Minggu, 14 Agustus 2022

Genmuda – Kamu udah denger kabar kalo ada salah seorang wartawan stasiun televisi swasta yang dipukul, diludahi, dan dirusak kameranya saat lagi liputan banjir? Padahal, liputannya biasa aja. Wartawannya engga menerobos daerah terlarang atau meliput demonstrasi yang sensitif buat beberapa kelompok masyarakat.

Berdasrkan info dari akun IG @lambe_turah, Selasa (12/4), seorang pemuda yang lagi berdiri di dekat mobil Mini Cooper mogok tau-tau menghampiri dan langsung main pukul wartawan itu. Katanya, doi engga suka gambarnya diambil. Saat wartawan yang lagi kerja lembur tengah malem itu bersedia menghapus rekaman gambar, tau-tau kameranya dirampas paksa, tarik-tarikan, lalu rusak.

Sekarang, pihak televisi yang menaungi wartawan itu udah lapor polisi dan minta yang berwajib mengusut tuntas kasus dengan aduan penganiayaan dan pengerusakan ini. Privasi seseorang emang patut dihargai, tapi menerapkannya engga perlu main tonjok dan ngeludahin juga kali ya.

Kasian kan wartawannya. Lagi kerja di area banjir tengah malem yang mungkin juga ogah doi lakukan kalo engga ditugasin kantornya, bukannya dapet berita malah jadi berita. Risiko tak terduga emang engga bisa dihindari dari semua bidang kerja.

Pekerjaan yang jadi idaman anak muda juga termasuk salah satunya. Walau keliatannya keren, seru, dan menantang, pekerjaan-pekerjaan idaman anak kekinian di bawah ini menyimpan risiko yang engga kalah banyaknya.

1. Pengusaha start up

©Genmuda.com/2016 TIM
Sebelum ada di tahap seperti sekarang Marcella dari Generasi 90an juga pernah ditipu saat menjalankan bisnisnya loh ©Genmuda.com/2016 TIM

Sejak melejitnya kisah para pemuda kelahiran 1980an yang udah sukses menjadi pengusaha maju, para millenials mencoba mencontoh jejaknya. Jumlah perusahaan baru yang kekiniannya disebut start-up pun bertambah secepat tumbuhnya jerawat di masa puber. Namanya usaha, risikonya pasti ada banyak (banget).

Risiko terbesar: Bangkrut sampai engga punya apa-apa lagi

Risiko tersering: Ditipu orang

2. Barista

©Genmuda.com/2017 Everlyn
©Genmuda.com/2017 Everlyn

Menurut barista-barista yang pernah Genmuda.com wawancarai, anak-anak SMP-SMA jaman sekarang banyak juga yang cita-citanya jadi Barista. Keliatannya sih gampang-gampang aja padahal berat banget.

Tuntutan untuk lama berdiri dan angkut-angkut berkarung-karung kopi bikin barista rentan cedera otot. Ada loh barista luar negeri yang dadanya gampang sakit, sampai putus urat syaraf. Sementara tugasnya untuk tetep senyum meski menghadapi pelanggan nyebelin bikin mereka gampang stres.

Risiko terbesar: Putus urat saraf dan depresi berat

Risiko tersering: Keseleo, terbakar, diomelin pelanggan, atau tersiram air panas

3. Seleb Medsos

via: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto
Selebgram Shirin Al Athrus (foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)

Cita-cita jadi seleb medsos kemungkinan besar juga terbersit di otak kamu, kan? Meski keliatannya selalu bahagia, hidup sangat berkecukupan, dan punya pacar #RelationshipGoals, kehidupan di balik layar para seleb medsos belom tentu nyaman. Mereka perlu terus mikirin konten bagus yang harus diupload biar engga dikatain. Kalo lagi sial, postingan bagus juga bisa dinyinyirin abis-abisan kayak engga ada obatnya.

Risiko terbesar: Pembunuhan karakter

Risiko tersering: Dinyinyirin

4. Aktivis

via engagemedia.org
Munir, pejuang HAM. (Sumber: engagemedia.org)

Anak muda yang hobinya kuliah (engga mesti belajar. Bisa aja nongkrong di kampus) biasanya bercita-cita jadi aktivis dengan idealisme tinggi, keenceran otak seperti Almarhum Munir, dan kemampuan kritik yang tajam. Tapi inget, risikonya besar banget. Saat orang yang dikritik ngerasa tersinggung, mereka bisa nekat ngelakuin apa aja.

Risiko terbesar: Diculik, dibunuh

Risiko tersering: Ditangkap polisi

5. Penegak hukum

via Istimewa
Ini Novel Baswedan, penyidik senior di KPK. (Sumber: Istimewa)

Ada juga anak muda yang lebih suka menegakkan keadilan lewat jalur hukum. Mereka bisa aja kerja sebagai polisi, jaksa, hakim, atau pengacara jujur. Meski pekerjaan mereka dengan jelas dilindungi hukum, para penjahat engga pernah ragu buat bertindak di luar batas. Makin jago menegakkan hukumnya, makin besar risikonya.

Risiko terbesar: Disiksa, tewas saat bertugas, disiram air keras

Risiko tersering: Punya musuh

6. Pegawai pemerintah

via kemendagri.go.id
(Sumber: kemendagri.go.id)

Anak muda Indonesia percaya kalo takdir mereka adalah mengubah keadaan jadi lebih baik lagi. Salah satu caranya mereka lakukan dengan bergabung sebagai pegawai pemerintah, dengan harapan memperbaiki negara dari dalam. Sayang, engga semua pegawai pemerintah punya cita-cita yang sama.

Risiko terbesar: Terseret kasus korupsi

Risiko tersering: Diberitain jelek oleh media massa

7. Perbankan

via: Blogspot
(Sumber: Istimewa)

“Apapun jurusannya, kerjanya di perbankan aja.” Ungkapan itu becanda tapi terasa nyata. Kerja kantoran kayaknya mudah tapi ada risiko kesehatan yang tersembunyi di balik baju rapi, gaji tinggi, dan senyum manis para bankir. Kebanyakan duduk bisa bikin pinggang sakit dan parahnya bisa ngerusak ginjal juga.

Risiko terbesar: Gagal ginjal

Risiko tersering: Stres

8. Seniman

©Genmuda.com/2016 Everlyn
Ini Ario, salah satu komikus Indonesia yang bekerja buat Marvel Comics ©Genmuda.com/2016 Everlyn

Entah itu jadi pelukis atau musisi, masih banyak anak muda yang pengen jadi seniman. Meski keliatannya nyantai dan senang-senang aja bisa dapat uang, seniman yang sebenarnya cenderung kekurangan jam istirahat. Entah doi menghabiskan waktu untuk turing, pameran, atau simply ngejual karyanya supaya bisa makan sampai minggu depan.

Risiko terbesar: Krisis waktu luang

Risiko tersering: Engga punya uang

9. Pariwisata

via hgabmag.com
(Sumber: hgabmag.com)

Kerja dalam sektor pariwisata, terutama jadi pemandu pasti jadi cita-cita anak muda yang pengen keliling dunia. Bukan cuma harus jago selfie dan ngomong, pemandu wisata juga harus paham prosedur keselamatan diri di saat darurat.

Risiko terbesar: Tewas karena kecelakaan

Risiko tersering: Kehabisan uang di jalan

10. IT

via kevin-ding.com
(Sumber: kevin-ding.com)

Mereka yang udah kerja di bidang IT pasti setuju kalo waktu adalah komoditas paling langka yang bisa mereka nikmati. Saat dapet project penting, para pekerja IT biasa lembur, bahkan sampai nginep, dan banyak ngopi. Kesehatan jadi nomer dua asalkan coding mereka berhasil.

Risiko terbesar: Berbagai masalah kesehatan, stres tingkat tinggi

Risiko tersering: Coding harus diulang dari awal lagi karena engga tau salahnya di mana. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.