Senin, 23 Mei 2022

Genmuda – Eh, kamu tau gak? Berbagai video tutorial yang berserakan di Internet banyak loh yang tanpa sengaja mengecoh para penonton remaja dan anak muda. Dalam video, semua tips terkesan berjalan lancar dan mudah. Kenyataannya, tetap saja ada hal yang luar biasa sulit dilakukan.

Namun demikian, video yang enak banget ditonton itu tetap tersebar tanpa henti berkat akun-akun tukang repost dan para pengepul konten di medsos. Karena itulah, beberapa kejadian di bawah ini pasti pernah kamu alami.

1. Niat menghemat, nyatanya barang DIY juga bikin tekor

Pasti sering liat, dong, akun macam @diy.amazing.diy, @5.min.crafts, juga @diy.id yang memposting berbagai tips mengalihfungsikan barang atau yang juga diistilahkan Do It Yourself (DIY). Misalnya, mengubah bola tenis jadi gantungan atau membuat pembatas buku lucu sendiri.

Videonya nampilin seolah membuat prakarya itu sangat gampang dan gak perlu modal. Nyatanya, enggak. Selain butuh modal untuk beli perkakasnya, butuh juga tingkat kreatifitas tinggi supaya hasil DIY gak gagal. Daripada ribet, mending beli barang dengan fungsi serupa di pasar atau toko budget yang harganya murah.

2. Kirain bakal gampang, taunya make-up tetep aja susah

Jarang banget tuh ada tutorial make-up yang bisa diikuti seluruhnya 100% sehingga hasil make-up yang dipasang sendiri sesuai sama karya MUA di YouTube. Soalnya, bentuk wajah tiap orang berbeda. Berarti, berbeda pula jenis make-up yang cocok untuknya.

3. Kayaknya nyantai, ternyata masak cepat tetap ribet

Dinner plans: caprese ?? chicken ?? roll-ups

A post shared by Tasty (@buzzfeedtasty) on

Jangan pernah remehkan pekerjaan dapur. Meski akun macam @tastemade dan BuzzFeed Tasty sering ngerilis video masak cepat bebas ribet, masak pasti selalu ribet. Gini, deh. Bikin mi instan yang tinggal seduh aja kamu males, apa lagi harus masak yang pake oven segala.

Belum lagi menumpuknya piring, sendok, garpu, pisau, centong, wajan, talenan, alung, dan perkakas lain yang kotor. Pekerjaan itu emang keliatan gampang di video karena gak nampilin proses belanja, milih makan, nyiapin perkakas, dan membersihkannya.

4. Disangka bisa sendiri, ternyata tutorial gak bisa gantiin peran instruktur olahraga

Jangan harap dapet hasil yang diinginkan kalo cuma berpatokan sama tutorial yoga, fitness, parkour, muay thai, atau olahraga apapun di internet. Keberadaan instruktur atau minimal temen sparing tetep dibutuhin supaya ada yang mengoreksi tiap gerakan salah. Hanya dengan itu, hasil olahraga bisa maksimal, gaes.

5. Terkesan jalan lurus, padahal jalan bikin usaha berkelok dan naik-turun

via twitter.com
(Sumber: twitter.com)

Dulu, Mario Teguh dengan gampangnya ngomong mengenai bangkit untuk kembali bangun usaha rintisan. Kemudian, muncul Merry Riana yang punya segudang kata-kata motivasi. Sekarang, banyak selebgram dan penulis dadakan bikin buku motivasi untuk anak-anak muda.

Dari perkataan mereka, semua yang ada di dunia terkesan lurus dan pasti gampang digapai. Padahal, jalan untuk sukses itu kan berkelok-kelok, naik-turun, banyak tikam-menikam, dan pastinya gak seindah apa kata mereka.

6. Keliatannya hidup enak, padahal hidup seleb keras juga

Halaman Instagram artis yang nunjukin hidup enak seolah keberuntungannya ada terus kan gak nunjukin kondisi aslinya. Untuk mencapai tahap itu, mereka juga melalui proses yang gak mudah. Masih gak percaya? Coba aja cek artikel mengenai perjalanan mereka di rubrik Ngobrol Bareng.

7. Kayaknya doi suka, padahal cuma sebagai teman (HAHAHAHA)

via smosh.com
(Sumber: smosh.com)

Hahahaha. Postingan unyu gebetan belum tentu mewakili perasaannya. Di Instagram bilang cute, bukan berarti doi suka. Bisa aja kan doi ngirim komen itu cuma supaya kamu kepoin akunnya, nonton beberapa video doi, dan ngelikes tiap postingannya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.