Kamis, 21 November 2019

Genmuda – Hype season ke-8 “Game of Thrones” (GoT) menjadi candu buat para fans sejak beberapa minggu terakhir. Tayang persis hari Senin (15/4) WIB, jutaan fans udah siap menanti musim terakhir serial yang laris manis di penjuru dunia ini.

Gak cuma itu, bahkan ratusan ribu fans “GoT” dikabarkan telah mengikuti kurus bahasa High Valyrian alias bahasa fiksi yang diciptakan oleh linguistik David Peterson. Seenggaknya udah ada 830 ribu orang lebih yang mendaftar untuk mempelajari bahasa tersebut dalam aplikasi DuoLingo.

Dilansir Genmuda.com dari Dailymail, minat orang yang mempelajari bahasa ini ngalahin animo bahasa Klingonese, bahasa fiksi dari film Star Trek. Sebagaimana dalam serial “GoT”, High Valyrian adalah bahasa ningrat yang digunakan oleh karakter Daenerys Targaryen yang diperankan Emilia Clarke.

Kursus bahasa High Valyrian dibuat langsung oleh David Peterseon, yang mengunakan bahasa tersebut dalam adaptasi serial TV. Bahasanya sendiri pertama kali diciptakan oleh George R.R Martin dalam buku “Song of Ice and Fire Books”, namun ia hanya menggunakan 56 kata dari 5.000 halaman novel.

David yang pernah membuat bahasa untuk film “Thor” ini mengubah bahasa Valyrian dengan beberapa frasa menjadi bahasa yang tidak lengkap, dengan empat tata bahasa sesuai dengan jenis gendernya.

via: tumblr

“Hanya sedikit bahasa Valarian dalam buku yang diciptakan oleh George R. R. Martin. Hanya ‘Valar Morghulis’ yang berarti ‘Semua manusia harus mati’, dan ‘Valar Dohaeris’, yang berarti ‘Semua manusia harus melayani’.” kata David.

“Jadi pada dasarnya saya hanya menggunakan template itu, mendeskripsikannya dalam bentuk lisan, sistem kata benda, dan lalu membuat dari situ hingga bisa menjadi bahasa utuh yang dapat diterjemahkan.” tambahnya.

Yang paling penting, David mengingatkan bahwa para fans gak harus ngerti dengan bahasa fiksi tersebut. Mereka cuma perlu tau bagaimana mengucapkannya dengan benar. Kawan Muda tertarik mempelajarinya?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.