasa sendiri dan saling ngebuka hati buat sesaat, mungkin mereka bisa aja cuma sebentar menjalin hubungannya.

Cari temen baru

Ini penting kalo kamu pengen segera punya lingungan baru yang lebih sehat dan menyenangkan. Meskipun sebenernya selama ini kamu main sama temen yang udah jadian sama mantan kamu, coba deh buat membuka diri dan bertemen sama yang lain. Ini bisa nambah semangat kamu, dan juga mmperluas pergaulan kamu, semenjak sebelumnya kamu melakukan segala sesuatunya bareng sama sahabat dan tentunya pacar kamu.

Gak perlu “throwback”

PENTING. Kecuali kamu pengen terus-terusan terjebak nostalgia sama dia dan semua kenangan-kenangan gak baiknya. Jangan sampe karena ngobrol sebentar, rusak move on berhari-hari. Inget, dia udah bukan milik kamu lagi, tapi milik sahabat kamu. Coba cari obrolan lain yang bisa mengalihkan kamu dan dia dari obrolan masa lalu. Gak usah juga gaya chat dia duluan. Dan kalo dia chat duluan, yaudah ladenin aja, tapi inget kalo kalian adalah temen, bukan pasangan lagi.

Tahan cemburu

Kamu mesti bisa nahan emosi, kecewa, atau rasa cemburu kamu ketika liat si sahabat yang biasa gandengan sama kamu, eh sekarang gandengan sama pacar, eh maksudnya mantan kamu. Mesti tahan juga rasa kehilangan ketika kamu makan sendiri, padahal biasanya makan siang sama si mantan. Semarah, kesel, kecewa, cemburu atau perasaan lainnya, kamu mesti bisa tahan… tahan sebaik mungkin. Jangan sampe nunjukin semua perasaan kesal itu. Kalo liat mereka lagi berduaan, senyumin aja.

Jalan kamu masih panjang

Kehilangan pacar yang akhirnya jalan sama sahabat kamu sendiri gak mesti bikin kamu sedih yang berlarut-larut. Seenggaknya kamu akhirnya tau, mana yang beneran temen, dan bukan. Inget aja tujuan kamu sebelumnya apa, capai semua mimpi-mimpi yang belum kamu raih, perluas pergaulan kamu dengan memerbanyak teman. Jadiin kesedihan kamu ini sebagai cambuk buat diri sendiri, supaya bisa lebih baik lagi, lebih baik terus. (sds)

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.

Leave a Response